Air Terjun di Kalimantan Timur, Keindahan yang Jarang Terekspos

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Kalau sinar matahari lagi terik-teriknya, paling enak mendinginkan diri dengan mampir ke sejumlah tempat wisata ketika berakhir pekan. Berkunjung ke air terjun menjadi opsi yang tepat untuk refreshing dari kesibukan. Jika Teman Traveler keliling wisata Borneo, inilah daftar air terjun di Kalimantan Timur yang bisa kalian jadikan referensi. Intip dafarnya yuk!

Air Terjun Berambai, Samarinda

Air terjun di Kalimantan Timur, via Instagram/alam_adam27

Walaupun dikenal akan kawasan perkotaan, ternyata ibu kota provinsi Kalimantan Timur ini juga menyimpan keindahan alam yang cantik salah satunya Air Terjun Berambai. Memiliki suasana yang masih terjaga kealamiannya, tempat satu ini juga sering dijadikan sebagai lokasi camping ground.

Letaknya berada di Sempaja Utara dan telah tersedia papan petunjuk di pinggir jalan bagi wisatawan yang ingin kemari. Namun aksesnya masih terasa sulit karena kondisi jalan yang cukup rusak dan berlubang. Teman Traveler harus lebih berhati-hati ya.

Air Terjun Tembinus, Paser Utara

Air terjun Tembinus, via Instagram/murdi.al.usman

Keajaiban alam lainnya bisa kalian temui di Air Terjun Tembinus yang berada di Sepaku, Penajam, Paser Utara. Wisata Kalimantan Timur yang tersembunyi satu ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Namun perlu perjuangan dan waktu yang cukup lama untuk sampai ke lokasi.

Jika berangkat dari Penajam Paser Utara kalian harus menempuh perjalanan selama 4 jam. Walau begitu jangan merasa kecewa karena rasa lelah akan terbayar dengan kesejukan yang ditawarjan dari Air Terjun Tembinus.

Jantur Ataai, Kutai

Jantur Ataai, via Instagram/keenanmukti

Dinamakan Jantur Ataai karena aliran airnya berasal dari sungai Ataai. Letaknya berada di Desa Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Binggung, Kabupaten Kutai Barat. Tinggi ari terjun mencapai 20 meter dengan ukuran kolamnya yang luas dan kedalaman sedang.

Teman Traveler bisa menghabiskan waktu hanya untuk sekedar berenang, berendam, atau sekedar bermain air. Butuh waktu selama 40 hingga 50 menit dari Kampung Linggang menuju Jantur Atai dan lokasi bisa dicapai dengan kendaraan roda dua.

Jantur Mapan, Kutai

Jantur Mapan, via Instagram/davidakashi

Satu lagi air terjun indah bisa kalian jumpai di Kutai Barat yakni Jantur Mapan yang berlokasi di Jl. Sengkereaq Lacaaq, Kampung Linggang Mapan. Tempat wisata satu ini bersembunyi dibalik belantara Kalimantan.

Tidak susah untuk menjangkau air terjun karena letaknya berada di pinggir jalan poros Kecamatan Barong Tongkok-Linggang Bigung. Setelah memarkirkan kendaraan, wisatawan harus menuruni sejumlah anak tangga lebih dulu untuk kemudian disambut dengan semburan air dari Jantur Mapan. Diperkirakan tingginya mencapai 10 meter.

Makin tertarik untuk merasakan kesegaran dari sejumlah air terjun yang ada di Kalimantan Timur tadi? Mana yang paling ingin Teman Traveler kunjungi?