Alun-Alun Sidoarjo, Habiskan Sore Seru Berkesan dan Ramah Kantong

Welly Handoko

Welly Handoko

On Indonesia
Alun-alun Sidoarjo Alun-alun Sidoarjo

Berkunjung ke sebuah kota, Teman Traveler wajib mengunjungi alun-alunnya. Selain mudah dijangkau, biasanya juga tersedia banyak fasilitas yang mendukung untuk acara kumpul-kumpul. Nah, jika sedang eksplor wisata Sidoarjo, kalian bisa mampir ke Alun-alun Sidoarjo.

Ruang publik ini beralamat di Jalan Ahmad Yani, tepat di sisi barat jalan utama. Mudah sekali untuk ditemukan. Lantas apa saja keseruan dan daya tarik yang ada? Ayo kita kupas satu-persatu Teman Traveler.

Area Parkir Luas

Area parkir (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sebuah ruang publik tentu butuh area parkir luas dan layak. Hal tersebut bisa Teman Traveler temukan di Alun-alun Sidoarjo. Salah satunya ada di pintu barat, tepat di depan masjid. Selain luas, tempatnya juga bersih dan tidak panas.

Tempat parkir motor (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tempat parkir motornya juga tak kalah luas, lengkap dengan garis-garis pemandu sehingga semua kendaraan tampak tertata rapi. Soal tarif, pengunjung cukup membayar Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor. Selain di pintu utama, ada lagi area parkir di sisi selatan. Bedanya, kawasan ini sifatnya tidak resmi dan tidak ada petugas yang menjaga.

Monumen Sidoarjo

Monumen Kabupaten Sidoarjo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Salah satu ikon Alun-alun Sidoarjo yang wajib Teman Traveler kunjungi adalah Monumen Kabupaten Sidoarjo. Letaknya persis di tengah area alun-alun yang menghadap sisi utara. Struktur megah berlapis marmer yang dikeliling taman indah ini melambangkan cita-cita Sidoarjo, yang ingin terus maju dari masa ke masa.

Gagahnya Monumen Jayandaru

Monumen Jayandaru (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bergerak ke sisi timur, Teman Traveler akan menemukan satu lagi monumen bernama Jayandaru. Menghadap langsung ke jalan raya utama, monumen ini memiliki makna Wahyu Kejayaan. Secara tak langsung melambangkan harapan agar Kabupaten Sidoarjo tetap jaya di masa mendatang.

Monumen Jayandaru memiliki tinggi 25 meter dan dikelilingi sembilan patung ikan, simbol bahwa Sidoarjo merupakan daerah penghasil ikan. Begitu pula dengan patung udang yang ada di bagian atas monumen.

Pendopo Megah

Pendopo megah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Alun-alun Sidoarjo juga memiliki sebuah pendopo besar yang biasa digunakan untuk menggelar upacara hari besar maupun mengadakan dialog bersama warga. Bangunannya menghadap ke arah lapangan. Di hari-hari biasa, pendopo ini kerap dimanfaatkan para anak muda untuk berlatih aneka kesenian, seperi tari dan pencak silat.

Arena Bermain Anak

Arena bermain anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Mengajak anak-anak ke Alun-alun Sidoarjo bakal jadi ide bagus. Di sini ada banyak wahana permainan khusus untuk si kecil. Tempatnya terpisah dari bangunan lain. Salah satunya adalah perosotan seperti di atas. Sekelilingnya diberi pagar pembatas agar lebih aman saat digunakan.

Ayunan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu masih ada beberapa mainan lain, seperti ayunan yang ada dekat area tempat duduk. Orang tua jadi lebih mudah mengawasi anak-anaknya bermain. Di sekelilingnya juga terdapat banyak pohon rindang, sehingga sama sekali tak terasa panas.

Lapangan Sepak Bola Luas

Lapangan sepak bola (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pengelola alun-alun juga menyediakan sebuah lapangan sepak bola luas yang bebas digunakan oleh pengunjung. Tersedia gawang dengan ukuran lumayan besar. Tak jauh dari sini, terdapat toilet yang bakal bikin lebih nyaman saat berganti kostum.

Teman Indah untuk Bersantai

Taman untuk bersantai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sebagai alun-alun, tentu wajib ada ruang terbuka hijau. Di sini Teman Traveler akan menemukan sebuah taman bunga yang sangat indah. Di tengah-tengahnya terdapat beberapa tempat duduk dan meja, bisa kalian gunakan untuk sekedar ngumpul, santai, atau belajar bersama.

Taman bunga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Teman Traveler juga akan menemukan taman bunga lainnya di dekat Monumen Jayandaru. Kalian bisa duduk-duduk santai di sini sambil menikmati suasana sore yang sejuk. Memperhatikan kendaraan hilir mudik di sekitar sini juga bisa jadi aktivitas mengasyikkan.

Tersedia Jogging Track

Jogging track (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain lapangan sepakbola, alun-alun ini juga sediakan arena olahraga lain berupa track khusus pejalan kaki. Teman Traveler bisa memanfaatkannya untuk jogging pagi maupun sore. Tempatnya cukup luas, kalian bakal puas berolahraga di sekitar sini.

Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Alun-alun ini ternyata juga menerapkan prinsip hemat energi Teman Traveler. Seluruh lampu yang ada di sini dialiri listrik hasil pemrosesan tenaga surya. Otomatis akan langsung menyala begitu hari mulai gelap. Keren ya?

Petunjuk Lokasi yang Memudahkan

Petunjuk lokasi memudahkan pengunjung (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Luasnya area Alun-Alun Sidoarjo mungkin saja membuat pengunjung kebingungan menentukan arah. Pengelola lantas mengantisipasi hal tersebut dengan sediakan papan pentunjuk dengan peta dan informasi pendukung lainnya, termasuk nama tiap monumen dan bangunan. Kalian bisa temukan fasilitas ini di sisi kiri dan kanan pintu masuk utama.