Jangan Dibuang, Ampas Kopi Banyak Manfaat Buat ‘Bekal’ Traveling

Bagi para penikmat kopi menghirup dan merasakan aroma kopi adalah hal yang menenangkan. Namun seringkali tanpa sadar kamu akan selalu membuang ampasnya sembari mencuci gelas karena dianggap sampah. Namun kamu perlu tahu, ternyata ampas kopi banyak manfaat terutama saat melakukan traveling. Biar makin tahu, berikut ini manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Untuk Perawatan Kulit

Masker wajah via Shutterstock

Sehabis traveling, pasti akan membuat sebagian perempuan akan merasa capek dan ingin merawat kulitnya agar bisa segar kembali. Ampas kopi yang biasanya langsung dibuang, ternyata bisa juga dibuat untuk perawatan tubuh. Kamu bisa meraciknya menjadi masker wajah dan body scrub.

Caranya pun cukup mudah, campurkan ampas kopi dan madu secukupnya kemudian aplikasikan pada kulit. Jika kamu ingin menjadikannya masker maka biarkan selama 10 menit. Namun kalau kamu ingin memakainya sebagai body scrub, maka bisa mendiamkannya sebentar kemudian mulai menggosok hingga sel-sel kulit mati terangkat.

2. Jadikan Sampo

Shampoo via Shutterstock

Siapa yang menyangka kalau ternyata ampas kopi banyak manfaat? Salah satunya adalah bisa dibuat sebagai shampoo. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi ternyata bisa mengurangi kerontokan, mengurangi ketombe, mencegah pertumbuhan uban, dan menyuburkan rambut. Caranya cukup oleskan ampas kopi pada rambut selama 15 – 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Rambut jadi cantik, kamu juga jadi makin cantik!

3. Penghilang Bau Tak Sedap

Bau amis di tangan via Shutterstock

Seringkali saat traveling tanpa sadar kamu memegang suatu benda yang menimbulkan bau tak sedap. Baru setelah sadar dengan baunya, kamu mulai mencuci tangan tapi aroma tak sedapnya tidak juga hilang. Nah, ampas kopi juga bisa kamu gunakan sebagai sabun cuci tangan untuk menghilangkan baunya. Mudah dan praktis bukan?

4. Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan via Shutterstock

Selain bermanfaat untuk badan, ternyata ampas kopi banyak manfaat sebagai pengharum ruangan. Melansir dari berbagai sumber, aroma kopi bisa memicu rasa bahagia, menghilang stres, dan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Teman Traveler bisa mencoba menaruh ampas kopi pada pojokan ruangan. Lalu pada pagi harinya, buktikan sendiri apakah kamu akan merasa lebih tenang dan terhindar dari stres saat menghirupnya.

5. Untuk Mengusir Nyamuk

Mengusir Serangga via Shutterstock

Terakhir yang tak kalah penting. Ternyata ampas kopi juga terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk. Kalau biasanya menggunakan produk semprotan pengusir nyamuk, kali ini cobalah menggunakan ampas kopi.

Caranya, cukup keringkan ampas kopi sampai benar-benar kering, kemudian taruh pada suatu wadah. Bakar ampas kopi hingga mengeluarkan asap untuk mengusir nyamuk. Perlu diingat, jauhkan ampas kopi ini dari jangkauan anak-anak agar tidak menimbulkan hal yang tak diinginkan.

Itulah yang bisa kamu dapatkan dari ampas kopi banyak manfaat. Jangan keburu dibuang, ternyata ampas kopi bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Bagaimana, nggak sabar untuk mempratekkannya?

Tags
Share