Alasan Mengapa Traveling Bisa Membuatmu Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Advertisement
Advertisement

Beberapa orang mungkin akan menganggap kalau traveling hanya perkara senang-senang. Traveling hanyalah aktivitas menghabiskan liburan yang  bisa dilakukan dengan mengunjungi banyak tempat menarik, mencoba hal baru, wisata kuliner hingga puas, dan foto-foto yang kelak diunggah ke Instagram atau akun jejaring sosialnya lainnya.

Disadari atau pun tidak, traveling ternyata memberikan perubahan besar pada diri seseorang. Mereka yang secara aktif melakukan perjalanan wisata bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik. Berikut beberapa alasan yang mendasari mengapa manusia bisa menjadi pribadi yang lebih baik hanya dengan melakukan perjalanan wisata.

1. Belajar Mandiri dan Mengenal Dirimu Lebih Dalam

Ada kalanya saat melakukan solo traveling, kamu menemui banyak hambatan. Misal kehilangan arah karena GPS tidak memberikan data yang akurat atau kehabisan uang sehingga tidak bisa mencari akomodasi yang diinginkan. Hal-hal semacam ini bisa membuat kamu berusaha berpikir dan memecahkan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kamu Jadi Mengerti, Betapa Pentingnya Jadi Mandiri
Kamu Jadi Mengerti, Betapa Pentingnya Jadi Mandiri [via]
Traveling mengajarkanmu untuk selalu mandiri. Meski nanti kamu backpackeran dengan banyak orang. Hal remeh-temeh yang menjadi penghalang keseruan liburan bisa kamu babat habis. Dengan kerap melakukan traveling, kamu juga bisa mengenal dirimu lebih baik termasuk apa yang paling kamu butuhkan, apa yang kamu benci, dan apa yang kamu impikan dalam perjalanan.

2. Melakukan Sosialisasi dengan Banyak Orang

Dunia traveling itu sangat luas sehingga saat melakukan perjalanan kamu bisa bertemu dengan banyak orang. Jika awalnya kamu pendiam dan tidak suka melakukan komunikasi dengan orang lain, saat traveling hal itu wajib dilakukan. Di alam liar atau di kota lain, kamu tidak bisa melakukan banyak hal sendirian meski memiliki panduan atau itinerary yang baik.

Serunya Punya Banyak Teman Baru
Serunya Punya Banyak Teman Baru [via]
Kadang kala kamu masih harus meminta bantuan orang lain entah untuk menanyakan arah atau meminta rekomendasi hotel dan restoran. Berbaur dengan banyak orang akan membuatmu lebih santun dan menghargai orang lain tanpa melihat dia siapa dan apa statusnya.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kamu pasti tidak pernah melupakan pepatah: malu bertanya sesat di jalan. Saat traveling, kamu harus menanyakan beberapa hal yang tidak diketahui. Kamu bisa bertanya kepada penduduk lokal yang kadang sudah sekali diajak berkomuniasi. Bahkan beberapa dari mereka kurang ramah dengan pendatang.

Dunia Tak Lagi Menyeramkan Bukan?
Dunia Tak Lagi Menyeramkan Bukan?[via]
Dengan melakukan traveling kamu akan belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka. Kamu bisa mempelajari bahasanya dan melakukan komunikasi tanpa malu-malu. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan lebih percaya diri untuk berkomunikasi hingga melakukan perjalanan wisata sendirian di tempat baru yang jauh dari rumah.

4. Mudah Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Baru

Traveling akan membawamu ke lingkungan baru yang berbeda jauh dengan rumah atau tempat kerja. Pada tempat yang masih asing ini kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan baik. Mau tidak mau, kamu harus berbaur dengan penduduk lokal agar perjalanan wisata berjalan dengan baik.

Karena Hal Terbaik Dari Perjalanan Adalah Menciptakan Kenangan Baru
Karena Hal Terbaik Dari Perjalanan Adalah Menciptakan Kenangan Baru [via]
Selain masalah penduduk lokal, kamu juga harus beradaptasi dengan lingkungan. Kamu tidak bisa semaunya sendiri mengunjungi tempat baru tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Misal saat mengunjungi kawasan bersalju, kamu tidak bisa menggunakan pakaian tipis. Selanjutnya kamu juga harus menyesuaikan diri dengan makanan penduduk lokal yang sesuai. Buat apa traveling kalau makannya tetap di restoran cepat saji.

5. Lebih Hemat dan Pandai Mengatur Keuangan

Percayalah, traveling akan membuatmu jadi lihai dalam mengatur keuangan. Kalau kamu boros saat melakukan perjalanan di tempat yang jauh beberapa hal buruk bisa saja terjadi. Pertama, tidak mendapatkan akomodasi yang baik. Kedua, kemungkinan gagal pulang bisa saja terjadi kalau belum punya tiket. Terakhir, bakalan susah menikmati liburan karena khawatir uang sudah habis.

Menuruti Keinginan Bukan Berarti Menyengsarakan Diri Sendiri di Masa Depan
Menuruti Keinginan Bukan Berarti Menyengsarakan Diri Sendiri di Masa Depan [via]
Saat melakukan perjalanan wisata, kamu akan berusaha mengatur uang dengan baik. Misal bagaimana cara menghemat anggaran untuk akomodasi, transportasi, dan yang terakhir kuliner. Kamu akan berusaha menghemat uang agar semuanya cukup, tapi tetap tidak menghilangkan kesenangan dari traveling itu sendiri.

6. Menjadi Lebih Pandai dan Berpikiran Terbuka

Seorang traveler tidak bisa memiliki kepala batu dalam setiap kesempatan. Ada banyak hal dalam dunia ‘main’ ini yang kadang membutuhkan keterbukaan pikiran. Jangan buru-buru menolak saran dari orang lain. Bisa saja saran dari mereka adalah yang terbaik dan bisa membuat perjalananmu menjadi lebih berwarna.

Lihatlah Dunia Seluas Mungkin!
Lihatlah Dunia Seluas Mungkin! [via]
Melakukan traveling juga membuatmu jadi semakin cerdas dalam berbagai bidang. Misal tahu strategi mendapatkan tiket murah, tahu cara mencari penginapan nyaman namun tarifnya miring, hingga tahu di mana saja tempat membeli outfit terbaik untuk kegiatan outdoor. Hal-hal semacam ini tidak akan bisa kamu dapatkan jika hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan apa-apa.

Inilah beberapa alasan mengapa melakukan traveling itu baik untukmu. Perjalanan panjang dan kadang menantang itu bukan perkara senang-senang saja. Traveling juga bisa digunakan untuk mengubah seseorang menjadi lebih baik.

Advertisement
Tags
tips traveling traveling
Share