Air Terjun di Lembang, Suasana Alam yang Indah nan Tenang

Banyak ragam wisata yang dapat ditemukan di Lembang. Mulai yang bertema bunga seperti Rainbow garden, hingga tempat-tempat yang kental dengan suasana Eropa di Kota Mini. Namun bagi yang gemar berpetualang, Lembang juga dapat menjadi taman bermain yang tepat. Kabupaten ini juga memiliki banyak air terjun yang tak kalah seru untuk dijelajahi.

1. Curug Dago

Curug Dago [image source]
Berada pada ketinggian 800 meter di atas permuakaan laut, tinggi air terjun Curug Dago mencapai 12 meter. Jatuhan air di sini berasal dari aliran sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke Kota Bandung. Uniknya di tempat ini terdapat sebuah prasasti dari Kerajaan Thailand pada abad ke-18.

memiliki prasasti dari Kerajaan Thailand [image source]

2. Curug Maribaya

Curug Maribaya [image source]
Maribaya memiliki luas kurang lebih 6 hektar dan curug atau air terjun adalah salah satu ciri khasnya. Kamu bisa menemukan Curug Cigulung, Curug Cikoleang, dan Curug Cikawari dalam kawasan Maribaya. Ketiga air terjun ini masing-massing hampir memiliki ketinggian yang sama, sekitar 15 meter.

Terdapat dua curug lain dalam satu wilayah [image source]

3. Curug Cimahi

Curug Cimahi [image source]
Air Terjun Cimahi Memiliki ketinggian mencapai 87 meter. Karena itu tempat ini dinobatkan sebagai yang tertinggi di kawasan Bandung. Penggunaan nama Cimahi berasal dari air yang mengalir di atasnya adalah sungai Cimahi. Sungai tersebut berhulu di Situ Lembang dan mengalir sampai Kota Cimahi.

Terdapat spot untuk menikmatinya dari ketinggian [image source]

4. Curug Panganten

Curug Panganten [image source]
Curug Panganten berada pada ketinggian 1050 mdpl dengan memiliki ketinggian air terjun kurang lebih 50 meter. Dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan asri ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan pemandangan hijau dan udara yang sejuk, tentunya akan membuatmu untuk enggan beranjak.

Pemandangan air terjun dari dekat [image source]
Dengan potensi alam Indonesia yang memiliki segudang keindahan, sayang sekali rasanya jika hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan. Masih ingat kapan terakhir kamu berpetualang?

 

Tags
Indonesia Jawa Barat Lembang Wisata
Share