4 Aturan Pilot yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Boleh Tidur di Pesawat

Seperti yang kita ketahui selama ini, kalau pilot adalah pekerjaan nyaman karena bisa berkeliling dunia dan gajinya pun cukup besar. Tapi, di balik itu semua, ada beberapa aturan pilot yang harus ia patuhi. Mau tahu apa saja aturan yang dimaksud? Cuss deh kita telusuri. 

1. Hanya Boleh Membaca Koran 

aturan pilot
Ilustrasi koran via shutterstock

Teman Traveler mungkin tahu kalau menerbangkan pesawat terkadang membuat si pilot merasa bosan. Oleh karenanya, pihak maskapai mengeluarkan kebijakan bahwa pilot boleh membaca koran di sela-sela penerbangan.

Hanya koran, tidak boleh yang lain karena media massa tersebut tidak akan terlalu menarik perhatian para pilot. Namun, ada juga beberapa maskapai yang melarang pilot membaca apapun, lantaran tidak berhubungan dengan pekerjaannya. 

2. Tidak Boleh Punya Jenggot dan Kumis

aturan pilot
Ilustrasi pilot tidak mempunyai jenggot dan kumis via shutterstock

Pilot memang selalu berpenampilan rapi, tanpa jenggot atau kumis. Hal ini bukan untuk menunjukkan profesionalitas, tapi karena ada alasan penting di baliknya. Adalah supaya masker yang digunakan pada saat kondisi buruk bisa digunakan dengan baik dan benar.

Apabila pilot mempunyai jenggot atau kumis, maka masker tidak akan terpasang dengan benar. Akibatnya, pilot tidak bisa bernafas dengan baik, sehingga dapat membahayakan penumpang. 

3. Boleh Tidur Saat Penerbangan 

Ilustrasi pilot tidue via shutterstock

Siapa bilang pilot tidak tidur selama perjalanan panjang? Nyatanya, pengemudi pesawat ini akan tidur minimal 8 jam atau lebih tergantung lamanya perjalanan. Tak perlu khawatir akan keselamatan penerbangan, karena sebenarnya ada pengganti pilot yang bisa dirotasi apabila pilot utama membutuhkan istirahat lebih. 

Ini bukan pelanggaran, Teman Traveler. Menurut Administrasi Penerbangan Federal, pilot memang direkomendasikan untuk tidur demi keselamatan bersama. Sehingga, kecelakaan pesawat karena pilot kelelahan bisa diminimalisir. 

4. Tidak Boleh Mengobrol 

Ilustrasi pilot dan co-pilot via shuttertstock

Aturan selanjutnya adalah pilot dan co-pilot tidak boleh mengobrol. Tapi, ini hanya diperuntukkan pada kondisi tertentu. Ialah ketika pesawat melewati ketinggian lebih atau di bawah 10.000 kaki. 

Aturan ini dikenal sebagai Sterile Cockpit Rule. Aturan ini mulai diperkenalkan pada 1974 lalu setelah sebuah kecelakaan pesawat terjadi di Amerika, akibat para pilotnya mengobrol tentang hal yang tak berkaitan dengan penerbangan.  

Itulah aturan pilot yang unik dan jarang diketahui oleh banyak orang. Kalau dilihat sekilas, memang cukup aneh, namun pada dasarnya itu semua dilakukan demi kelancaran penerbangan. Jadi, jangan pernah menyebutkan pilot sebagai pekerjaan yang mudah, ya. 

Tags
aturan pilot tips traveling
Share