Air Terjun Kapas Biru Lumajang, Lukisan Alami yang Dipajang Tuhan

Lumajang adalah tempatnya negeri atas awan. Kamu bisa datang puncak B29 yang menawarkan indahnya awan bak lautan di antara pegunungan. Pulangnya, mampirlah ke Air Terjun Kapas Biru. Wisata Lumajang tersebut merupakan serpihan ‘surga’ yang ada di bumi, Begitu megah dengan tebing tinggi.

1. Asal-usul Nama Kapas Biru

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@aleguntur

Kapas Biru adalah sebuah suguhan dari Tuhan untuk para manusia-manusia beruntung. Keindahannya sungguh menawan hati dan menjernihkan pandangan. Pikiranpun jadi lebih segar sehingga bisa dianggap sebagai hiburan alam. Air Terjun ini memiliki aliran yang putih dan deras, di bagian-bagian sisinya muncul warna kebiruan jika dilihat dari jauh. Itulah mengapa namanya adalah Kapas Biru.

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@arif_angky

2. Jalan Kaki Melintasi Jalur yang Sepi

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@ahmad_anjarwicaksono

Tak mudah untuk sampai di Air Terjun Kapas Biru. Kamu bisa menggunakan kendaraan dan melaju ke Kabupaten Lumajang di Jawa Timur. Jika kamu berangkat dari Malang, lokasinya berada di dekat Jalan Raya Dampit-Lumajang. Sekitar 3 kilometer dari Air terjun Tumpak Sewu. Dari parkiran kendaraan, kamu masih harus berjalan melewati jalur yang menantang dan dikelilingi pepohonan. Suasananya begitu sepi dengan dedaunan yang berbisik karena terpaan angin.

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@idzndr

3. Fasilitas Seadanya Namun Tak Mengurangi Keindahan

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@affanf

Kapas Biru mulai naik daun baru-baru ini karena adanya media sosial seperti Instagram. Suasana alam dan derasnya aliran membuat banyak pecinta alam jatuh hati dan jauh-jauh ke Lumajang untuk melihatnya secara langsung. Tinggi air terjun mencapai 20 meter dengan tebing berwarna cantik. Fasilitasnya masih seadanya dan dikelola oleh masyarakat setempat. Ada tempat parkir, pondok untuk istirahat, hingga warung makan dan minuman.

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@gunawan_spj

4. Para Tetangga Kapas Biru

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@didin_emelu

Kalau ke Air Terjun Kapas Biru sempatkan juga untuk berkunjung ke objek wisata lainnya yang tidak kalah menawan. Ada Air Terjun Kabut Pelangi, Goa Tetes, atau terkenal adalah Niagara Mini Tumpak Sewu. Siapkan fisik dengan baik dan perbekalan yang memadai agar perjalananmu aman dan nyaman.

Air Terjun di Lumajang
Air Terjun di Lumajang via Instagram/@buruhphoto

Itulah beberapa ulasan tentang Air terjun Kapas Biru di Lumajang dengan keindahan yang mengagumkan. Kamu sudah pernah ke sini? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Timur Lumajang
Share