Mengenal Arti Warna Paspor yang Hanya Ada Empat di Dunia

Paspor merupakan ‘kunci’ untuk bisa masuk ke negara lain. Saat sedang traveling dan berada di bandara, kamu mungkin akan melihat adanya perbedaan warna paspor dengan beberapa penumpang. Ternyata, perbedaan warna paspor ini memiliki arti sendiri lho. Sebagai informasi, warna paspor di dunia ini hanya ada empat saja. Mereka ini adalah merah, biru, hijau dan juga hitam. Pernahkah kamu penasaran dengan arti dari paspor Indonesia? Inilah arti warna paspor yang ada di dunia.

1. Merah

Paspor merah Via Instagram ivshina_lesi

Yang pertama adalah merah, mungkin kamu pernah tahu ada orang yang memiliki paspor berwarna merah. Pemiliknya datang dari negara-negara yang telah lama berdiri, memiliki sejarah, atau yang berlatar belakang komunis. Contohnya saja adalah Polandia, Georgia, Latvia, Serbia, Rusia dan lain sebagainya. Untuk warna merahnya sendiri ada yang lebih cerah, ada pula yang ala-ala burgundy atau merah bata untuk warga dari Uni Eropa, kecuali Kroasia. Ada pula beberapa warna merah dengan varian yang berbeda.

2. Biru

Paspor warna biru Via Instagram babyapples

Sementara itu ada pula paspor yang memiliki warna biru. Mereka yang memegang paspor berwarna biru ini datang dari new world. Paling sedikit ada 15 negara Karibia memiliki paspor biru. Negara-negara yang memiliki paspor biru ini contohnya adalah Brasil, Paraguay, dan Argentina. Kecuali yang berasal dari Venezuela, mereka termasuk dari kumpulan tersebut tapi warganya memiliki paspor warna merah.

3. Hijau

Paspor warna hijau Via Instagram dr_ciput

Untuk paspor warna hijau, kebanyakan negara muslim di dunia menggunakannya, termasuk juga Indonesia. Hijau ini digadang-gadang merupakan warna favorit dari Nabi Muhammad SAW dan simbol alam. Tapi ada pula beberapa negara bukan dari negara muslim yang menggunakan paspor sampul hijau. Contohnya adalah negara-negara di Afrika, misalnya Nigeria, Pantai Gading, Senegal dan juga Bukina Faso. Warna hijau ini lantaran mereka tergabung dalam negara Economic Community of West African States (COWAS).

4. Hitam

Paspor hitam Via Instagram dr_ciput

Yang terakhir ada warna hitam yang dimiliki oleh warga yang berasal dari beberapa negara di Afrika, Zambia, Malawi, Gabon, dan lain-lain. Untuk masyarakat Selandia Baru, mereka menggunakan warna hitam lantaran itu adalah warna nasional negara. Tapi untuk paspor warna hitam ini, bisa dibilang yang paling jarang di antara yang lainnya. Nah sekarang kamu sudah tahu kan arti dari paspor yang mungkin selama ini kamu pertanyakan.

Tags
arti paspor arti warna paspor
Share