Ini 5 Anggapan Keliru Tentang Afrika, Sudah Tahu?

Apa yang terbayang saat mendengar kata Afrika? Benua yang panas dan kering atau mungkin penduduknya yang tidak terpelajar. Padahal sebagai salah satu benua terbesar di dunia ini memiliki beberapa potensi wisata dan tidak sedangkal seperti yang kita pikir selama ini. Kamu pasti kaget bahwa negara di Afrika juga bersalju. Apa ya fakta menarik yang lainnya?

Dianggap Benua yang Miskin

Tambang emas di Africa
Tambang emas di Africa [image source]
Banyak yang menganggap bahwa Afrika adalah benua yang miskin. Hal ini karena banyaknya potret kelaparan di beberapa kawasan di benua yang terungkap di dunia. Siapa yang menyangka bahwa Benua Hitam ini adalah penghasil 50% emas di dunia. Tak hanya emas, berlian dan batu bara di dunia ini sebagian besar adalah dipasok dari Afrika Selatan, yaitu dari negara Ghana dan Angola. Bukan tinggal di gubuk, beberapa negara di Afrika juga sangat maju dengan gedung-gedung tinggi, termasuk untuk hal teknologi seperti Mesir dan Tunisia.

Orang Afrika
Orang Afrika [image source]

Sangat Panas dan Kering

Salju di Maroko
Salju di Maroko [image source]
Hal lain yang terbayang setelah mendengar nama Afrika adalah daerah yang panas dan cenderung kering. Padahal, tak semua negara gersang. Sebut saja Maroko, negeri ini malah memiliki salju terindah yang bisa dilihat di Puncak Aoukaime yang berada di Marrakech, biasa dikenal juga dengan nama Kota Merah. Kawasan ini merupakan destinasi impian bagi para traveler karena keindahannya yang luar biasa.

Tunisia
Tunisia [image source]

Penduduknya Dipikir Terbelakang dan Tidak Pintar

Nelson Mandela
Nelson Mandela [image source]
Selain dianggap miskin, mungkin banyak juga yang berpikir bahwa penduduk dari negara-negara di Afrika kebanyakan terbelakang dan tidak pintar. Salah besar! Pernah mendengar tentang Nelson Mandela? Mantan Presiden Afrika Selatan yang sudah tutup usia ini adalah penerima Nobel Perdamaian atas keberaniannya memperjuangkan persamaan ras. Meski hanya tinggal nama, namun semangat yang tak pernah luntur untuk melawan diskriminasi tetap dikenang dan dihormati dunia. Di Afrika Selatan juga berdiri kampus-kampus bergengsi seperti, Oxford English Academy Cape Town yang merupakan bagian dari Oxford di Inggris.

Nelson Mandela Nobel
Nelson Mandela Nobel [image source]

Tidak Ada Wanita Cantik

Khoudia Diop
Khoudia Diop [image source]
Definisi cantik sangat relati, namun yang kebanyakan mengartikannya dengan wanita yang berkulit putuh dan langsing. Padahal, banyak juga yang wanita dengan kulit gelap eksotis yang tak kalah menawan. Contohnya saja Khoudia Diop, seorang asal Senigel, Afrika Barat yang malah jadi model internasional karena kulitnya yang legam. Ada juga Leila Luliana, si manis dari Angola yang berhasil dinobatkan menjadi pemenang Miss Universe tahun 2011. Masih ragu kalau di sini ada banyak wanita cantik yang eksotis?

Leila Luliana
Leila Luliana [image source]

Wisatanya Hanya Padang Pasir

Pulau Madagaskar
Pulau Madagaskar [image source]
Benua Hitam ini memang identik dengan padang pasir dan juga savana yang gersang. Namun, di beberapa bagian, kamu bahkan bisa melihat tempat yang indahnya seperti potongan dari surga. Salah satunya adalah Madagaskar, pulau terbesar keempat di seluruh dunia. Lokasinya berada di Samudera Hindia, di lepas pantai timur Afrika. Uniknya, dipercaya bahwa penduduk pertama pulau ini adalah keturunan Indonesia, yaitu orang Malagasi, yaitu campuran dari Kalimantan dan Afrika dengan campuran sedikit Arab, India dan juga Cina.

Madagaskar
Madagaskar [image source]
Nah, hal-hal di atas tadi bisa jadi tak pernah terbayangkan olehmu sebelumnya. Sekarang jadi penasaran untuk terbang dan menyaksikan langsung keindahan dari Afrika, ya?

Tags
Afrika Luar negeri
Share