7 Air Terjun di Sumba Timur, Tidak Terlalu Tinggi Tapi Bikin Jatuh Hati

Advertisement
Advertisement

Tujuh air terjun di Sumba Timur berikut ini punya kriteria yang sama; mereka tidak tinggi, tetapi bisa bikin jatuh hati. Alirannya cenderung menenangkan, dengan pemandangan di sekitar yang masih asri, lokasi penuh air ini harus jadi destinasi wisata Teman Traveler selanjutnya. Apa saja memangnya? Simak deh kalau gitu!

1. Air Terjun Koalat

Bermain Air di Bawahnya Gak Akan Bikin Kualat
Bermain Air di Bawahnya Gak Akan Bikin Kualat via Instagram/sumbaadventureclub

Air terjun di Sumba Timur yang satu ini, terletak di Desa Maidang, Kecamatan Kambatta Mapambuhangu. Jaraknya sekitar 70 Km dari Waingapu. Air terjun ini tidak tinggi, namun airnya cukup deras. Pemandanganya asri, bikin betah lama-lama main air di sana.

2. Air Terjun Kanabu Wai

Tahan Gak Sama Keindahan Air Terjun Kanabu Wai
Tahan Gak Sama Keindahan Air Terjun Kanabu Wai via Instagram/mas.indr4

Air terjun Kanabu Wai berada di Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung. Jaraknya lebih jauh dari Waingapi dibandingkan dengan Air Terjun Koalat, yaitu 130 Km. Aliran air pada destinasi wisata ini sama-sama tidak terlalu tinggi. Namun, Teman Traveler akan menemukan perpaduan yang tepat antara air mengalir dan bebatuan yang ada di sekitar lokasi.

3. Air Terjun Waimarang

Serasa Punya Kolam Pribadi di Air Terjun Waimarang
Serasa Punya Kolam Pribadi di Air Terjun Waimarang via Instagram/ruthcbasa

Air Terjun Waimaarang, bentuknya sangat unik. Airnya mengalir di antara sela batu. Di ujung air terjun terdapat kolam yang menampung air. Kolam tersebut dikelilingi batuan alami yang cocok dengan warna biru air terjun. Luar biasa! Berenang di sini, seperti di kolam pribadi.

4. Air Terjun Tanggedu

Air dengan Tangga Batuan Alami di Air Terjun Tanggedu
Air dengan Tangga Batuan Alami di Air Terjun Tanggedu via Instagram/zindan_habsyi

Air terjun di Sumba Timur yang terletak di Desa Tanggedu, Kanatang, Sumba Timur, mengalir di antara batu-batu yang membentuk tangga alami. Entah bagaimana ia tercipta, yang jelas Teman Traveler akan bisa jatuh cinta seketika.

5. Air Terjun Kolam Jodoh

Tahan, Keindahan Air Terjun Kolam Jodoh Setia Menunggu Seperti Jodohmu
Tahan, Keindahan Air Terjun Kolam Jodoh Setia Menunggu Seperti Jodohmu via Instagram/yohandratukore

Ayo siapa yang lagi nunggu jodoh? Di Sumba, ada lho air terjun dengan nama Kolam Jodoh. Apakah setelah berkunjung ke sini, Teman Traveler akan mendapat jodoh? Rahasia. Yang tidak rahasia, lagi-lagi adalah kecantikannya. Di sini, terdapat kolam yang menampung jatuhan Air Terjun Kolam Jodoh. Seperti shower pribadi. Menyenangkan!

6. Air Terjun Gunung Meja

Air yang Jernih di Air Terjun Gunung Meja Siap Menangkapmu
Air yang Jernih di Air Terjun Gunung Meja Siap Menangkapmu via Instagram/moferz_ankara

Gunung Meja, nama yang cukup unik ya, Teman Traveler. Begitu pun dengan lokasi air terjun ini berada. Kriterianya sama seperti Kolam Jodoh, di lokasi ini terdapat jacuzzi alami dengan air yang biru menandakan kejernihanya. Berendam lama-lama, gak jadi soal!

7. Air Terjun Hirumanu

Air Terjun Hirumanu, Berundak dan Cantik
Air Terjun Hirumanu, Berundak dan Cantik via Instagram/yukalatif

Terakhir, air terjun di Sumba Timur yang sama-sama tidak terlalu tinggi tapi punya sihir adalah Air Terjun Hirumanu. Dibandingkan ke enam lokasi lain, ia bisa dikatakan lumayan tinggi. Teman Traveler akan melihat aliran air pada batu-batu yang ditumbuhi tetumbuhan. Air terjun ini berundak, karena di bagian atas, juga terdapat aliran yang menuju bawah.

Dari tujuh air terjun di Sumba Timur, yakin deh semua pasti ingin segera Teman Traveler kunjungi, kan? Basah-basahan sambil menikmati alam Sumba Timur yang eksotis, sangat luar biasa untuk menyegarkan badan dan kepala.

Advertisement
Tags
air terjun di sumba timur Indonesia Nusa Tenggara Timur Sumba Timur Wisata
Share