Di Jepang Kalian Bisa Jumpai Anjing Menjual Ubi Bakar, Unik dan Menggemaskan!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Kuliner

Hal unik di negeri sakura memang tiada habisnya. Kalian dapat berjumpa dengan Jinrikisha yakni becak dengan tenaga manusia, fashion aneh di Harajuku, hingga budaya mandi bareng dengan orang asing. Namun tak berhenti di situ, keunikan lain yang bisa kalian temukan ialah ternyata ada seekor anjing yang menjual ubi bakar di Jepang. Penasaran bagaimana cara ia berdagang? Simak yuk!

Penjualnya Anjing

Anjing menjual ubi bakar, via Instagram/hina_shii_ver2

Merupakan hal yang biasa jika kalian berkunjung ke sebuah toko untuk membeli sesuatu akan dilayani oleh sang pemilik yang kebanyakan orang dewasa. Namun Jepang punya cara sendiri untuk menonjolkan keunikannya.

Teman Traveler akan menjumpai sebuah stand ubi bakar di Hokkaido yang dijaga oleh seekor anjing Shiba Inu bernama Ken-Kun. Kabarnya anjing lucu tersebut berusia tiga tahun.

Menyediakan Ubi Bakar

Ubi bakar dibungkus kerta alumunium, via Youtube/Luve Ur Pet

Di Jepang, ubi bakar telah menjadi camilan yang mudah dijumpai karena banyaknya pedagang yang menjualnya. Calon pembeli yang datang akan mendapati Ken-Kun yang akan berdiri di balik stand dan menyapa mereka dengan menjulurkan kepalanya.

Bahkan, Ken-Kun menjaga warung ini sendirian tanpa pengawasan manusia. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kios ini menerapkan konsep self-service.

Mengandalkan Kejujuran

Ken Kun menjaga kios, via Instagram/hina_shii_ver2

Peran Ken-Kun sebenarnya hanya menjaga. Ia tidak benar-benar menjual ubi bakar tersebut. Karena pembeli dapat memilih ubi yang telah tersedia di kotak pemanas. Lalu menaruh uang mereka di tempat yang telah disediakan.

Semua informasi mengenai harga dan lain-lain sudah tertera di poster yang ditempel di dinding kios. Ken-Kun mengawasi agar pembeli harus bertindak jujur. Bahkan salah satu poster tersebut tertulis “Karena aku seekor anjing, aku tidak bisa memberi kembalian”.

Ada Anjing Lain yang Menjaga Toko

Untuk menikmati satu ubi bakar yang dijual Ken-Kun, Teman Traveler harus merogoh kocek sebesar Rp15 ribuan. Namun apa yang dilakukan Ken-Kun bukanlah petama kalinya terjadi di Jepang. Di tahun 2015 juga ada seekor anjing yang menjaga tokok rokok di Tokyo. Anjing tersebut bertugas membuka jendela dengan menggunakan kakinya jika ada pembeli yang bunyikan bel.

Walaupun Ken-Kun bukanlah anjing pertama yang menjual ubi bakar di Jepang, hal tersebut membuat banyak orang semakin penasaran karena keunikannya. Apakah Teman Traveler ingin melihatnya secara langsung? Yuk, segera liburan ke sini ya!