Alasan Tak Boleh Angkat Bintang Laut Seperti Anya Geraldine

Advertisement

Anya Geraldine belum lama ini bikin heboh di media sosial. Selebgram kondang tersebut mengunggah sebuah foto dirinya kala tengah snorkeling, sembari mengangkat salah satu biota setempat. Padahal sebenarnya ada sederet alasan tak boleh angkat bintang laut bagi para wisatawan.

Anya Geraldine berfoto sambil angkat bintang laut
Anya Geraldine berfoto sambil angkat bintang laut via Instagram anyageraldine

Tak heran jika gambar yang dibagikan Anya tersebut mendapat cukup banyak komentar negatif warganet. Banyak yang menyayangkan sikap sang publik figur. Namun apa saja sebenarnya alasan tak boleh angkat bintang laut saat snorkeling? Berikut Travelingyuk berikan penjelasan lengkapnya.

1. Bintang Laut Termasuk Makhluk Hidup

Bintang laut termasuk makhluk hidup
Bintang laut termasuk makhluk hidup via Instagram jithinajshaji

Bintang laut yang ada di foto Anya Geraldine berjenis Linckia Laevigata. Jenis ini biasanya memang mudah ditemukan di perairan dangkal. Namun bukan berarti kita bisa mengganggunya sembarangan.

Banyak orang tidak mengetahui ini, sebab sepintas bintang laut terlihat seperti bebatuan biasa. Padahal mereka termasuk makhluk hidup juga. Oleh karena itu jika kebetulan melihatnya ketika berada di lautan, sebaiknya tidak dibiarkan saja tentram di lokasi asalnya.

2. Mengakibatkan Stress

Bintang laut juga bisa alami stres
Bintang laut juga bisa alami stres via Instagram loveintopeace

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bintang laut termasuk makhluk hidup. Mereka juga bisa merasakan tekanan atau stress. Tindakan sekecil apapun yang dianggap menganggu akan bisa membuat bintang laut mengalami kondisi merugikan.

Mungkin jika hanya diangkat sesekali tidak masalah. Namun jika terlalu sering, bintang laut akan mengalami stress. Tumbuh kembang dan proses kehidupannya bakal terganggu, bahkan tak mungkin hal tersebut ikut berpengaruh pada biota laut lainnya.

3. Bisa Berujung Kematian

Jika terus diganggu bintang laut bisa mati
Jika terus diganggu bintang laut bisa mati via Instagram pure_lizog

Sebagai makhluk bahari, bintang laut tidak bisa berlama-lama hidup di luar air. Ekspos udara yang terlalu sering akan memberi dampak buruk pada sistem kehidupannya. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menganggu spesies ini jika kebetulan bertemu di lautan.

Bahkan jika terlalu sering diangkat dari habitat aslinya, bukan tak mungkin bintang laut terancam bahaya kematian. Tentunya para traveler tak ingin mengotori diri dan mendapat cap sebagai perusak lingkungan bukan? Oleh karena itu perhatikan ekosistem setempat, di manapun tempat yang dikunjungi.

4. Berlaku Juga Untuk Biota Laut Lainnya

Keindahan biota laut
Keindahan biota laut via Instagram national_park_photography

Tak cuma bintang laut, biota laut lainnya juga tak boleh dipindahkan sembarangan jika memang tak ada alasan mendesak. Proses pengangkatan yang kurang cermat dikhawatirkan malah merusak ekosistem yang ada, termasuk terumbu karang dan juga koral. Inilah mengapa ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan selama berada di laut.

Demi menjaga kelestarian dan keindahan sekitar, traveler sangat tidak disarankan mengganggu kehidupan alam di lautan. Selain itu jangan tinggalkan jejak apapun, seperti sampah maupun benda-benda lain yang bisa memberikan dampak negatif pada kekayaan fauna dan flora bahari.

Itulah sejumlah alasan tak boleh angkat bintang laut bagi para wisatawan yang sedang menyelam maupun snorkeling. Jadi, jangan sampai kejadian seperti Anya Geraldine terulang kembali. Menikmati kekayaan alam tak ada salahnya, namun tak perlu merusak keindahan yang sudah ada.

Advertisement
Tags
tips Wisata
Share