Serunya Liburan di Ciamis, Body Rafting Sampai Susur Green Canyon yang Eksotis

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Ada beberapa pilihan aktivitas seru liburan di Ciamis yang nggak akan mengecewakan. Semuanya dijamin memuaskan. Terutama jika Teman Traveler suka sekali dengan kegiatan-kegiatan di luar ruangan.

Dimulai dari seru-seruan body rafting dengan beberapa teman hingga menyusuri Green Canyon yang eksotis. Apa saja pilihan lainnya? Rekomendasi berikut ini semoga bisa jadi ide menyenangkan ya!

Jalan-jalan ke Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta yang Masih Sangat Asri via Instagram/raysaptaaa

Teman Traveler punya hobi dengan hal-hal berbau tradisional, jangan lewatkan untuk merasakan suasana yang istimewa di Kampung Adat Kuta, Karangpaningal, Ciamis. Ia adalah sebuah kampung yang masih memegang teguh adat serta budaya para leluhurnya hingga saat ini.

Aktivitas Masyarakat Kampung Adat Kuta Membuat Nira via Instagram/weekdaystraveler

Seperti beberapa kampung adat lain, Kampung Adat Kuta juga punya beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar. Walau begitu, kunjungan wisatawan ke tempat ini tidak pernah sepi. Pasalnya, selain suasana yang masih asri, kehidupan masyarakatnya pun menarik diikuti.

Body Rafting di Citumang

Seru-seruan Body Rafting di Citumang dengan Teman via Instagram/nuarthatours

Sungai Citumang di Ciamis terkenal memiliki arus air yang deras. Sehingga pas sekali dipakai untuk berbagai kegiatan olahraga serta permainan air yang seru. Salah satunya adalah body rafting.

Kegiatan Menyenangkan Selama Liburan via Instagram/selvi_agustina_sahpani

Selama body rafting di sini, Teman Traveler akan diajak menyusuri pemandangan cantik di sekitar sungai. Ada batuan goa yang terbentuk alami dan sempurna serta pepohonan yang masih asri.

Untuk menikmatinya, pengunjung bisa bebas memilih penyedia jasa serta paket yang ada. Harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp75 ribu-Rp149 ribu.

Naik Wahana Permainan Air di Situ Lengkong Panjalu

Naik Perahu di Situ Lengkong Panjalu via Instagram/alurusan

Situ Lengkong Panjalu di daerah Panjalu terkenal sebagai salah satu destinasi wisata religi di Ciamis. Banyak wisatawan berkunjung untuk berziarah ke makam di sekitar kawasan. Mereka menggunakan perahu untuk sampai ke area tersebut.

Asyik Naik Perahu di Situ Lengkong Panjalu via Instagram/mumungmuharam

Selain untuk berziarah, pengunjung juga kerap menggunakan perahu dan wahana permainan lainnya di Situ Lengkong sebagai hiburan semata. Teman Traveler juga harus mencobanya! Tiket masuk ke kawasan ini cukup terjangkau, sekitar Rp3 ribu.

Menyusuri Green Canyon atau Cukang Taneuh

Menyusuri Cukang Taneuh via Instagram/mirapuspitawati

Menyusuri Green Canyon atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Cukang Taneuh memang lebih baik pada saat musim kemarau. Karena ketika itu, air akan terlihat jernih.

Jika Teman Traveler memaksa datang pada musim hujan, persiapkan rencana lain ya. Karena air di kawasan ini biasanya akan naik dan area akan ditutup.

Eksotisnya Pemandangan di Green Canyon via Instagram/annisamuntaz

Hanya, pemandangan yang bisa disaksikan saat menyusuri Green Canyon dijamin tidak akan mengecewakan. Apabila penasaran, Teman Traveler bisa menunggu hingga musim kemarau tiba dan dijamin tidak akan rugi serta sia-sia.

Berkunjung ke Ciung Wanara, Kagumi Situs Peninggalan Kerajaan Galuh

Gong Perdamaian di Situs Ciung Wanara via Instagram/anesavriyoni

Jika belum bisa seru-seruan menyusuri Green Canyon, Teman Traveler bisa mengalihkan destinasi ke Ciung Wanara. Atraksinya juga tidak kalah seru kok!

Di sini Teman Traveler bisa melihat situs purbakala peninggalan Kerajaan Galuh. Selain itu, lokasinya juga cukup strategis dan mudah dijangkau.

Ciung Wanara Ciamis via Instagram/febby_febriana77_

Situs purbakala ini terletak di jalan nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran. Sekira 7 Km dari Kota Banjar Patroman ke arah selatan. Tepatnya di Desa Karangmulyan, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis.

Beberapa pilihan aktivitas seru liburan di Ciamis tadi lebih menyenangkan dilakukan bersama beberapa orang teman. Setuju, kan? Kalau begitu, mau ajak siapa untuk jalan-jalan ke Ciamis yang manis ini? Ditunggu ya!