Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang, Keeksotisan Alam di Tengah Belantara

Lumajang merupakan sala satu destinasi wisata di Jawa Timur yang banyak menyuguhkan pilihan wisata alam. Jenis destinasi wisata yang cukup banyak jumlahnya adalah air terjun. Tidak hanya banyak, air terjun di Lumajang juga memiliki keindahan yang sangat sulit untuk ditampik. Misalnya saja ada Air Terjun Kabut Pelangi yang masih sangat asri dan berada di tengah belantara Lumajang.

Lokasi Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi, Via Instagram zulfikriprayogi_96
Air Terjun Kabut Pelangi, Via Instagram zulfikriprayogi_96

Air Terjun Kabut Pelangi berada di Kaki Gunung Semeru yang membuatnya dikelola oleh Perum Perhutani KPG Malang dan bisa dibilang masih dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasi tepatnya berada di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo. Tidak jauh dari Jl. Raya Jalur Lumajang – Malang, perkiraanya hanya berjarak sekitar 1 kilometer saja dari Polsek Pronojiwo.

Namun untuk bisa berkunjung ke lokasinya, kamu perlu untuk menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Kamu perlu naik turun perbukitan dengan medan yang cukup menantang dan juga terjal. Kamu juga perlu menyebrangi beberapa sungai kecil terlebih dahulu. Tapi, kelelahanmu akan terbayar tuntas saat kam berhasil mencapai air terjunnya.

Asal Nama Air Terjun Kabut Pelangi

Lokasi yang sangat asri, Via Instagram anas_achmad_
Lokasi yang sangat asri, Via Instagram anas_achmad_

Disebut sebagai kabut pelangi bukan tanpa alasan. Pasalnya, sering ada penampakan pelangi di sekitaran air terjun. Munculnya pelangi tersebut dikarenakan membiasanya air terjun saat bertemu dengan cahaya matahari. Tapi, pelangi tersebut tidak selalu ada ya. Jadi, buat kamu yang ke sana dan tidak menemukan pelangi, jangan bersedih hati. Karena bisa dibilang panorama dari Air Terjun Kabut Pelangi ini sungguh memikat hati.

Air terjun di tengah belantara, Via Instagram febri_rama_
Air terjun di tengah belantara, Via Instagram febri_rama_

Wisata di Lumajang ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Tapi, air terjun tersebut berada di dataran dengan ketinggian 1.229 meter di atas pemukaan laut. Sehingga saat kamu berada di sekitarnya akan merasakan sejuk dan juga segar. Panorama di sekitarnya masih sangat asri akan membuat kamu betah berlama-lama.

Harga Tiket Air Terjun Kabut Pelangi

Benar-benar menakjubkan, Via Instagram malangrayatour
Benar-benar menakjubkan, Via Instagram malangrayatour

Harga tiket masuk ke Air Terjun Kabut Pelangi terbilang murah. Per Juni 2018, harga tiket masuknya Rp5.000 sementara itu untuk biaya parkir motor Rp5.000 juga. Tidak ada biaya lain yang ditarik. Biasanya juga ada beberapa warung yang buka di jalur ke air terjun, jadi tidak perlu khawatir. Namun untuk jaga-jaga warung belum buka atau libur, jangan lupa bawa perbekalan.

Tips Menuju ke Air Terjun Kabut Pelangi

Ayo segera berkunjung, Via Instagram yudilink
Ayo segera berkunjung, Via Instagram yudilink

Buat kamu yang ingin jelajah Air Terjun Kabut Pelangi, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan supaya perjalanan makin menyenangkan.

  • Olahraga tipis-tipis karena menempuh perjalanan cukup panjang
  • Pastikan kondisi tubuh prima karena akan melakukan perjalanan yang cukup melelahkan
  • Pakai alas kaki yang tepat dan kuat
  • Bawa perbekalan, setidaknya air putih
  • Bawa payung jika tidak ingin terlalu basah
  • Penuhi isi baterai gadget

Itulah hal-hal yang perlu untuk kamu ketahui jika ingin berkunjung ke Air Terjun Kabut Pelangi. Semoga perjalananmu menyenangkan ya.

Tags
air terjun kabut pelangi alam indonesia Jawa Timur Lumajang
Share