Sempat Rawan, Anjungan Titanic Jurang Tembelan Kini Jadi Wisata Pilihan

Objek wisata dengan pemandangan indah dari wilayah perbukitan sedang ngetren belakangan ini. Menikmati panorama indah dari ketinggian memang menawarkan sensasi unik yang mengasyikkan. Di Bantul, salah satu tempat yang menawarkan kesempatan tersebut adalah Jurang Tembelan. Lokasi ini terkenal dengan spot foto bernama Anjungan Titanic.

Tidak sulit menemukan lokasi ini. Dari area gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan, tim Travelingyuk hanya perlu mengikuti papan petunjuk arah yang sudah tersedia. Hanya dalam waktu sekitar 10 menit, kami sudah sampai di tempat.

Pintu masuk menuju Jurang Tembelan Kanigoro (c) Travelingyuk/Abie

Memasuki tempat wisata, banyak spot-spot menarik yang disediakan pengelola. Sementara para pemilik warung makan tampak duduk santai menanti pembeli sembari berinteraksi dengan sesama pedagang lainnya.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini cukup membayar sekitar dua ribu rupiah saja. Dengan harga semurah itu, pengunjung sudah bisa berfoto sepuasnya di titik-titik selfie di Jurang Tembelan. Namun untuk menggunakan fasilitas toilet, akan dikenakan biaya tambahan sebesar dua ribu rupiah.

Anjungan Titanic

Beres membayar tiket, redaksi Travelingyuk langsung meluncur ke salah satu spot selfie berbentuk anjungan kapal di Jurang Tembelan. Spot ini sering disebut oleh warga lokal sebagai kapal Titanic, karena pengunjung bisa berpose ala-ala film yang dibintangi Leonardo di Caprio dan Kate Winslet tersebut.

Anjungan Titanic di Jurang Tembelan (c) Travelingyuk/Abie

Untuk berjaga-jaga, pengunjung yang berfoto di setiap spot foto dibatasi dua hingga empat orang. Lokasi wisata juga akan ditutup sepenuhnya jika sedang hujan.

Berfoto di atas ujung anjungan Titanic Jurang Tembelan memberikan sensasi menegangkan sekaligus mengasyikkan. Kami bisa dengan jelas melihat kelokan Sungai Oyo yang mirip dengan Sungai Amazon.

Spot selfie berbentuk pesawat di Jurang Tembelan (c) Travelingyuk/Abie

Selain anjungan Titanic, ada beberapa spot selfie lain yang tak kalah menariknya di sini. Ada yang berbentuk pesawat, ada juga yang dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai pola love alias hati.

Dulunya Termasuk Daerah Rawan

Puas melihat-lihat area sekitar, tim Travelingyuk kemudian menyempatkan diri untuk bertemu dengan Yamroni, salah satu pengelola tempat wisata ini. Ia mengisahkan bahwa lokasi ini dulunya dikenal dengan adanya Alas alias Hutan Tembelan yang cukup rawan karena terdapat banyak binatang buas. Hal tersebut yang kemudian membuat tempat ini diberi nama Jurang Tembelan.

Yamroni, salah seorang pengelola wisata Jurang Tembelan (c) Travelingyuk/Abie

Dibuka sejak 2016, lokasi ini mulanya hanya dijadikan sebagai tempat untuk berjualan makanan. Namun usai terinspirasi dari wisata Bukit Panguk Kediwung yang terletak tidak terlalu jauh dari Kanigoro, warga sekitar kemudian berinisiatif untuk menciptakan obyek wisata perbukitan dengan beragam spot foto-foto menarik.

Ramai Diminati Wisatawan

Sejak menyediakan spot selfie menarik, Jurang Tembelan langsung menjadi salah satu lokasi wisata pilihan pengunjung di area Bantul dan sekitarnya. Yamroni menyatakan bahwa dalam sehari pihaknya bisa menerima kunjungan hingga 300 orang. Tak hanya wisatawan domestik, namun juga traveler dari luar negeri seperti Malaysia dan Vietnam.

Pemandangan Sungai Oyo dari puncak Jurang Tembelan (c) Travelingyuk/Abie

Tempat ini paling ramai dikunjungi di pagi hari karena ada banyak orang ingin mendapatkan view sunrise alias matahari terbit. Selain itu Jurang Tembelan juga beberapa kali digunakan sebagai lokasi untuk foto pre-wedding dengan biaya 100 ribu rupiah saja.

Bagaimana, tertarik merasakan sensasi berfoto di kapal Titanic ala Jurang Tembelan? Segeralah rencanakan kunjungan ke Dlingo, Bantul, dalam waktu dekat.

Tags
Bantul jurang tembelan Wisata
Share