Tips Tetap Aman Saat Terjebak Demo, Biar Sehat dan Selamat

Bulan September 2019 ini bisa menjadi momen yang tak pernah terlupakan bagi warga Indonesia. Hal ini karena adanya demo besar-besaran untuk menolak RUU. Untuk kamu yang sedang traveling pastinya akan panik jika berpapasan. Namun tak perlu khawatir, kali ini Travelingyuk berikan beberapa tips aman saat terjebak demo.

Jangan Panik dan Cari Tempat Aman

Ilustrasi bangunan via Shutterstock

Jika sudah benar-benar terjebak dalam demo, hal yang harus selalu diingat adalah jangan panik. Panik hanya akan menimbulkan rasa tidak tenang sehingga bisa saja kamu mendapat risiko yang lebih besar. 

tips aman
Ilustrasi demo via Twitter/@girlwithluv_

Maka dari itu usahakan untuk menunggu keramaian tersebut selesai ataupun segeralah mencari tempat aman yang ada di sekitar. Tentunya tempat aman ini harus jauh dari jalan raya, bangunan kaca, maupun api.

Lakukan Perlindungan Diri 

Ilustrasi orang panik via Shutterstock

Cara ini merupakan cara terakhir saat kamu sendirian dan benar-benar terjebak demo. Melansir dari 99.co, ini adalah cara yang bisa dilakukan jika terbawa arus. Pertama beri sedikit ruang di badan untuk menggenggam pergelangan tangan dan bentangkan sikut ke arah samping. Hal ini untuk memudahkanmu memiliki ruang untuk bernapas.

Namun jika kamu malah semakin terdorong dan terjatuh, bungkukkan badan dan bergulinglah ke posisi yang aman. Bagian kepala dan leher adalah anggota tubuh yang rawan, maka dari itu kamu perlu berjongkok sampai pendemo selesai melintas. Jika aparat memberi tembakan peringatan, maka jangan melawan dan angkatlah tangan seakan-akan sudah menyerah.

Tips Menghindari Gas Air Mata

Ilustrasi water cannon via Shutterstock

Gas air mata merupakan gas kimia dalam bentuk granat atau semprotan yang bisa menyebabkan iritasi mata dan gangguan pernapasan. Langkah pertama untuk menghindarinya adalah selalu berjaga membawa sarung tangan anti panas, tumbler, dan kantung udara berbahan raket.

Caranya pun mudah, cukup pakai sarung tangan dan masukkan ke dalam tumblr ataupun kantung udara tersebut untuk meredam granat gas air mata yang suhunya 70 derajat. Kamu pun juga bisa membawa stik, raket, ataupun payung untuk menghalau water cannon

Cari Rute Alternatif

Ilustrasi berkendara via Shutterstock

Mencari rute alternatif merupakan salah satu cara yang ampuh untuk terhindar kemacetan. Biasanya rute alternatif hanya bisa diketahui orang-orang tertentu yang sudah tahu dengan jalan tersebut. Namun sekarang tak perlu khawatir karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi CCTV gratis untuk memantau lalu-lintas.

Ilustrasi water cannon via Shutterstock

Selain itu, juga bisa membawa cone pembatas jalan untuk menghalau air yang disiram agar tidak tercecer. Namun jika sudah terlanjur kena, segera siramkan air bersih pada mata. Tujuannya agar zat yang ada pada gas air mata menjadi tidak berfungsi. 

Mencoba Menghindar Jika Masih Jauh

Ilustrasi berkendara via Shutterstock

Kalau kamu masih berjarak jauh dari keramaian demo, ada baiknya segera menghindar. Hal ini karena jika nekat untuk menerobos keramaian tentunya tidak aman bagi diri sendiri dan orang lain. Baiknya segera berhenti dan berputar balik mencari jalan lain. 

Itu dia tips tetap aman saat terjebak demo yang bisa dilakukan. Usahakan jangan panik dan sudah menyiapkan beberapa barang penting tersebut agar demo bisa tetap aman. Semoga bermanfaat ya, Teman Traveler.

Tags
demo 2019 Indonesia tetap aman di tengah demo tips traveling water cannon
Share