Air Terjun Talempong, Destinasi Alam Situbondo Yang Tersembunyi

Advertisement

Situbondo merupakan salah satu kota di sisi timur Pulau Jawa. Kota dengan sebutan kota santri ini memang kental akan santrinya. Meski terkenal dengan udara panas, namun disisi lain saat menuju daerah kecil di Kabupaten Situbondo maka akan merasakan suasana yang sejuk, indah, dan pastinya akan memanjakan mata bagi setiap insan yang memandang. Memang tak banyak sisi pegunungan yang memasuki teritori Situbondo Raya, namun sisi selatan inilah menyimpan banyak wisata alam berupa perbukitan dan air terjun yang sejuk dan menawan.

Air Terjun Talempong, Situbondo yang asri dan sejuk. Foto via rahmankamal.com

Air terjun Talempong adalah sa;ah satu air terjun yang menghiasi Situbondo sebelah selatan. Destinasi wisata alam yang terletak di kawasan pegunungan ini tepat di Kecamatan Banyuglugur. Air terjun Talempong Seperti surga yang tersembunyi karena letaknya yang sangat jauh dari pusat kota dan keramaian. Untuk mencapai membutuhkan waktu yang sedikit lama kurang lebih 2 jam dari pusat kota Situbondo. Disana kita akan takjub atas keindahan yang tuhan berikan.

persawahan yang hijau disegala sisi perjalanan menuju air terjun. Foto via zurrahmah.wordpress.com

Menuju air terjun ini emmang tidaklah mudah, banyak jalur dan medan menguras tenaga yang harus dilewati. Dengan berawal melewati rumah rumah penduduk dan persawahan, sementara kendaraan yang bisa menembus hingga perkampungan ini adalah sebuah sepeda motor. Lereng bukit yang naik turun dan berbatu serta tumbuhan tumbuhan yang eksotis menjadi teman terbaik selama perjalanan. Keringat dan nafas tersengal adalah perjuangan para pengunjung yang ingin menikmati air terjun ini.

Air terjun pembelah hutan belantara Situbondo barat daya. Foto via pariwisata.situbondokab.go.id

Meskipun matahari sangat panas tapi tidak mampu menembus pepohohan yang berjejer dan tinggi di lereng bukit ini. Tak heran jikadi siang hari pun kesejukan akan terasa sangat syahdu. Ditambah dengan banyak burung memamerkan suara merdunya yang diiringi suara aliran sungai dari gemuruh air terjun. Di tengah perjalanan juga melihat segelintir orang mengairi sawahnya. Ada juga yang sedang mencari kayu bakar dan memukul padi.

air terjun tengah hutan yang jauh akan keramaian di Situbondo. Foto via laaroibamubina.blogspot.com

Air terjun Talempong memang sangat asri, jalan setapak yang cukup lebat dengan semak belukar ini menandakan tak banyak wisatawan yang sanggup menerjang hingga air terjun. Hal ini membuat tempat wisata ini tak dipungut biaya alias gratis bagi siapapun. Tak ada fasilitas yang didapatkan disini, itu artinya persiapkan lebih matang barang yang ingin kamu bawa saat berkungjung di air terjun ini.

Advertisement
Tags
Pesona alam indonesia wisata air terjun Wisata Alam Situbondo
Share