Tidur di Perancis, Mandi di Swis? Menginap di Arbez Franco Suisse Saja

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Akomodasi
Kamar di Hotel dengan Dua Negara Kamar di Hotel dengan Dua Negara

Ketika memutuskan untuk berlibur ke suatu tempat, tempat menginap termasuk dalam hal yang dipikirkan, bukan? Selain aman dan nyaman, faktor keunikan menjadi hal lain yang dipertimbangkan. Bicara soal unik, Hotel Arbez Franco Suisse ini memiliki sisi yang sangat menarik. Yap! Bangunannya berada di dua negara. Penasaran? Uraian berikut ini akan jawab keingintahuan Teman Traveler semua.

1. Berada di Swiss dan Perancis

Arbez Franco Suisse Hotel yang Sederhana Tapi Unik
Arbez Franco Suisse Hotel yang Sederhana Tapi Unik via Instagram/travelingbymax

Desain bangunannya tidak mencolok. Secara ukuran, Arbez Franco Suisse juga merupakan hotel yang tidak terlalu besar. Tetapi, hotel ini punya daya tarik yang bikin beberapa pengunjung tertarik untuk menginap barang satu malam di sini. Pasalnya, ia berada di dua negara: Swiss dan Perancis. Dalam satu bangunan hotel, Teman Traveler berada dalam dua negara sekaligus. Lantai satu milik Perancis, begitu naik ke lantai dua, Teman Traveler sudah ada di Swiss. Hanya dengan menaiki tangga, Teman Traveler sudah berada di negara yang berbeda. Seru, bukan?

2. Mengapa Begitu?

Dua Bendera dalam Satu Ruangan Hotel
Dua Bendera dalam Satu Ruangan Hotel via Instagram/christ.jura

Keadaan yang unik ini, mula-mula terjadi karena peristiwa perubahan kesepakatan soal garis perbatasan antara Swiss dan Perancis pada 1862 lalu. Ketika itu seorang pengusaha yang sekaligus pemilik tanah di kawasan tersebut yang bernama Monsieur Ponthus punya ide untuk mendirikan sebuah usaha di sana. Ia pun membuat bangunan dua lantai untuk dua usaha yang berbeda. Sayang, pada 1921, dia menjualnya kepada Jules-Jean Arbeze. Dialah yang kemudian mengubah fungsi bangunan menjadi hotel.

3. Bahkan Ada Dua Negara dalam Satu Kamar

Arbez Franco Suisse Satu Kamar Dua Negara
Arbez Franco Suisse Satu Kamar Dua Negara via Instagram/sylguil

Arbez Franco Suisse semakin unik sebab ada beberapa kamar di hotel tersebut yang punya “status” dua kewarganegaraan. Seperti beberapa keunikan yang antara lain: satu tempat tidur berada di salah satu negara, sementara untuk kamar mandi ada di negara lainnya. Juga ada satu tempat tidur yang berstatus dua negara: bagian kaki masuk ke kawasan Swiss, sedang kepala ada di Perancis. Di bagian restaurannya, Teman Traveler juga akan dibuat takjub sebab ada di dua negara. Hal ini ditandai dengan terpasangnya bendera dua negara di resto tersebut

4. Menjadi Hotel Favorit Pemain Ski

Dengan Cuacanya, Ia Jadi Favorit Para Pemain Ski
Dengan Cuacanya, Ia Jadi Favorit Para Pemain Ski via Instagram/anselmaaaa

Hotel yang terletak 8 Km dari Jenewa Swiss ini merupakan salah satu tempat menginap favorit para pemain ski. Ini disebabkan karena pengaruh lingkungan di sekitar hotel yang memang bersalju. Arbez Franco Suisse yang beralamat di 601 Rude de la Frontiere, La Cure bukan tergolong hotel mewah, meski begitu kesederhanannya memukau. Untuk menginap di sini, Teman Traveler harus mengeluarkan uang mulai dari Rp 1.544. 644 rupiah.

Selamat mencoba sensasi tidur dua dua negara ya! Jangan lupa bagikan cerita spesial Teman Travler kepada banyak orang saat menginap di Arbez Franco Suisse! Ceritakan seperti apa rasanya menginjakkan kaki di dua negara berbeda. Bagaimana, tertarik mencoba?