Air Terjun Putuk Truno, Wisata Alam di Pasuruan dengan Cerita Legendanya

Suara gemericik air, suasana asri dan dinginnya udara menyambut siapa saja yang memasuki objek wisata Air Terjun Putuk Truno. Wisata Tretes satu ini merupakan air terjun yang terletak di kaki gunung Welirang dan Arjuno, tepatnya di Kecamatan Prigen, Pasuruan. Udara sejuk di sekitarnya makin membuat suasana nyaman untuk pengunjung. Penasaran keindahan wisata alam di Pasuruan ini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Wisata Kebanggaan Pasuruan

Orang pada nikah muda nabungnya dari SD apa bagaimana IG @dwitaasr
Salah satu sudut air terjun via instagram/@dwitaasr

Air Terjun Putuk Truno menjadi salah satu air terjun kebanggaan warga Pasuruan. Terbukti setiap akhir pekan tiba, tempat ini selalu dipenuhi pengunjung lokal maupun dari berbagai daerah. Keindahan yang ditawarkan terasa menghipnotis dan enggan beranjak pulang. Saat air jatuh ke dalam kolam yang berwarna bening, rasanya ingin menceburkan diri ke kolam.

Untuk sampai di sini cukup mudah. Jika dari Pasuruan, arahkan kendaraan menuju ke arah Kecamatan Prigen, tepatnya Polsek Prigen. Dari sana ambil kiri dan lurus terus sejauh kurang lebih 200 meter hingga sampai lokasi pintu masuk.

Salah Satu Air Terjun Terindah di Jawa Timur

Ciri-ciri perjalanan lancar adalah orang tua tidak khawatir IG @trianrhdyh_
Pesona salah satu air terjun terindah di Jawa Timur via instagram/@trianrhdyh_

Dengan memiliki tinggi 45 meter, Air Terjun Putuk Truno menjadi salah satu air terjun terindah di Jawa Timur. Jernihnya air yang mengalir menambah daya tarik tersendiri. Jika beruntung, bisa melihat penampakan pelangi dari jarak dekat. Selain itu, Teman Traveler juga bisa bermain langsung di kolam. Tentunya, harus berhati-hati apalagi ketika musim hujan telah tiba. Sebaiknya urungkan niat Teman Traveler untuk berenang.

Legenda yang Tersebar di Masyarakat

Akan ada banyak keajaiban saat kita percaya pada Allah IG @dio_dwi19
Disebut air terjun abadi via instagram/@dio_dwi19

Putuk artinya Ular dan Truno nama dari Joko Turno, seorang pria dari kalangan kelas bawah yang jatuh cinta dengan (Sri Gading Lestari) putri dari Raden Arya Wiraraja. Namun hubungan tersebut tidak direstui, hingga akhirnya Raden Arya Wiraraja menyembunyikan putrinya di sebuah tempat bernama Coban Baung di kawasan Purwodadi, Pasuruan. Joko Taruno pun memutuskan untuk bertapa memohon bantuan kepada Sang Penguasa Jagad. Saat bertapa, tubuhnya tiba-tiba berubah menjadi seekor ular.

Berbekal kesaktian yang dimiliki, Joko Taruna mampu menembus benteng gaib yang memagari Sri Gading Lestari. Tanpa sepengetahuan sang Ayah, Sri Gading Lestari melarikan diri untuk bertemu dengan pujaan hatinya. Akhirnya mereka bertemu di sebuah air terjun yang kini dikenal dengan nama Air Terjun Putuk Truno.

Disebut Air Terjun Abadi

Tau apa kamu soal berjuang, kalau hape lemot dikit langsung pencet tombol home IG @dwinaaad_
Aliran air terjun via instagram/@dwinaaad_

Setiap destinasi wisata pasti menyimpan mitos tersendiri, termasuk Air Terjun Putuk Truno. Teman Traveler yang mengunjungi sekaligus berendam dibawah Air Terjun, akan mendapatkan keabadian cinta. Dengan kata lain hubungannya dengan kekasih akan abadi atau langgeng. Mitos tersebut sudah menjadi dasar kenapa dinamakan Putuk Turno. Jika Teman Traveler percaya akan mitos tersebut dan ingin hubungan dengan kekasih awet, silahkan berkunjung ke sini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Lepaskan bebanmu, teriak sekuatmu sampai semua apa yang ada di bebanmu jadi hilang IG @arizall_ska
Sudut lain dari air terjun via instagram/@arizall_ska

Sebagai penunjang untuk kenyamanan dalam berwisata, terdapat sejumlah fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Parkir luas, mushola, toilet, gazebo dan warung dengan aneka kuliner yang siap menemani Teman Traveler. Sementara untuk penginapan tidak perlu khawatir, bisa mencarinya di daerah Prigen. Harga tiket masuk Air Terjun Putuk Truno masih terjangkau, Rp10.000/orang, Rp2.000 untuk parkir roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Itulah ulasan tentang wisata alam di Pasuruan yang menawarkan udara sejuk dan jauh dari perkotaan. Terlebih, ada cerita serta mitos menariknya. Jadi bagaimana? Ingin liburan seru di Pasuruan? Jangan lupa mampir ke Air Terjun Putuk Truno, ya!

Tags
Indonesia Jawa Timur Pasuruan Wisata
Share