Air Terjun Semawar, Wisata Karanganyar dengan Spot Foto Instagenic

Pernah dengar Air terjun semawar? Bagi, masyarakat Karanganyar dan sekitarnya pasti tahu destinasi wisata eksotis di Lereng Gunung Lawu ini. Air yang mengalir di sela tebing batu menjadi pemandangan yang menawan. Makin penasaran tempat wisata di Karanganyar ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Air Terjun Semawar
Air Terjun Semawar (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Letak Air Terjun Semawar berada di Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 33km atau bisa ditempuh dengan waktu satu jam. Teman Traveler bisa menempuh jalan menuju Kebun Teh Kemuning. Baru diarahkan ke Jenawi. Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam keadaan kendaraan prima, karena jalanan yang dilalui berkelok dan sedikit sempit.

Keindahan Alam Nan Cantik di Perjalanan

Menarik untuk dikunjungi
Tempat menarik untuk dikunjungi (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sampai di pintu masuk, Teman Traveler harus membayar Rp5.000 untuk tiketnya. Biaya tersebut belum termasuk parkir, yaitu Rp3.000/motor dan Rp5.000/mobil. Usai membayar tiket masuk, baru kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Aksesnya cukup menantang dan diharapkan tetap waspada. Setidaknya jauhnya sekitar 700 meter dengan beberapa tanjakan yang cukup melelahkan. Pun demikian, pemandangan hijau di sepanjang perjalanan tak akan membuat Teman Traveler kecewa.

Keindahan Alam yang Menawan

Spot selfie kekinian
Spot selfie kekinian (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Nama Air Terjun Semawar makin terkenal setelah difasilitasi beberapa spot oleh mahasiswa KKN sebagai kado perpisahan. Spot foto yang paling menarik adalah lambang hati dengan latar air terjun. Dari sini, Teman Traveler dapat melihat keindahan air terjun yang mengalir di sela-sela tebing batu. Terlihat eksotis dengan paduan pepohonan hijau di sekitarnya. Belum lagi udara khas pegunungan yang menyegarkan pikiran.

Fasilitas yang Tersedia

Gembok Cinta
Gembok Cinta (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Spot foto lain yang tak boleh dilewatkan adalah gembok cinta. Tempat ini dirancang bak area gembok cinta di Namsan Tower. Untuk bisa memasang gembok di sini, Teman Traveler perlu membayar Rp5.000. Tak hanya spot foto, fasilitas seperti gazebo juga ada di sini. Ada pula warung makan yang bisa dikunjungi untuk Teman Traveler yang tidak membawa bekal.

Bagaimana, tertarik untuk liburan ke Air Terjun Semawar? Pastikan dulu untuk cek cuaca, agar perjalanan tidak sia-sia karena kondisi alam yang tak memungkinkan. Selamat berlibur, Teman Traveler.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Travelingyuk Wisata Karanganyar
Share