Alhambra, Istana Sekaligus Benteng Megah Bersejarah yang Daya Tariknya Tiada Dua

Beberapa abad yang lalu, Spanyol menjadi pusat peradaban Islam selain Mesir dan Baghdad. Pada masa itu, pusat peradaban Islam berkembang dengan pesat. Bukti dari berkembangnya peradaban Islam di Spanyol, salah satunya bisa dilihat dari kemegahan Alhambra, sebuah istana dan benteng yang berdiri sejak masa Bani Ahmar pada 1238 hingga 1358 M.

Sejarah Dibangunnya Alhambra

Megahnya Alhambra
Megahnya Alhambra via Instagram/alexcosma90

Alhambra terletak di Bukit La Sabica, Granada. Bangunan megah ini berdiri secara bertahap. Kompleks istana sekaligus benteng ini dibangun oleh Sultan Muhammad bin Al-Ahmar yang masih merupakan keturunan dari Sa’id bin Ubaidah. Kemegahan Alhambra adalah peninggalan dari penguasa kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Andalusia.

Warisan Kejayaan Islam Masa Silam

Sisa Kejayaan Kerajaan Islam Masa Lalu
Sisa Kejayaan Kerajaan Islam Masa Lalu via Instagram/rsanjose92

Masuknya Islam ke Spanyol dibawa oleh Thariq bin Ziyad bersama pasukannya yang berjumlah 12.000 pada 711 M. Thariq bin Ziyad bersama pasukannya berhasil meguasai kota-kota penting di Spanyol, hingga negara ini berhasil dikuasai oleh Khalifah Bani Umayyah dari Suriah. Sejak itu, kerajaan Islam banyak berdiri di Spanyol. Salah satunya adalah kemegahan Alhambra yang memesona, yang indahnya bisa Teman Traveler lihat sampai saat ini.

Desain Bangunan Alhambra

Kolam di Dalam Alhambra
Kolam di Dalam Alhambra via Instagram/travelcompilation

Kompleks istana sekaligus berfungsi sebagai benteng ini, didesain dengan sangat cantik. Di luar istana terdapat taman berbunga yang mekar setiap musim semi. Di bagian dalam taman, terdapat juga kolam air mancur yang didesain dengan 12 patung singa. Patung-patung singa itu disimpan melingkari kolam air mancur. Di kompleks istana, Teman Traveler juga bisa melihat keunikan serta kecantikan dari Taman Singa (Hausyus Sibb) yang dibuat dengan menempatkan 128 tiang marmer secara melingkar.

Jelajah-jelajah ke Ruangan di Alhambra

Ruangan di Dalam Alhambra
Ruangan di Dalam Alhambra via Instagram/alexcosma90

Mengunjungi Alhambra, tidak lengkap tanpa mengunjungi ruang per ruangannya. Kemegahan Alhambra bisa semakin terasa ketika Teman Traveler mulai memasuki ruangan Al-Hukmi yang luasnya 15 m x 15 m. Ruangan ini pada masanya digunakan sebagai ruang pengadilan. Kemudian, jelajah ruangan bisa dilanjut ke ruangan Bani Siraj yang luasnya 6,25 m x 6,25 m. Ruangan berbentuk kotak ini memiliki dinding dengan hiasa kaligrafi yang cantik.

Ruangan unik lainnya yang bisa Teman Traveler kunjungi ketika pergi ke Alhambra adalah Hausy ar-Raihan. Di dalam ruangan seluas 36,6 m x 6,25 m ini, ada sebuah kolam bermarmer putih dengan luas 33,50 m x 4,40 m. Selain itu, ruangan lain yang bisa dikunjungi adalah Baitul al-Ukhtain yang merupakan ruangan khusus bagi dua saudara perempuan Sultan Al-Ahmar, Baitul al-Mulk (ruangan untuk Sultan) serta beberapa ruang yang tidak kalah megahnya.

Mengunjungi situs-situs atau bangunan kuno peninggalan peradaban masa lalu, selalu saja berhasil menimbulkan rasa kagum. Tidak heran jika kemegahan Alhambra di Spanyol ini masih ramai dikunjungi. Tertarik?!

Tags
Alhambra Alhambra Spanyol Spanyol Wisata Alhambra wisata luar negeri
Share