Pesona Tiu Kelep di Kaki Rinjani, Sisi Lain Keindahan Lombok

Lombok selama ini dikenal dengan pantainya yang begitu menawan. Namun sebenarnya masih ada banyak pesona lain Pulau Seribu Masjid yang wajib Teman Traveler saksikan. Ada banyak air terjun apik dengan panorama elok dan sulit dilupakan. Salah satunya adalah Tiu Kelep.

Air Terjun bertingkat Tiu Kelep (c) Rosita/Travelingyuk

Air terjun bertingkat ini tawarkan panorama cantik di kaki Gunung Rinjani. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

Terletak di Kaki Gunung Rinjani

Perjalanan menuju Tiu Kelep (c) Rosita/Travelingyuk

Air Terjun Tiu Kelep terletak di sebelah utara kaki Gunung Rinjani. Posisi tepatnya ada di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Jaraknya dari pusat Kota Mataram sekitar 60 kilometer atau membutuhkan perjalanan kurang lebih dua setengah jam.

Lokasinya tak jauh dari Sendang Gile, membuat aliran kedua air terjun berasal dari sumber yang sama. Berada di kaki Gunung Rinjani, Teman Traveler bakal langsung diselimuti hawa sejuk kala menjelajahi kawasan sekitarnya.

Posisi air terjun Tiu Kelep sendiri cukup mudah ditemukan. Teman Traveler tinggal menuju Senaru, salah satu desa yang digunakan untuk jalur pendakian Rinjani. Jika khawatir tersesat, kalian tinggal bertanya arah pada warga setempat.

Siapkan Stamina Terbaik

Melewati aliran sungai setempat (c) Rosita/Travelingyuk

Sebelum menjelajahi hutan menuju wisata Lombok satu ini, Teman Traveler sebaiknya menyiapkan stamina prima. Perjalanan menuju air terjun ini bakal sangat menguras tenaga. Lokasinya terpisah sekitar 15 menit dari Sendang Gile. Namun sebelum sampai sana, kalian harus berjalan menyusuri hutan lebat. Kawasan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, diselimuti deretan tumbuhan tropis.

Namun demikian, Teman Traveler tidak perlu khawatir tersesat. Sepanjang perjalanan ada banyak petunjuk arah menuju Tiu Kelep. Petualangan kalian juga takkan terasa membosankan karena bakal ada suguhan pemandangan apik hutan lebat dan aliran jernih dari sungai setempat. Semua perjuangan bakal terbayar lunas begitu melihat air terjun setinggi 42 meter ini.

Air Terjun Bertingkat

Ketinggian air terjun mencapai 42 meter (c) Rosita/Travelingyuk

Dibanding air terjun lainnya, Tiu Kelep memiliki keiistimewaan yakni aliran air berundak atau bertingkat. Tingginya mencapai lebih dari 40 meter dan menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Sepadan dengan semua rasa lelah dan perjuangan menuju ke sini. Apalagi Teman Traveler juga harus menapaki puluhan anak tangga dan melalui jalan setapak licin.

Karena letak Tiu Kelep lebih tinggi dari Sendang Gile, Teman Traveler harus berjalan melewati tebing setinggi 30 meter agar bisa sampai sini. Oleh karena itu, pastikan kalian benar-benar berada dalam kondisi fisik prima sebelum memutuskan berkunjung ke sini.

Primadona Wisatawan Mancanegara

Kerap dikunjungi wisatawan mancanegara (c) Rosita/Travelingyuk

Berada di salah satu gerbang menuju Rinjani, pesona Tiu Kelep sudah tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut juga membuatnya cukup terkenal di kalangan wisatawan dan pendaki, lokal maupun mancanegara. Keelokannya memang sungguh luar biasa dan tiada duanya.

Itulah tadi sekilas ulasan mengenai keindahan Air Terjun Tiu Kelep, pesona lain Lombok di kaki Rinjani. Bagaimana Teman Traveler, tertarik berkunjung ke destinasi ini dalam waktu dekat?

Tags
kontributor Lombok Tiu Kelep Travelingyuk wisata lombok
Share