Air Terjun di Sukabumi, Potensi Wisata yang Tersembunyi

Advertisement

Banyak destinasi wisata yang tersohor di Kabupaten Sukabumi, seperti Gunung Gede atau Situ Gunung. Memang letak geografis Sukabumi sangat potensial. Begitu pula dengan air terjun yang ada di kabupaten ini. Terdapat empat air terjun yang patut dikunjungi, seperti rekomendasi dari Travelingyuk di bawah ini.

1. Curug Cikanteh

Panorama Curug Cikanteh [image source]
Curug Cikanteh terbagi menjadi dua bagian utama. Bagian pertama yaitu aliran jatuhan air dari ujung tebing setinggi kurang lebih 100 m dan kemudian bagian kedua yang menyebar di antara batuan yang cukup lebar. Letaknya yang tersembunyi dari pemukiman membuat tempat ini indah dan tetap asri. Secara administratif, air terjun ini terletak pada Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Dua tingkatan air terjun di Curug Cikanteh [image source]

2. Curug Sodong

Curug Sodong [image source]
Curug Sodong berada dalam wilayah Geopark Ciletuh, Sukabumi. Keindahan tempat ini telah terlihat dari kejauhan, dua aliran yang bersebelahan menjadi daya pikatnya bagi wisatawan. Kawasan di sekitar air terjun ini banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang membuat pemandangan menjadi segar.

Jatuhan yang cukup deras [image source]

3. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung [image source]
Dengan ketinggian sekitar 45 meter, aliran air terjun ini berada di atas bebatuan berwarna kuning kecoklatan. Pemandangan ini serupa dengan view yang akan kalian temukan di Grand Canyon, Amerika Serikat. Sama dengan Curug Sodong, Cimanjuring juga berada dalam wilayah Ciletuh Geopark Sukabumi.

Curug Cimarijung dari dekat [image source]

4. Curug Luhur Cigangsa

Curug Luhur Cigangsa [image source]
Tekstur batu di aliran Curug Cigangsa memiliki bentuk yang unik. Serupa lapisan bebatuan yang meninggi. Batu sebagai landasan aliran air ini berwarna kehitaman dan memiliki tinggi sekitar 30 m. Dengan kondisi tersebut, Curug Cigangsa sangat menarik untuk dikunjungi pada musim hujan. Karena debit air yang sedikit banyak akan terbecah menatap batuan tersebut.

Tingkatan air terjun yang ada di Curug Luhur [image source]
Keindahan Indonesia memang banyak tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tak terkecuali dengan air terjun, seperti yang terdapat di Sukabumi tersebut. Seperti apa air terjun paling indah yang pernah kamu kunjungi?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat Sukabumi Wisata Alam
Share