Air Terjun Kiti-Kiti, Cuilan Surga di Timur Indonesia

Advertisement

Indonesia Timur merupakan wilayah dengan sejuta destinasi alam yang memukau. Tidak heran jika kawasan ini menjadi wilayah yang masih alami dan belum terkontaminasi dengan berbagai limbah. Hamparan perbukitan dan hutan tropis serta berbagai sumber alami ibarat surga tersembunyi di Timur Indonesia. Salah satunya air terjun Kiti Kiti, satu dari beberapa destinasi alam yang terletak di Papua Barat.

Air Terjun Kiti Kiti di Timur Indonesia
Air Terjun Kiti Kiti pesona alam di Timur Indonesia. Foto via backpackerindonesia.com

Keindahan air terjun ini berada di kawasan Konservasi Taman Pesisir Teluk Nusalasi, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Arus air mengalir di air terjun ini berbeda dengan air terjun kebanyakan yang biasanya mengalir ke sungai. Justru kucuran deras air yang jatuh dari tebing Air Terjun Kiti-Kiti langsung jatuh ke laut lepas yang ada di Teluk Nusalasi ini.

Sekali mendayung, tiga pulau terlampai, seperti halnya kamu menikmati air terjun Kiti Kiti ini Suguhan pemandangan air terjun, perbukitan hingga pantai serta lautan berpadu menjadi satu. Panorama pantai akan terlihat memukau ketika air laut surut. Maka terbentuklah pantai dibawah air terjun tersebut. Tapi, begitu air laut kembali pasang, aliran air terjun akan langsung jatuh ke laut bebas. Jadi pemandangan waktu air pasang dan air surut menjadi sangat unik.

Air terjun Kiti Kiti dilihat dari atas ketika air laut surut
Air terjun Kiti Kiti dilihat dari atas ketika air laut surut. Foto via kilat.com

Sumber air terjun ini sangatlah jernih dan air laut disekitaran pantai memiliki kejernihan yang sangat jernih sehingga kedalaman lautan pun terlihat sangat jelas. Bahkan kamu dapat melihat dasar laut yang indah, penuh dengan beraneka ragam penghuni laut tanpa harus diving ataupun snorkling. Untuk kamu yang ingin bermain air, bisa merasakan sensasi air tawar serta air lautr sekaligus.

Sisi lain, suasana asri terasa dari pepohonan yang lebat dari hutan hijau dan panorama pegunungan menambah kesegaran udara di sekitarnya. Bagi wisatawan yang hobi menyelam, ada beberapa spot terumbu karang di sekitar lokasi air terjun yang bisa dijelajahi. Nah, bagi teman traveler yang penasaran ingin menikmati air terjun Kiti kiti ini kamu harus menempuh jalur laut.

Lautan yang bersih dan jernih hingga bawah laut terlihat dengan jelas
Lautan yang bersih dan jernih hingga bawah laut terlihat dengan jelas. Foto via celebes.co

Perjalanan dimulai dari pelabuhan Fakfak, dimana speedboat siap mengantar para traveler ke objek wisata air terjun ini. Durasi perjalanan cukup lama, memakan waktu sekitar 4 jam. Namun, selama perjalanan ini, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut dan pemandangan hutan yang mempesona. Nah, karena air lautnya yang sangat jernih, maka panorama bawah lautnya terlihat jelas dari atas speedboat.

Salah satu transportasi meuju air terjun kiti kiti menggunakan speedboat
Salah satu transportasi meuju air terjun kiti kiti menggunakan speedboat. Foto via misteraladin.com

Namun perlu diperhatikan juga dalam memilih tanggal berangkat ke air terjun Kiti Kiti ini. Sebaiknya jangan berangkat pada saat musim angin timur berhembus. Karena disaat tersebut biasanya kondisi ombak terlalu tinggi dan sangat berbahaya. Tetaplah membawa perbekalan karena selama perjalanan hingga diwisata air terjun tidak ada satu pun warung yang tersedia.

Advertisement
Tags
papua barat wisata air terjun wisata alam Indonesia wisata nusantara wisata pantai wisata papua
Share