Yuk Kulineran Gorontalo, Cita Rasa Khas Bumi Maleo

Advertisement
Advertisement

Gorontalo selain menjadi nama sebuah kota juga menjadi identitas sebuah Provinsi di Pulau Sulawesi. Sebelumnya, Gorontalo adalah bagian dari Selawesi Utara, namun karena ada pemekaran wilayah, keluar menjadi provinsi tersendiri. Kamu akan menikmati banyak hal jika bertandang ke sana.

Pantai yang bejibun banyaknya, peninggalan sejarah sangat bernilai, hingga wisata kuliner yang bisa menggoyang lidahmu. Berikut ini adalah beberapa masakan khas Gorontalo yang wajib kamu coba. Penasaran kan? Simak informasinya di bawah ini.

1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta Tiba-tiba pengen makan binte. Makanan khas Gorontalo ini memang bikin kangen. Rasa kuahnya yang gurih, segar dan pedas berpadu dengan jagung yang manis. Binte memang lebih sedap kalau memakai jagung pulut yang lebih lembut, tapi berhubung cuma punya jagung manis biasa, jadi pakai ini saja. Resep Binte Biluhuta sumber @sajiansedap Bahan: – 2 buah jagung manis, dipipil – 2.000 ml air – 1 buah cabai merah, diiris bulat – 4 buah cabai rawit merah, diiris bulat – 6 butir bawang merah, diiris tipis – 200 gram udang kupas – 2 1/2 sendok teh garam – 2 1/2 sendok teh gula pasir – 75 gram kelapa parut kasar (saya tambahkan jadi 150gram) 1 sendok makan air jeruk nipis (saya tambah biar lebih segar) 5 tangkai kemangi, diambil daunnya (lupa beli) 2 buah tomat, dipotong-potong Cara Pengolahan : 1. Rebus air, jagung manis, cabai merah, cabai rawit merah, dan bawang merah sampai mendidih. 2. Tambahkan udang, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. 3. Masukkan kelapa parut, air jeruk nipis, dan daun kemangi. Masak sampai matang. 4. Menjelang diangkat, tambahkan tomat. Aduk rata. #winslicious

A post shared by Winarni K.S ?? Makassar (@winslicious) on

Binte Biluhuta adalah sebutan untuk makanan khas Gorontalo. Bentuknya seperti sup jagung dan rasanya mantap sekali. Ada kuah yang mantap dengan taburan jagung yang menambah kekayaan cita rasanya. Selain jagung, ada juga isian lain berupa ikan dan udang. Binte cenderung memiliki tiga rasa yang khas yaitu manis, asin dan pedas. Binte Biluhuta dalam Bahasa Indonesia berarti Jagung yang disiram. Jagung yang dimasak dianggap baik untuk mengatasi kolesterol jahat. Selain itu kandungan lain berupa karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C bisa melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh jadi lebih sehat.

2. Ayam Iloni

Ini ayam bentuknya kok gaje ?? Kenalin, ini Ayam Iloni khas Gorontalo. Kalo di Jawa, kira2 kayak ayam bumbu rujak lah yg pake bumbu merah ples santan. Bedanya, ayam Iloni ini tanpa ketumbar dan asam, namun pakai daun pandan, jadi rasanya lbh light dan lebih wangiiii ? Resep saya dapat dari Firah @magfirahh_ ,remaja putri (kyk saya) yg getol mengabadikan makanan tradisional, terutama dr tanah leluhurnya Sulawesi. Makasih Firah, Ayam Iloninya mancaaap ?? Ayam Iloni Bahan: 1 ekor ayam kampung Jeruk nipis 2 batang serai, geprek 2 daun jeruk, sobek2 3 daun salam 1 daun pandan, potong2 kecil 500 ml santan dr 1/2 butir kelapa Bumbu halus 6 bawang merah 5 bawang putih 4cm jahe 4cm kunyit 5 butir kemiri 10 cabe merah besar (sy cuma pake 8) Cabe rawit (sy skip) Gula garam Cara membuat: Cuci bersih ayam, lumuri jeruk nipis dan garam, biarkan sebentar, bilas. Tumis bumbu halus dg sedikit minyak hingga wangi, masukkan serai, dan daun2an, masak sebentar hingga wangi. Masukkan ayam, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sesekali hingga bumbu meresap dan daging ayam lunak. Matikan kompor, angkat. Panggang ayam dalam oven yg sudah dipanaskan atau langsung dipanggang di grill/wajan hingga berwarna kecoklatan (sy manggang pake oven, loyang dialasi 6helai daun pandan lbh dulu, biar makin wangiiii). Nikmati panas dg nasi ngepul, lalapan dan sambal rica rica. #ayamiloni #jelajahbogasulawesi #kulinergorontalo #bakecycle

A post shared by kiki (@dianandariskia) on

Ayam memang menjadi salah satu menu mewah di Nusantara. Setiap daerah memiliki cara memasak yang berbeda dan tentunya menyuguhkan cita rasa yang berbeda pula. Di Gorontalo juga begitu, ada olahan ayam yang disebut Ayam Iloni. Sebutan tersebut diberikan untuk menu ayam bakar dengan bumbu khusus. Bumbu yang telah disiapkan berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, cabai, garam, hingga daun pandan ditambahkan pada ayam, baru setelah itu dilakukan pemanggangan. Dengan cara itu, bumbu akan meresap dan kelezatan akan terasa sampai ke dalam daging.

3. Ilabulo

Ilabulo

A post shared by Kibor QB (@kibor) on

Ilabulo adalah salah satu lauk khas yang dimakan dengan nasi atau tambahan menu lain. Rasanya begitu khas karena dibuat dengan bumbu-bumbu khusus dan cara memasak yang unik. Kebanyakan Ilabulo dibuat dengan rasa pedas. Bahan yang digunakan adalah sagu dengan tambahan ati ampela. Santan yang digunakan sebagai salah satu bumbu membuat Ilabulo jadi terasa gurih. Sagu dan ati ampela adalah bahan wajib yang harus ada dalam Ilabulo, salah satu saja tidak ada, maka rasa khas Gorontalo juga akan hilang.

4. Oeiloni
Oeiloni [image source]
Oeiloni [image source]

Oiloni adalah makanan berupa ikan bakar yang dimasak dengan bumbu merah kaya akan rasa. Biasanya ikan yang digunakan sebagai Oeiloni adalah jenis ikan kwe. Saat ini banyak sekali penjual masakan di Gorontalo yang khusus menyediakan menu andalan berupa Oeiloni. Ke Gorontalo tapi nggak sempat untuk mencicipinya akan sangat disayangkan sekali. Oeiloni sendiri dibuat dengan bumbu yang terdiri dari Jahe, bawang merah, bawang putih, cabai dan jeruk nipis.

Itulah beberapa makanan khas Gorontalo dengan cita rasa yang enak. Manakah yang paling kamu favoritkan dan nggak sabar ingin mencicipinya?

Advertisement
Tags
Gorontalo kuliner kuliner gorontalo
Share