Asinan Kamboja Rawamangun, Kuliner Khas Betawi yang Antrenya Berjam-jam

Betawi bukan hanya soal tradisinya yang masih terjaga. Kuliner khasnya pun juga menggiurkan dan membuat banyak orang ketagihan. Untuk bernostalgia lagi, makanan khas Betawi tak hanya roti buaya, nasi uduk dan es selendang mayang saja. Ada juga asinan yang hingga kini masih difavoritkan banyak orang. Seperti di Warung Asinan Kamboja Rawamangun.

Kuliner Legendaris di Jakarta Timur

Asinan Legendaris di Jakarta Timur
Asinan Legendaris di Jakarta Timur via instagram/@astri_yohana

Tak hanya Bogor dan Bandung, masyarakat Betawi juga memiliki asinan dengan cita rasa istimewa. Hingga saat ini, kuliner tersebut masih banyak ditemukan. Salah satunya yang terkenal dan cukup legendaris adalah Asinan Betawi H. Mansyur. Banyak orang yang menyebutnya sebagai Asinan Kamboja Rawamangun. Nama tersebut berasal dari letak warungnya yang berada di Jalan Taman Kamboja III No.10, Rawamangun, Jakarta Timur.

Asinan Kamboja, Kuliner Legendaris di Jakarta
Asinan Kamboja, Kuliner Legendaris di Jakarta via instagram/@echisofwan

Asinan Sayur dengan Rasa Pedas Gurih

Asinan Sayur di Jakarta Timur
Asinan Sayur di Jakarta Timur via instagram/@kulinerjktmurah

Warung makan yang sudah berjualan sejak tahun 1970-an ini menyediakan dua varian asinan. Varian pertama berupa asinan sayur yang isinya terdiri dari taoge, kol, selada, timun, tahu putih, serta kacang tanah goreng yang disiram kuah kacang kental. Di atas menu ini ada tambahan kerupuk mie kuning dan merah. Sementara cita rasa dari kuliner ini benar-benar nendang. Kamu bisa merasakan pedas, manis gurih dalam sekali suap.

Asinan Sayur di Warung Asinan Kamboja
Asinan Sayur di Warung Asinan Kamboja via instagram/@dinnymayangsari

Pilihan Buah Segar untuk Asinan

Asinan Buah di Jakarta Timur
Asinan Buah di Jakarta Timur via instagram/@hery182

Asinan sayur memang menjadi andalan di warung ini. Namun, varian lain juga tak kalah menggoda. Apalagi kalau bukan asinan buah dengan bahan pilihan terbaik. Disajikan di atas piring, kuliner ini terdiri potongan buah nanas, kedondong, timun, serta bengkoang yang disiram dengan kuah spesial. Seporsi asinan buah ini terasa pedas, asam, asin, dan manis. Rasa asam dari cuka yang tercampur dengan buah segar, sedangkan manis dari gula merah.

Asinan buah Kamboja
Asinan buah Kamboja via instagram/@nandadhira

Terkenal dengan Antrean yang Mengular

Antrean Asinan Kamboja
Antrean Asinan Kamboja via instagram/@garasi_13a

Meskipun pengelola warung ini digantikan oleh anak H. Mansyur, tapi pengunjung yang datang tetap banyak. Bahkan, antrean yang konon hingga berjam-jam masih terlihat jelas di depan warung. Nah, kamu yang berniat makan di sini, jangan ikut dalam antrean tersebut. Langsung pilih tempat duduk kosong dan memesan pada pelayan di dalamnya. Pasalnya, antrean yang mengular ini dikhususkan untuk pembeli yang langsung dibawa pulang.

Warung Asinan Kamboja dari Depan
Warung Asinan Kamboja dari Depan via instagram/@windiia_ndii

Nah, itulah kuliner khas betawi yang legendaris di Jakarta Timur. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi asinan sayur hanya Rp17.000, sedangkan buah Rp16.000. Bagaimana, tertarik untuk mencoba Asinan Kamboja Rawamangun ini? Atau sudah pernah menjajalnya?

Tags
Indonesia Jakarta jakarta timur Kuliner Legendaris
Share