Sego Gegog, Nasi Kucingnya Trenggalek yang Enaknya Bikin Melek

Jawa Timur memang surganya wisata dan makanan enak. Mau pemandangan pegunungan dengan banyak tempat wisata, berkunjung saja ke Kota Batu. Turun sedikit, ada Malang yang menggoda dengan beragam kulinernya yang khas, seperti cui mie dan rawon. Termasuk Trenggalek yang memesona dengan pantainya. Tak hanya itu, Teman Traveler juga wajib mencicipi sego gegog, nasi kucing dari Trenggalek. Seperti apa?

Nasi Kucing ala Trenggalek

Sego Gegog via Instagram @ibnu_maulana04

Sego Gegog atau bisa juga disebut nasi gegog, memiliki kepanjangan Sego Genem Godhong Gedhang yang berarti nasi yang dibungkus daun pisang. Merupakan makanan khas Trenggalek yang sebenarnya sudah ada sejak lama dan masih bertahan hingga sekarang berkat penikmat setianya. Makanan ini merupakan nasi yang belum tanak kemudian ditambah sambal di atasnya, lalu dikukus sampe matang sempurna. Keistimewaannya terletak pada taburan parutan kelapa di atas lauk serta bungkusnya yang terbuat dari daun pisang.

Bendungan, Daerah Penghasil Sego Gegog Paling Sedap

Proses Memasak via Instagram @cece_helen

Kuliner ini banyak ditemui di daerah Bendungan, merupakan kecamatan yang cukup ditempuh selama 10 hingga 15 menit menggunakan motor dari pusat Kabupaten Trenggalek. Pecinta kuliner tidak perlu khawatir kehabisan, karena banyak pedagang sego ini di daerah Bendungan. Menurut penikmat setianya, belum ada yang bisa menandingi kelezatan nasi gegog buatan penduduk Bendungan. Penikmatnya memang dari berbagai kalangan, terutama siswa sekolah. Kebanyakan dari pengunjung biasanya datang beramai-ramai agar makin nikmat.

Varian Sambal yang Menggoda

Sego gegog sambel teri
Sego gegog sambel teri via Instagram/@magnum_mhsgalekum

Satu porsi sego gegog memang tergolong tidak banyak, namun cukup untuk mengganjal perut. Pecinta kuliner pedas tentu akan dimanjakan oleh citarasa sambalnya. Beberapa varian sambal dijajakan, seperti teri, tuna, jamur, dan jeroan. Tentunya tidak ketinggalan taburan parutan kelapa di atas lauk. Tanpa bahan pengawet, kuliner Trenggalek ini sebaiknya disantap tidak lebih dari satu hari. Namun jika ingin memakan untuk keesokan harinya, sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu.

Harga yang Super Terjangkau

Sego gegog
Nasi gegog via Instagram/@nisasukarso

Percaya maupun tidak, harga nasi kucing khas Trenggalek ini sangat terjangkau. Hanya bermodalkan Rp3.000, Teman Traveler bisa menjajal satu bungkus. Dahulu malah harga sego gegog hanya Rp1.000 saja. Wah, bisa kenyang tanpa harus bayar mahal, ya.

Siapa bilang makan nasi kucing harus ke Jogja? Trenggalek juga punya sego gegog, lengkap dengan varian sambal pedas yang menggoda. Bagaimana, Teman Traveler tertarik mencicipi kuliner satu ini?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Nasi Gegog Sego Gegog Trenggalek
Share