Air Terjun di Sekitar Gunung Raung, Tawarkan Kesegaran Sebelum Hadapi Medan Terberat Sebuah Pendakian

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Sebagai salah satu gunung dengan jalur pendakian terberat di Indonesia, Gunung Raung punya pesona lain. Adalah air terjun yang mengalir, menjadi bagian dari dirinya yang megah itu. Hadirnya air terjun di sekitar Gunung Raung, menawarkan kesegaran sebelum Teman Traveler menghadapi medan pendakian yang cukup berat. Di mana saja, ya? Berikut informasihnya untuk Teman Traveler semua.

1. Air Terjun Telunjuk Raung

Magis, Air Terjun Telunjuk Raung via Instagram
Magis, Air Terjun Telunjuk Raung via Instagram/ prdndwi

Air Terjun Telunjung Raung, merupakan surga kecil yang ada di kaki Gunung Raung, Banyuwangi. Selain terkenal dengan medannya yang berat, gunung satu ini juga terkenal dengan kemistisannya. Meski begitu, air terjun di sekitar kawasan ini jauh dari kesan seram. Yang ada hanya segar, sejuk dan keasrian.

2. Air Terjun Lider

Lingkungan yang Masih Asri di Air Terjun Lider
Lingkungan yang Masih Asri di Air Terjun Lider via Instagram/ rif.ki

Air terjun di sekitar Gunung Raung satu ini punya tinggi sekitar 60 meter. Terletak di 1300 mdpl, udara di sekitar air terjun ini sejuk dan dingin. Uniknya, di bagian sisi air terjun utama, terdapat air terjun lain yang lebih kecil. Ini, membuat Air Terjun Lider bertambah kecantikannya. Ia berada di Hutan Lindung Petak 74 Blok Lider, lereng timur Gunung Raung. Karena itu, ia dipanggil dengan nama serupa, sesuai lokasinya.

3. Air Terjun Rowosari

Salah Satu Air Terjun di Rowosari
Salah Satu Air Terjun di Rowosari via Instagram/ digo.lho

Warga Desa Rowosari, seperti beruntung memiliki banyak air terjun di desanya. Desa yang masuk dalam Kecamatan Sumberjambe ini, memiliki sekitar 7 air terjun yang dapat Teman Traveler nikmati. Suasana di sekitar air terjun Rowosari, segarnya tidak kira-kira. Hanya, hati-hati saat menujunya ya. Sebab, beberapa permukaan jalan masih cukup licin.

4. Air Terjun Pertemon

Uniknya Air Terjun Pertemon, Ada di Tebing Batu yang Tinggi via Instagram
Uniknya Air Terjun Pertemon, Ada di Tebing Batu yang Tinggi via Instagram/ rokhiis_

Keunikan air terjun di sekitar Gunung Raung satu ini berada di balik tebing. Air Terjun Pertemon, secara dramatis jatuh di atas tebing yang saling mengapit. Deras alirannya membentuk kolam dengan kedalaman 1 meter. Lingkungan di sekitar air terjun ini, asri dan sejuk. Bikin betah! Sebuah kesegaran yang harus disambangi sebelum nanjak Gunung Raung!

5. Air Terjun Kembar Arum

Air Terjun Kembar Arum via Instagram
Air Terjun Kembar Arum via Instagram/ tuanmuda_traveller

Berada di lereng Gunung Raung, Air Terjun Kembar Arum memiliki suasana yang tenang, sehingga nyaman sekali untuk menyegarkan pikiran. Suhu udara di sekitar air terjun ini juga masih sangat sejuk. Sama seperti udara khas di kawasan wisata alam lainnya. Air Terjun Kembar Arum berada di kawasan Kampung Timur Corah. Ia merupakan jenis dengan aliran yang deras dan stabil, meski tidak terlalu tinggi.

6. Air Terjun Tirto Kemanten

Bersanding Seperti Pengantin via Instagram
Bersanding Seperti Pengantin via Instagram/ ferdiozom

Air terjun di sekitar Gunung Raung satu ini lebih dikenal dengan sebutan Air Terjun Wonorejo. Lokasinya ada di Dusun Wonorejo, Kalibaruwetan. Keistimewaan yang akan Teman Traveler rasakan sesaat sampai di sini adalah dua air terjun dengan tinggi hampir sama: yaitu 10 meter. Keduanya hanya dipisahkan oleh batu yang besar. Karena itulah, ia dinamakan Kemanten. Laksana pengantin pria dan wanita yang sedang duduk berdampingan.

Dengan medan pendakian yang berat, Gunung Raung punya pesona lain yang dapat menyegarkan. Sebelum benar-benar mendaki, main-main ke air terjun di sekitar Gunung Raung bisa menjadi tambahan energi lho. Ada cerita menarik dari pendakian Teman Traveler? Kisah paling seru bisa dapat hadiah kece dari Travelingyuk, lho.