Jelajah Kaltara! Nikmati Wisata Alam, Budaya, Hingga Sajian Kuliner

Advertisement
Advertisement

Kaltara merupakan singkatan dari Kalimantan Utara. Sebuah provinsi termuda di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia, tepatnya dengan Serawak dan Sabah. Namun, belum banyak yang tahu atraksi wisata yang ditawarkan di Kaltara. Padahal, banyak destinasi menarik yang bisa dikunjugi dari alam, budaya, hingga kulinernya.

1. Kebun Raya Binusan

Ilustrasi via ig/@sufihm

Spot nyaman untuk menikmati udara yang segar dan bersih, serta menikmati alam hutan lindung dengan berbagai flora. Terdapat sebuah air terjun beraliran ringan yang biasa digunakan pengunjung untuk menyegarkan tubuh. Kebun Raya Binusan jadi wisata favorit saat libur akhir pekan bagi masyarakat Kaltara, khususnya Nunukan.

2. Pantai Batu Lamampu

Ilustrasi via ig/@ibellmuhiq

Pantai Batu Lamampu sangat luas dengan hiasan pasir coklatnya yang lembut dan ombak yang cukup besar. Pantai ini masih satu jalur dengan Pantai Kayu Angin yang berada di Pulau Sebatik. Banyak orang menyebutnya dengan pantai jodoh karena adanya mitos tentang pantai yang dapat mempertemukan jodoh.  

3. Hutan Bakau Tarakan

Ilustrasi via ig/@linawaty_Iin

Pecinta alam dan fauna pasti menjadikan hutan mangrove sebagai tujuan wisata. Pasalnya, hutan mangrove memberikan ketenangan dengan suasana segar rindangnya pepohonan. Di kawasan konservasi ini pengunjung juga bakal menemukan primata khas hutan Kalimantan, yakni Bekantan.

4. Pesta Rakyat Iraw Tengkayu

Ilustrasi via ig/@bamsoeg74

Upacara Iraw Tengkayu dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia tuhan. Pesta rakyat ini digelar dua tahun sekali dan berlokasi di Pantai Amal Tarakan. Acara dimulai dengan dilarungkannya sebuah kapal bernama Badau Tujuh Dulung dengan 7 haluan ke laut dengan muatan berupa makanan. Dalam festival tersebut juga terdapat beragam tarian tradisional yang ceria.

5. Hutan Lindung Sungai Sesayap

Ilustrasi via ig/@pesonabhineka

Pecinta penjelajahan wajib banget coba kegiatan susur sungai menggunakan perahu di Sungai Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung. Selain susur sungai, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam dan pepohonan lebat di sepanjang sungai.

6. Air Terjun Gunung Rian

Ilustrasi via ig/@pesona_indonesia.ku

Air terjun dengan ketinggian 90 meter ini berlokasi di Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Kidung. Wisata alam ini menyajikan hutan tropis dengan vegetasi beragam. Keunikan air terjun Gunung Rian adalah bebatuan terjal yang memiliki 7 tingkatan. Namun, hanya tingkat 1 dan 2 saja yang dikujungi wisatawan.

7. Kepiting Soka Kaltara

Ilustrasi via ig/@the_angry_crab

Tak lengkap menjelajahi Kaltara tanpa mencicipi wisata kulinernya. Nah, bagi pecinta kuliner khas daerah Kaltara bisa coba berbagai pilihan makanan nih. Yang paling diburu adalah kepiting soka khas Tanjung Selor. Sering disebut kepiting lemburi, kepiting ini merupakan panganan yang dikonsumsi dengan keadaan kulit kepiting yang masih lunak karena pergantian kulit. Ada pula berbagai pilihan kuliner seperti sate ikan pari, tumis kapah, sate temburung, dan dodol cempedak.

8. Warung Kopi Aseng

Ilustrasi via ig/@hadi_suyit

Warung kopi yang selalu ramai pembeli meskipun bukan merupakan warung kopi kekinian yang dipenuhi beragam dekorasi dan spot foto menarik. Pemiliknya bernama ko Indr. Bangunan warung sangat sederhana dan terkesan kuno. Namun, siapa sangka jika warung Aseng jadi favorit hampir semua kalangan. Warung Kopi Aseng benar-benar ingin menonjolkan rasa kopi yang khas dipadukan dengan jajanan bapau lembut. Lokasinya tepat di jalan protokol kota Tarakan.

Wah, bagi yang sedang berkunjung ke Kaltara sebaiknya jangan buang kesempatan untuk berwisata di salah satu atraksi wisatanya. Jelajah Kaltara bukan hanya berwisata alam saja nih, tapi juga mencicipi kuliner dan belajar budayanya. Namun, bukan hanya daftar di atas saja, masih banyak atraksi wisata keren di Kaltara yang bisa di-explore.

Advertisement
Tags
atraksi wisata kaltara destinasi wisata alam kalimantan utara wisata alam kalimantan wisata budaya kaliamantan utara wisata di kaltara
Share