Air Terjun Songgo Langit di Jepara, Alam Berbalut Wisata Kekinian dan Legenda

Menyebut nama kota Jepara, salah satu yang terbayang adalah sosok Ibu Kartini serta seni ukiran kayu yang sudah populer. Apabila menyebut tempat wisata di Jepara, Karimunjawa lah yang akan muncul pertama kali terlintas. Sebenarnya ada lebih dari 15 tempat wisata alam lain yang terdapat di Jepara yang bisa Kamu kunjungi. Salah satu diantaranya yang cukup menarik adalah Air Terjun Songgo Langit.

Kontributor Travelingyuk yang bernama Venicka Arlia Putriana akan memberikan ulasan lebih lanjut mengenai daya pikat dan kisah menarik dibalik Air Terjun Songgo Langit di Jepara yang tersohor.

Lokasi Air Terjun Songgo Langit

Spot kekinian di sekitaran air terjun, Via Instagram dyah_meta05
Spot kekinian di sekitaran air terjun, Via Instagram dyah_meta05

Songgo Langit yang terletak di Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara. Akses jalan menuju tempat ini dapat dilalui roda dua dan roda 4, bahkan untuk ukuran bus dengan kondisi jalan yang sudah beraspal halus. Di samping itu, area tempat parkir yang luas serta
terdapat beberapa penjual makanan di sana akan menambah kenyamanan kamu menikmati liburan.

Asal Usul Nama Songgo Langit

Air terjun Songgo Langit yang magis, Via Instagram maulidya_chilma
Air terjun Songgo Langit yang magis, Via Instagram maulidya_chilma

Air terjun ini dinamakan Songgo Langit karena apabila dilihat dari bawah, maka tebing penyangganya seolah-olah sedang menyangga langit yang ada di atasnya. Menyangga dalam bahasa Jawa disebut dengan ‘nyonggo’. Air terjun ini memiliki tinggi 80 meter dan lebar 2 meter dilengkapi dengan kolam penampung sedalam 3 meter. Di sekitar air terjun juga banyak dihiasi kupu-kupu cantik berwarna-warni.

Konon Airnya Bisa Bikin Awet Muda

Songgo Langit yang mempesona, Via Instagram andick_setiawan
Songgo Langit yang mempesona, Via Instagram andick_setiawan

Selain itu, air dari tempat tersebut dianggap memberikan khasiat awet muda bagi mereka yang membasuh wajahnya atau mandi. Namun hal yang perlu diperhatikan yaitu terdapat palung sedalam 8 m tepat di bawah jatuhnya air yang dapat menyeret orang ke dalamnya. Kamu yang main di sini harus sangat waspada. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Berdasarkan warga sekitar, dahulu terdapat pagar besi yang membatasi area palung dengan dengan sekitarnya demi menjaga keamanan para pengunjung. Namun sayang sekali pagar tersebut sekarang sudah hilang akibat tersapu oleh derasnya aliran air. Untuk menikmati keindahan Songgo Langit seutuhnya, sebaiknya kamu jangan mengunjungi air terjun ini pada saat musim kemarau panjang karena debit airnya akan menipis, sehingga kamu tidak bisa melihat keindahan aliran airnya.

Legenda yang Menyelimuti Air Terjun

Ayo main ke Songgo Langit, Via Instagram bergasnugroho
Ayo main ke Songgo Langit, Via Instagram bergasnugroho

Selain keindahan alamnya yang mengagumkan, kisah dibalik Air Terjun Songgo Langit juga menjadi daya tarik tersendiri. Kisah yang terjadi tidak ada kaitannya dengan nama Songgo Langit, namun legenda ini sangat melekat dengan tempat ini. Diceritakan bahwa dahulu terdapat seorang pemuda dari Desa Tunahan jatuh cinta dengan gadis asal Desa Blucu, Kecamatan Kembang. Mereka berdua akhirnya menikah dan tinggal bersama dengan orang tua istrinya.

Dikarenakan suatu kesalahpahaman dengan ibu mertua, akhirnya si pemuda membawa istrinya untuk pergi ke desa asal sang suami pada tengah malam. Di tengah perjalanan yang begitu gelap, pedati yang mereka berdua tunggangi akhirnya salah arah dan jatuh ke dalam jurang yang sangat dalam yang kini dikenal sebagai tempat air terjun ini berada. Hingga saat ini tidak diketahui keberadaan jasad mereka berdua maupun pedati yang mereka tunggangi.

Keindahan air terjun, Via Instagram anishartanto.potopoto
Keindahan air terjun, Via Instagram anishartanto.potopoto

Dipercaya bahwa arwah mereka sekarang arwah mereka dipercaya menjaga keamanan dan  kenyamanan para pengunjung yang datang kesana, karena bagi mereka para wisatawan yang datang merupakan tamu yang patut dihormati. Dari cerita turun temurun inilah muncul suatu pantangan bagi penduduk Desa Blucu dan Desa Tunahan untuk menjalin hubungan apalagi sampai menikah, dikhawatirkan akan muncul kemelut dalam rumah tangga mereka.

Keindahan alam yang mempesona serta cerita menarik di baliknya menjadikan tempat ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburanmu saat berkunjung ke Jepara. Selain bisa menambah koleksi foto untuk diunggah ke media sosial, kamu juga bisa belajar menambah wawasan mengenai legenda suatu tempat. Yuk segera agendakan waktu untuk jelajah air terjun Jepara ini.

Tags
air terjun songgo langit di jepara alam indonesia Jawa Tengah Jepara
Share