5 Air Terjun Tersembunyi di Sumbawa yang Bikin Kamu Terpana

Advertisement

Sumbawa merupakan pulau yang berhasil mencuri perhatian dunia. Bukan lagi karena pantai berpasir putihnya, tapi banyak turis yang datang ke pulai ini karena terpana dengan keindahan Pulau Moyo. Yap, surga kecil yang menjadi tujuan destinasi artis dunia. Tak hanya Pulau Moyo, ternyata Sumbawa juga memiliki air terjun tersembunyi yang eksotis. Kamu pun bakalan terpana dengan keindahannya.

Air Terjun Ai Beling

Air Terjun Ai Beling
Air Terjun Ai Beling [image source]
Namanya cantik, namun ternyata memiliki arti lain yaitu air yang berbicara. Konon, nama air terjun ini diberikan karena sering terdengar suara tangisan seorang perempuan yang dipercaya berasal dari arwah seorang putri yang bunuh diri karena pernikahannya dengan seorang lelaki ditentang oleh ayahandanya. Pun menyeramkan, kamu pun bakalan lupa dengan cerita horor tersebut. Yap, air terjun yang terletak di Dusun Kuang Amo, Desa Sempe, Brang Rea, Kecamatan Moyo Hulu ini memiliki lanskap sempurna untuk menyatu dengan alam. Nah, berniat untuk liburan ke sini? Cukup dekat dengan bandara lho!

Air Terjun Ai Beling Sumbawa
Air Terjun Ai Beling Sumbawa [image source]
Nama : Air Terjun Ai Beling
Alamat : Semamung, RT. 10 RW. 04, Moyo Hulu, Sempe, Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Telepon : (0371) 22727

Air Terjun Di Wu Mbai

Air Terjun Di Wu Mbai
Air Terjun Di Wu Mbai [image source]
Air terjun menawan berikutnya terletak di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa. Adalah air terjun Di Wu Mbai, objek wisata alam dengan pemandangan keren dan pas banget buat kamu yang hobi berpetualang. Air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 3 meter saja loh. Meski begitu, loncat dari ketinggian itu ke kolam yang ada di bawahnya bener-bener bikin adrenalinmu terpacu. Kerennya, air terjun ini sudah tersedia tali yang diikatkan pada sebuah pohon dengan fungsi untuk bergelantungan dan loncat dari atas air terjun. Sebelum sampai ke air terjun Di Wu Mbai ini, kamu bakalan disuguhi pemandangan padang rumput, sawah, dan hutan yang sayang untuk dilewatkan buat foto-foto. Wah, keren kan?

Air Terjun Di Wu Mbai Sumbawa
Air Terjun Di Wu Mbai Sumbawa [image source]
Nama : Air Terjun Di Wu Mbai
Alamat : Desa Labuan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat

Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu [image source]
Nah, kalau yang satu ini adalah air terjun yang pernah bikin mendiang Putri Diana terkesima, yaitu Air Terjun Mata Jitu. Dan lagi-lagi air terjun ini berada di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa. Air terjun Mata Jitu dipercaya telah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Air terjun dengan perpaduan warna yang indah ini memiliki empat undak batu dan tujuh kolam di bawahnya. Daya tarik yang sangat menawan terletak dari stalaktit dan stalakmit yang menempel pada dinding air terjun yang telah terbentuk sejak jaman Dinosaurus. Pantas jika keindahan air terjun ini tak hanya jadi primadona wisatawan dalam negeri, tapi juga luar negeri. Hebat kan? Disebut mata jitu, karena air yang jatuh dari atas tepat mengenai kolam di bawahnya.

Air Terjun Mata Jitu Sumbawa
Air Terjun Mata Jitu Sumbawa [image source]
Nama : Air Terjun Mata Jitu
Alamat : Desa Labuan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat

Air Terjun Kalela

Air Terjun Kalela
Air Terjun Kalela [image source]
Liburan ke Sumbawa paling asyik menyantap kulinernya yang lezat. Sebut saja Sepat, makanan berkuah berbahan ikan yang dibakar. Namun sebelum menyantap kuliner satu ini, jangan lupa untuk mampir ke Air Terjun Kalela. Ya, Air Terjun Kalela terletak di Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat ini menawan karena memiliki air bening bak kaca. Terkadang airnya bisa berwarna biru terkena pancaran matahari. Nah, saat liburan ke sini kamu bakalan puas berenang layaknya berada di air terjun pribadi.

Air Terjun Kalela Sumbawa
Air Terjun Kalela Sumbawa [image source]
Nama : Air Terjun Kalela
Alamat : Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat

Air Terjun Agal

Air Terjun Agal
Air Terjun Agal [image source]
Kalau air terjun yang satu ini bisa dibilang masih paling perawan. Karena letaknya yang tersembunyi di balik rimbunnya hutan tropis Indonesia, membuat air terjun satu ini jarang dijamah orang. Berada Pegunungan Agal, air terjun tersebut mempunyai akses yang sangat menantang dan ketinggian yang lumayan yaitu sekitar 100 meter. Kamu harus mengarungi sungai selama kurang lebih 15 menit untuk bisa sampai ke sini. Kendati perjalanan cukup sulit, namun tidak akan kecewa sesampainya di sini. Pemandangan yang luar biasa sangat cocok untuk kamu yang hobi berswafoto.

Air Terjun Agal Sumbawa
Air Terjun Agal Sumbawa [image source]
Nama : Air Terjun Agal
Alamat : Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Sekarang sudah tahu kan kalau Sumbawa punya air terjun keren dan masih tersembunyi. Nah, kamu yang hobi berpetualang, wajib datang ke sini!

Advertisement
Tags
Air Terjun Nusa Tenggara Barat Sumbawa
Share