Bikin Takjub Akan Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi

Advertisement

Meski terdengar asing di telinga banyak orang, namun bagi penghobi jelajah air terjun, daerah ini adalah surganya. Malalak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Tepat berada di kaki gunung Singgalang dan Tandikek ditengah hutan belantara yang sungguh alami dan terjaga keasriannya, memberikan jelajah terkesan sungguh berpetualang.

Air Terjun Langkuik Tinggi dengan derasnya aliran membuat suasana nampak indah. Foto via kaba12.com

Jarak dari kota Padang sekitar 2 jam perjalanan dengan suguhan panorama hutan dan gunung yang indah, membuat perjalanan tak terasa melelahkan. Kesejukan bakal teman traveler nikmati sepanjang jalur. Hingga sampailah di Jorong Nyiur, Malalak Selatan. Tepat dipintu masuk wisata air terjun Langkuik Tinggi teman traveler cukup membayar tarif loket senilai Rp, 5.000 dengan tambahan biaya parkir untuk motor Rp. 5.000 dan 7.000 untuk mobil.

Sungai aliran air terjun yang jernih dan asri dengan tebing tanpak hijau karena lumut dan dedaunan. Foto via twitter.com

Jika rombongan tidak mengenal medan yang akan dilalui bisa memakai jasa warga sekitar dan menegosiasikan biayanya secara langsung sebelum berangkat. Tempat ini sangat cocok bagi yang hobi petualangan, karena medan yang dilalui cukup bervariasi. Tanjakan dan turunan serta jalanan licin bakal kamu lalui dengan penuh adrenalin. Perjalanan dimulai dengan menyusuri persawahan. Tidak lama setelahnya berganti menjadi pepohonan. Jalan setapak tersebut berbatu, mendaki dan menurun.

Jalur menuju Air Terjun Langkuik Tinggi yang terjal dan picu adrenalin. Foto via lh5.googleusercontent.com

Medan yang ditempuh cukup ekstrim dan sangat licin. Teman traveler diharapkan sangat berhati-hati, karena terdapat jalan yang kemiringannya hingga 70 derajat. Sehingga mengharuskan mereka untuk berpegang pada akar-akar pohon ataupun tali yang sudah disediakan. Di perjalanan, juga akan ditemui sungai dengan bebatuan besarnya yang licin. Jangan khawatir pihak pengelola sudah memberikan tali untuk pengamanan saat menyeberang sungai.

Namun sesampainya di lokasi, seluruh lelah selama perjalanan akan hilang oleh pesona air terjun Langkuik Tinggi yang eksotis dan alami. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter diantara tebing yang sangat tinggi. Nampak gagah dengan cipratan airnya, membuat pengujung yang berada di radius 15 meter dari air terjun akan basah kuyup, sangat menakjubkan!

Aliran sungai dari air terjun Langkuil Tinggi yang jernih dan menyegarkan. Foto via lh5.googleusercontent.com

Sebelum memulai perjalanan ke Langkuik Tinggi, berikut tips yang disarankan, siapkan fisik yang sehat dan kuat, gunakan alas kaki khusus, datanglah saat musim kemarau agar air sungai tidak terlalu deras. Terpenting untuk tidak dilupa adalah bawa bekal makanan dan minuman. Selaam dilokasi air terjun tidak satu pun ditemukan warung. Dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah ini.

Advertisement
Tags
Air Terjun Pesona alam indonesia Pesona Alam Sumbar wisata nusantara wisata sumatera barat
Share