Air Terjun Temcor, Wisata Alam Selain Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen merupakan magnet bagi para turis untuk berkunjung ke objek wisata di Banyuwangi. Wisatawan dalam negeri dan juga wisatawan asing seakan berlomba untuk dapat mengunjungi dan menikmati keindahan alam di Kawah Ijen. Tahukah kamu bahwa Banyuwangi memiliki destinasi wisata yang menarik lainnya yang masih tersembunyi? Salah satunya adalah Air Terjun Temcor yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan curug lainnya. Tidak percaya? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

Wisata Alam yang Dikelilingi Sawah

Curug di Pinggiran Sawah
Curug di Pinggiran Sawah [image source]
Bagi beberapa wisatawan pasti asing saat mendengar nama Air Terjun Temcor. Destinasi wisata yang berada di lereng Gunung Ijen ini memang belum dikenal oleh banyak orang, namun cukup populer di kalangan penduduk asli Banyuwangi. Tidak kalah menarik dengan objek lainnya, air terjun yang terletak di dusun Sumber Arum, desa Sragi, Songgon ini memiliki keunikan. Apalagi kalau bukan lokasinya yang membelah persawahan. Sangat berbeda dengan curug lain yang berada di pedalaman hutan belantara.

Air Jernih di Temcor
Air Jernih di Temcor [image source]

Pesona Temcor yang Hilangkan Penat

Air Terjun Temcor Banyuwangi
Air Terjun Temcor Banyuwangi [image source]
Air Terjun Temcor sendiri berasal dari bahasa Madura yaitu Temor Cora yang artinya Timur Jurang. Kemungkinan besar nama tersebut diambil lantaran curug  ini berada di sebelah timur jurang dari desa Sragi. Tidak kalah eskotis dari objek lainnya, Air Terjun Temcor memiliki ketinggian 10 meter dengan air super jernih. Sayangnya, destinasi satu ini masih belum mempunyai fasilitas memadai. Jangankan kedai untuk meminum teh, toilet saja masih belum ada. Pun demikian, kamu bakal tetap betah berlama-lama di sini.

Berendam di Air Terjun Temcor
Berendam di Air Terjun Temcor [image source]

Rute Perjalanan Menuju Temcor

OOTD di Air Terjun Temcor
OOTD di Air Terjun Temcor [image source]
Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Temcor serta segarnya air sungai, wisatawan yang berniat ke sini harus melewati beragam rute melelahkan. Setelah melakukan perjalanan menggunakan kendaraan dari Banyuwangi ke Rogojambi selama satu jam, baru kemudian melanjutkan tracking melewati pematang sawah milik penduduk desa. Tidak hanya hamparan sawah yang hijau, jalan setapak sempit serta jurang menjadi pemandangan paling sering ditemui. Meski lumayan jauh, namun pesona keindahan di sepanjang perjalanan bakal menghilangkan semua rasa lelah.

Jalan Menuju Temcor
Jalan Menuju Temcor [image source]

Nikmatnya Rujak Soto Kuliner Khas Banyuwangi

Air Terjun Banyuwangi
Air Terjun Banyuwangi [image source]
Usai menikmati keindahan Air Terjun Temcor, paling nikmat menyantap makanan hangat. Nah, sajian lezat seperti gorengan dan bakso dapat kamu nikmati di sekitar tempat penitipan sepeda. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Banyuwangi. Salah satunya adalah Rujak Soto Mbok Sun yang berada di Jl. Ikan Sepat, Karangrejo. Lokasinya memang sangat jauh dari air terjun, namun tetap saja cita rasa di kedai ini juara banget.

Ilustrasi Rujak Soto Banyuwangi
Ilustrasi Rujak Soto Banyuwangi [image source]

Bermalam di Hotel Blambangan, Banyuwangi

Hotel Blambangan Banyuwangi
Hotel Blambangan Banyuwangi [image source]
Perjalanan panjang sekitar satu jam dari pusat kota memang cukup melelahkan. Agar liburan tetap seru, ada baiknya untuk bermalam di salah satu hotel di Banyuwangi. Tempat bermalam yang cukup nyaman untuk melepas lelah setelah seharian jalan-jalan adalah Hotel Blambangan. Tidak hanya menyenangkan, akomodasi satu ini juga memiliki desain unik. Untuk biaya sewanya sekitar Rp 500.000,- per malam. Lumayan bukan?

Hotel Blambangan
Hotel Blambangan [image source]
Nama : Air Terjun Temcor
Alamat: Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463

Rugi bukan jika ke Banyuwangi hanya berkunjung Kawah Ijen? Jangan lupa mampir ke Air Terjun Temcor dan juga destinasi wisata di Banyuwangi lainnya.

Tags
Explore Banyuwangi kuliner banyuwangi wisata banyuwangi
Share