Air Terjun Unik di Indonesia, dari Bertingkat Hingga yang Ada Pelanginya

Negara Indonesia memiliki banyak wisata air terjun, baik berada di area pegunungan, dataran tinggi, bahkan sekitar danau sekalipun. Memang sih, jumlah air terjun sangatlah banyak, tapi hanya beberapa air terjun yang mampu memberikan panorama cantik dan unik. Mau tahu seperti apa? Simak ulasan mengenai air terjun unik di Indonesia berikut. 

Air Terjun Moramo Bertingkat Tujuh

air terjun unik indonesia
Air Terjun Moramo via instagram/ wisata.kita

Air terjun memang tidak pernah lepas dari letaknya yang sangat tinggi. Namun, hal ini tidak akan Teman Traveler temukan pada Air Terjun Moramo. Wisata alam satu ini memiliki beberapa tingkatan di dalamnya. Ada tujuh tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil. 

Hal unik lainnya yang bisa kalian temukan di wisata Kabupaten Konawe Selatan adalah landasan air berupa bebatuan kapur. Jadi, kalian tak perlu takut terpeleset ketika ingin melewati air terjun asal Sulawesi Tenggara tersebut. 

Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai via instagram/ rancakbana_

Kabupaten Tanah Datar pun turut menyumbangkan wisata unik di Indonesia, bernama Air Terjun Lembah Anai. Suara gemuruh air terjun berpadu dengan suara kendaraan melintas, sehingga menambah kebisingan lokasi wisata. Ya, lokasi wisata tepat berada di jalan Provinsi Sumatera antara Padang dan Bukittinggi.

Kendaraan melintas hanya berjarak beberapa meter dari posisi bahu jalan. Siapa pun yang melintasi jalan bakal disuguhi fenomena alam berupa air terjun. Maka dari itu pula, membuat banyak pengendara penasaran dan berhenti sejenak demi menyaksikan keindahan wisata alam Padang ini. 

Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna via instagram/ ucok_silampung

Keunikan wisata alam juga bisa Teman Traveler nikmati di Air Terjun Dua Warna yang berlokasi di Sibolangit, Sumatera Utara. Yap, maksud dari nama dua warna lantaran air terjun tersebut memiliki gradasi dua warna yakni putih dan biru. Air yang tertampung di kolam berwarna putih keabu-abuan, sedangkan yang jatuh dari atas tebing adalah biru muda.

Menurut para ahli, perpaduan warna tersebut terjadi karena ada kandungan fosfor dan belerang. Nah, itu lah mengapa pengunjung tidak diperbolehkan meminum air tersebut, baik disengaja maupun tidak. 

Air Terjun Jembatan Batu

Air Terjun Jembatan Batu via instagram/ gudut_setiabudi

Sekilas, air terjun yang terletak di sebelah barat Desa Mede Galela, Pulau Halmahera, Maluku Utara ini seperti biasa-biasa saja karena hanya memiliki ketinggian air sekitar 10 meter. Namun jangan salah, keunikan Air Terjun Jembatan Batu justru terletak pada bebatuan yang mengelilinginya. Alhasil, terlihat seperti berada di dalam lubang.

Para wisatawan dari berbagai penjuru penasaran ingin menaklukkan terjalnya dinding batu, agar dapat berdiri di bagian atas air terjun dan memandang panorama di bawahnya yang menakjubkan. Ingat, jangan coba-coba memanjat tebing batu jika Teman Traveler masih awam dalam hal panjat tebing.

Curug Pelangi

Curug Pelangi via instagram/ delufyna

Seperti namanya, objek wisata Curug Pelangi yang berada di Cimahi ini kian menarik. Alasannya karena air terjun ini sekarang memang mirip dengan pelangi, dikarenakan saat sore dan malam hari, air terjun akan bersinar dengan warna yang berganti-ganti seperti pelangi.

Mengapa bisa demikian? Karena ternyata pengelola sudah memasang lampu-lampu di belakang dinding air terjun, sehingga saat lampu menyala dengan warna tertentu, air terjun akan membiaskan cahaya tersebut. Air terjun akan terlihat seperti menumpahkan air dengan warna tertentu.

Itulah tadi wwisata air terjun di Indonesia yang memiliki bentuk unik. Menurut Teman Traveler, air terjun mana yang paling menarik untuk dikunjungi terlebih dahulu?

Tags
air terjun unik indonesia Cimahi Halmahera Indonesia Jawa Barat Kabupaten Konawe Selatan Kabupaten tanah datar Maluku Utara Sibolangit Sulawesi tenggara Sumatera Barat Sumatera Utara Wisata
Share