Angkringan KR Jogja, Sederhana Tapi Suasananya Bikin Kangen

Selain sejumlah destinasi indah, Jogja juga punya beberapa surga kuliner yang tawarkan sajian unik sekaligus nikmat. Salah satu yang cukup populer adalah Angkringan KR alias Kedaulatan Rakyat. Tempat sederhana ini merupakan tempat wajib buat para pecinta sajian tradisional. Pantang dilewatkan jika sedang jelajah wisata Jogja.

Berada di Pusat Kota

20190804_201802_pbg.jpg
Aneka lauk yang tersedia (c) Anggraini/Travelingyuk

Angkringan bisa dibilang merupakan salah satu ikon kuliner Jogja. Hampir tiap sudut Kota Pelajar dipenuhi kedai sederhana yang sajikan sego kucing dan aneka lauk tersebut. Namun dari sekian banyaknya angkringan, Angkringan KR merupakan salah satu yang cukup populer.

Dinamakan demikian lantaran kedainya berada tepat di seberang kantor harian Kedaulatan Rakyat. Alamatnya ada di Jalan Mangkubumi atau kini lebih dikenal dengan nama Jalan Margo Utama. Posisinya sangat mudah dijangkau lantaran berada di pusat kota. Teman Traveler takkan kesulitan mencarinya.

Tawarkan Aneka Menu Menggiurkan

20190805_065154_acT.jpg
Deretan nasi dengan beragam isian (c) Anggraini/Travelingyuk

Seperti angkringan pada umumnya, Angkringan KR juga sediakan beragam lauk sederhana seperti sate bakso, sosis, tempura, telur puyuh, serta kerang. Pelanggan juga bisa menyantap aneka gorengan di sini.

Tentu saja menu yang wajib ada adalah nasi kucing. Buat yang belum tahu, hidangan ini bukan makanan kucing ya. Nasi bungkus dengan porsi kecil ini disajikan dengan lauk ikan teri, suwiran ayam, serta sayur. Lantaran porsinya begitu mungil, mirip makanan kucing, dinamakanlah demikian.

20190805_064112_LJm.jpg
Angkringan KR tampak depan (c) Anggraini/Travelingyuk

Sementara untuk minumannya, Teman Traveler harus coba kopi jos yang unik. Rasanya memang mirip kopi biasa, namun penyajiannya yang patut diperhatikan. Racikan kopi diseduh bersama potongan arang panas membara, hingga mengeluarkan asap meletup. Konon kopi jos punya manfaat bagus untuk tubuh karena kandungan zat karbonnya ampuh menyerap racun.

Jika penasaran, Teman Traveler bisa mampir ke Angkringan KR antara pukul 17.00 hingga menjelang subuh. Sangat cocok dijadikan tempat andalan untuk makan malam maupun menikmati suasana sekitar.

Asyik Buat Nongkrong

20190805_064840__1__gnF.jpg
Makan lesehan (c) Anggraini/Travelingyuk

Angkringan KR hampir tak pernah sepi pengunjung. Bukan hanya dari kalangan wisatawan, namun juga pelajar dan mahasiswa setempat. Wajar saja, mengingat harga yang ditawarkan relatif murah. Setiap menu dibanderol antara Rp1.000 hingga Rp5.000 saja.

Soal tempat duduk, jangan bayangkan kursi nyaman seperti di kafe berkelas. Di sini Teman Traveler harus rela duduk lesehan dengan alas tikar. Namun asyiknya, sembari makan kalian bakal dihibur alunan musik dari para pengamen jalanan. Mereka biasanya akan unjuk kebolehan dengan alat musik tradisional. Tak jarang ada juga seniman pantomim pamer kemampuan di sini.

Terakhir, Angkringan KR tak sediakan WiFi maupun colokan listrik. Dengan kata lain, di sini Teman Traveler bisa benar-benar fokus menikmati hidangan dan suasana sekitar, sambil ngobrol bersama sahabat maupun sosok terkasih. Dijamin, liburan kalian di Jogja bakal makin berkesan jika mampir ke sini. Bagaimana, kapan nih mau mampir ke Kota Gudeg lagi?

Tags
angkringan kr Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share