Deretan Fakta Air Terjun Lembah Anai, Amukannya Robohkan Jembatan

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Indonesia
Air Terjun Lembah Anai Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai membikin heboh media sosial. Amukan air terjun di Bukittinggi tersebut kabarnya jadi salah satu penyebab robohnya jembatan di Kayu Taman, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Jalur Bukittinggi-Padang pun terputus akibat kejadian ini.

Air Terjun Lembah Anai pun mendadak jadi buah bibir di dunia maya, usai beredar rekaman video yang menunjukkan luapan dahsyatnya. Terlepas dari kejadian ini, air terjun tersebut sebenarnya termasuk salah satu destinasi wisata indah dan populer. Lantas apa saja fakta menarik di balik tempat menarik ini? Yuk kita simak bersama.

1. Membuat Jembatan Ambruk

 

View this post on Instagram

 

Ya allah.. Lembah anai begini kalo lg ngamuk air terjun nya… 😱 #airterjunlembahanai #lembahanai #bukittinggi

A post shared by Vira (@vira_ines) on

Hujan deras yang mengguyur kawasan Sumatra Barat (11/12) membuat debit air di Lembah Anai mendadak naik. Aliran airnya meluap hingga ke Jembatan Kayu Taman. Kejadian yang terekam sebuah kamera amatir ini sempat membuat sejumlah kendaraan memilih kembali, bahkan ada yang terjebak.

Kondisi semakin buruk kala tanah di sekitar Air Terjun Lembah Anai mulai mengalami longsor. Sejumlah pohon tumbang dan akhirnya membuat jembatan roboh. Peristiwa naas ini terjadi sekitar Isya, sebagaimana dilansir Tribun.

2. Bagian dari Tujuh Air Terjun

Berada dekat jembatan
Berada dekat jembatan via Instagram.com/rehandeny37

Air Terjun Lembah Anai cukup unik karena bisa dilihat langsung dari pinggir jalan umum. Namun tak banyak orang tahu bahwa air terjun ini merupakan bagian dari deretan tujuh air terjun di kawasan Cagar Alam Lembah Anai.

Teman Traveler wajib melakukan treking selama kurang lebih dua jam, sebelum bisa menyaksikan keenam air terjun lainnya. Memang bakal melelahkan, namun semua bakal terbayar lunas oleh panorama indah memanjakan mata.

3. Lokasi Pre-wedding Laudya Cynthia Bella

Bella dan suami di Air Terjun Lembah Anai
Bella dan suami di Air Terjun Lembah Anai via Instagram.com/laudyacinthyabella

Keindahan Air Terjun Lembah Anai sempat memukau salah satu selebritis Tanah Air, Laudya Cinthya Bella. Anggota grup vokal BBB tersebut memilih lokasi indah tersebut sebagai salah satu tempat melakukan foto pre-wedding bersama sang suami, Engku Emran.

Hasil foto keduanya sempat diunggah di media sosial pada akhir September 2017 dan mendapatkan lebih dari 800 ribu likes. Beragam komentar positif pun berdatangan, tak sedikit yang memuji keindahan Lembah Anai.

4. Bikin Pengendara Berhenti

Pengendara berhenti dekat air terjun
Pengendara berhenti dekat air terjun via Instagram.com/robiyanto_javava

Lokasi Air Terjun Lembah Anai yang strategis membuat tempat ini kerap ramai di musim liburan. Bahkan tak sedikit pengguna kendaraan bermotor yang berhenti untuk sekedar mengagumi keindahannya. Apalagi udara di sekitar cukup segar, membuatnya jadi lokasi ideal beristirahat.

Air terjun juga berada di dekat rel kereta api
Air terjun juga berada di dekat rel kereta api via Instagram.com/kotoreyhan_

Bagi Teman Traveler yang ingin mengunjungi Air Terjun Lembah Anai secara khusus, tak perlu khawatir. Di sekitar lokasi terdapat beberapa fasilitas menarik, mulai dari kios suvenir hingga rumah makan. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama kalian bisa menyewa kamar di sejumlah penginapan.

Itulah tadi sederet fakta menarik Air Terjun Lembah Anai, yang belakangan jadi viral karena amukannya. Semoga jembatan di Kayu Taman segera diperbaiki dalam waktu dekat, sehingga pengunjung maupun warga sekitar bisa kembali menikmati kemegahan Sang Air Terjun.