Tempat Berburu Asinan Betawi di Jakarta, Menu Segar untuk Berbuka

Jakarta memiliki banyak kuliner khas, salah satunya asinan Betawi. Ini merupakan asinan orang Betawi yang berisi berbagai jenis sayuran yang diasinkan. Sementara itu untuk isiannya bergam yang bisa diambil, mulai dari selada, taoge, kubis, sawi, yang dihidangkan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai. Tambah nikmat kala ditambah kacang goreng dan kerupuk mie. Ada beberapa tempat asinan Betawi di Jakarta yang bisa kamu tuju jika ingin mencicipinya.

Asinan Kamboja Rawamangun

Asinan Haji Mansyur, Via Instagram nonucie
Asinan Haji Mansyur, Via Instagram nonucie

Rumak Makan Asinan Betawi H. Mansyur atau yang lebih terkenal dengan Asinan Kamboja merupakan salah satu yang cukup melegenda di Jakarta. Rumah makan yang menyajikan asinan Betawi sebagai menu utamanya ini sudah beroperasi sejak tahun 1970-an yang lalu. Sudah diwariskan Alm. H. Mansyur kepada anak-anaknya.

Awalnya asinan ini dijajakan dengan cara dipikul dan bekelliling, namun karean faktor usia akhirnya Pak H. Mansyur memutuskan untuk berjualan di rumahnya saja. Alamatnya berada di Jl. Taman Kamboja III, No. 10, Rawamangun.

Asinan Spesial Nyonya Isye

Asinan Special Ny. Isye, Via Instagram nina_epicure
Asinan Special Ny. Isye, Via Instagram nina_epicure

Tidak jauh dari Asinan Betawi H. Mansyur, ada juga Asinan Spesial Nyonya Isye. Lokasinya berada di Jl. Kamboja III No. 12. Rasa asam, pedas, manis dan asin di tempat kuliner Jakarta satu cukup seimbang, tanpa ada satu pun yang menonjol. Nuansa kacangnya juga cukup creamy dan gurih. Selain di lokasi yang sebelumnya, Asinan Nyonya Isye ini juga datang di Jl. Pulo Asem Timur No. 43, Rawamangun.

Asinan Betawi Ibu Yenni

Asinan Ibu Yenni, Via Instagram misscarolinebong
Asinan Ibu Yenni, Via Instagram misscarolinebong

Lokasi lain yang bisa kamu sambangi untuk menyantap asinan Betawi yang enak adalah milik Ibu Yenni. Lokasinya berada di Jl. Lamandau IV No. 18, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ada beberapa cabang lainnya yang juga di Jakarta. Salah satu daya tarik di sini adalah memiliki kuah yang asam segar dan tidak berkacang. Pilihan kerupuknya ada dua macam, kerupuk mie dan juga kerupuk merah. Kuliner khas Jakarta yang bisa jadi pilihan untuk disantap ya.

Asinan Ibu Melly

Asinan Ibu Melly, Via Instagram asinanibumelly
Asinan Ibu Melly, Via Instagram asinanibumelly

Bisa dibilang baru dari yang sebelumnya ada Asinan Ibu Melly yang berlokasi di Kalibata City Square, Lantai (Teras Quliner), Cinere Mall, Lantai Basement (Foodcourt). Tidak hanya asinan saja ada siomay yang bisa kamu cicipi. Harganya juga tidak terlalu mahal. Saat artikel ini dibuat pada bulan Mei 2018, dibanderol Rp20.000 per porsi untuk asinan. Jika ditambah dengan kerupuk akan tambah Rp10.000. Bisa dipesan melalui Go-Food.

Itulah lokasi yang bisa kamu tuju saat ingin mencicipi asinan Betawi yang menggiurkan di Jakarta. Bisa jadi menu berbuka yang menggugah selera. Selamat mencoba ya.

Tags
asinan betawi di Jakarta Jakarta Jawa Barat kuliner Indonesia
Share