Pesona Madakaripura, Air Terjun ‘Abadi’ di Probolinggo

Jawa Timur seolah tak pernah kehabisan tempat wisata untuk memanjakan para wisatawan yang mengunjunginya. Mulai dari pantai hingga kawasan pengunungan, semua kekayaan alam punya kecantikan yang pantang dilewatkan. Salah satunya ada di Air Terjun Madakaripura.

Air terjun yang terletak di Probolinggo ini tak cuma sekedar elok, namun juga dikenal sebagai tempat wisata ‘abadi’. Mengapa demikian? Daripada penasaran, simak penuturan salah satu kontributor Travelingyuk bernama Venicka Arlia Putriana berikut ini.

Tawarkan Nuansa Magis

Indahnya Air Terjun Madakaripura
Indahnya Air Terjun Madakaripura via Instagram trenaf_images

Bagi yang bosan dengan pantai ataupun gunung dan wisata perbukitan, melakukan perjalanan wisata ke air terjun bisa menjadi salah satu alternatif. Air terjun menawarkan pesona magis indah, dengan air yang mengalir deras dari balik batu plus ketinggian beragam.

Air terjun Madakaripura terletak di Dusun Branggah, Negororejo, Lumbang. Wisata bernuansa air ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Wajib dikunjungi oleh mereka yang menyukai liburan bernuansa alam, sekaligus bikin hati jadi adem.

Nuansa magis Madakaripura
Nuansa magis Madakaripura via Instagram probolinggokita

Dengan ketinggian 200 meter, debit air di Madakaripura cukup besar. Namun karena saking tingginya, mereka yang berdiri di bawahnya hanya merasakan butiran air halus. Keindahannya sungguh luar biasa, karena pengunjung seolah sedang berada di sebuah tabung transparan besar dengan dikelilingi tebing-tebing tinggi.

Salah satu pesona yang terkenal dari air terjun ini adalah fenomena pelangi. Selain itu, suasana magis bakal kian terasa ketika tebing-tebing yang ada seolah mencegah sinar matahari masuk.

Butuh Perjuangan Ekstra

Jalan berbatu di Madakaripura
Jalan berbatu di Madakaripura via Instagram wahyudi_blueday

Akses jalan menuju Air Terjun Madakaripura tak bisa dibilang mudah. Butuh sedkit perjuangan ekstra jika ingin berkunjung ke sini. Namun untungnya, belakangan pengelola sudah membuat jalan setapak dari semen, sehingga tidak terlalu merepotkan para wisatawan. Tapi dihimbau untuk tetap hati-hati karena jalanan licin.

Pelancong yang menyukai nuansa alam dan mencari spot foto Instagenic juga disarankan datang ke Madakaripura. Atmosfernya di sini masih sangat alami, hingga tak heran jika destinasi satu ini kerap jadi pilihan wisatawan yang mampir ke Probolinggo.

Mitos di Balik Madakaripura

Patung Gajah Mada di Madakaripura
Patung Gajah Mada di Madakaripura via Instagram imar_madakaripura37

Selain keindahan yang tiada tara, Air Terjun Madakaripura punya mitos yang menarik disimak. Di balik air terjun terdapat sebuah gua yang dipercaya masyarakat sebagai tempat Patih Gajah Mada bersemedi. Gajah Mada sendiri merupakan tokoh penting dalam era Kerajaan Majapahit, dan berprestasi menyatukan seluruh wilayah Nusantara.

Penamaan Madakaripura sendiri berasal dari tiga kata. Mada diambil dari nama Gajah Mada, Kari artinya peninggalan, dan Pura memiliki makna tempat semedi atau sembahyang. Kabarnya belum ada orang yang berhasil masuk ke gua tersebut karena tumpahan air terjun yang deras dan berbahaya.

Tips Mengunjungi Madakaripura

Disarankan memakai jas hujan di Madakaripura
Disarankan memakai jas hujan di Madakaripura via Instagram tttaaannn

Liburan ke Madakaripura sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin jalan-jalan dengan bujet minim. Tiket masuk ke lokasi ini hanya dihargai tiga ribu rupiah saja.

Namun agar perjalanan semakin nyaman, jangan lupa bawa pakaian ganti atau jas hujan jika ingin menghemat biaya. Sebab membeli baju baru di tempat wisata tentu harganya belum tentu murah.

Gimana, tertarik berkunjung ke sini kan? Jadi jangan lupa luangkan waktu di akhir pekan untuk datang bersama orang-orang terdekat. Jangan lupa jaga kondisi dan kesehatan, selamat bersenang-senang!

Tags
Jawa Timur Probolinggo Wisata
Share