Air Terjun Benowo, Hidden Gem dari Purworejo

Bermain ke air terjun memang sedikit tricky karena bergantung pada cuaca. Belum lagi jika air terjun yang dikunjungi mendapat aliran dari
sungai dan hanya deras saat musim hujan. Ada juga yang lokasinya cukup sulit dijangkau. Namun Air Terjun Benowo punya sederetan alasan untuk dikunjungi.

Bukan tak mungkin usai melakukan upaya besar demi menuju air terjun, ternyata debit airnya sedang kecil. Sementara jika menunggu musim hujan, cuaca malah tidak mendukung dan batal. Padahal niat sudah terkumpul.

Air Terjun Benowo (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Tapi tenang, ada solusinya. Teman Traveler bisa mengunjungi air terjun yang alirannya tak berasal hujan. Sepanjang tahun akan selalu deras dan tampak luar biasa. Salah satunya ada di Purworejo.

Lokasi Tersembunyi

Bunga di Air Terjun Benowo (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Mendengar nama Air Terjun Benowo mungkin banyak yang teringat Curug Benowo di Semarang. Meski memiliki nama sama persis curug (air terjun dalam bahasa Jawa) satu ini mendapat sebutan demikian karena lokasinya berada di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Mencapai Desa Benowo ini perlu perjuangan berat karena jaraknya cukup jauh dari jalan utama Purworejo – Magelang. Jalan yang ditempuh juga bukan jalan aspal mulus, melainkan sedikit berlubang dengan banyak
tikungan, tanjakan, serta turunan.

Derasnya arus di Air Terjun (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Begitu sampai di Desa Benowo, mungkin Teman Traveler akan sedikit terjekut. Pasalnya, air terjun ini tidak berada di tengah hutan melainkan di belakang rumah warga. Betul, kalian tidak salah baca, benar-benar ada di
halaman belakang kediaman salah seorang warga desa. Dari tempat parkir menuju curug pun juga melewati harus melewati beberapa rumah.

Suara Jatuhnya Air yang Menenangkan

Pengunjung berfoto di depan curug (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Lokasi wisata Purworejo satu ini yang cukup sulit dijangkau membuat Air Terjun Benowo belum begitu banyak dikunjungi wisatawan. Di sisi lain, hal ini justru jadi poin plus karena suasana sekitar terasa lebih tenang. Teman Traveler hanya akan ditemani suara deru air yang jatuh dari atas dan menghempas tanah

Pengunjung berselfie di sekitar air terjun (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Teman Traveler bisa bersantai sambil duduk berdua bersama pasangan di bangku-bangku yang sudah disediakan. Bercengkrama sembari diiringi kesejukan udara dan air. Tentu bakal jadi pengalaman liburan yang tak ternilai harganya.

Meski tingginya tak lebih dari 10 meter, suasana pedesaan dan syahdu yang ditawarkan menjadi nilai lebih. Apalagi pengunjung juga diperbolehkan mandi langsung di bawah guyuran airnya. Sungguh menyenangkan bukan?

Itulah sedikit ulasan mengenai kecantikan Air Terjun Benowo, salah satu hidden gem di Purworejo. Jika Teman Traveler sedang mencari lokasi liburan yang menawarkan suasana syahdu, air terjun Indonesia satu ini bisa jadi pilihan.

Tags
air terjun benowo kontributor Purworejo Travelingyuk wisata purworejo
Share