Parade Air Terjun Bak Jatuh dari Surga Saking Indahnya dari Instagram Indonesia Paradise

Ada banyak cara untuk melihat seperti apa dunia. Jika kamu belum memiliki kesempatan untuk berangkat dan menggunakan mata kepala sendiri, gunakan saja orang lain. Dengan kata lain, kita melihat dari foto atau video yang dibagikan melalui berbagai media mulai dari televisi hingga aplikasi sosial media seperti Instagram. Banyak kok, akun-akun yang menampilkan berbagai penampakan surga alam raya ini.

Ada lautan, puncak-puncak pegunungan, hingga kehidupan di kedalaman samudera. Bagi kamu yang ingin menyaksikan derasnya air terjun, Travelingyuk telah mengumpulkan beberapa fotonya dengan bantuan akun Instagram @indonesia_paradise. Biar kamu nggak penasaran, langsung saja berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Air Terjun Toroan

Air Terjun Sampang [image source]
Air Terjun Toroan [image source]

Air Terjun ini memiliki keunikan karena posisinya berada di pinggir pantai. Aliran airnya pun langsung menjadi bagian dari lautan. Tingginya sekitar 20 meter di bagian bawahannya terdapat kolam air yang warnanya biru kehijauan, hampir menyerupai laut. Meski berada di pantai, tapi ada pohon-pohon di sekelilingnya yang tumbuh rimbun menciptakan suasana yang begitu teduh. Jika kamu berada di sini sampai sore hari, maka penampakan matahari terbenam akan tersuguh begitu nyata di depanmu.

Alamat : Sampang, Jawa Timur

2. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu [image source]
Air Terjun Benang Kelambu [image source]

Di tempat ini, nuansa alamnya begitu kental dengan warna hijau. Terdapat tebing-tebing tinggi yang ditutupi oleh tumbuhan. Kemudian aliran air keluar dari celah-celah pepohonan itu menyerupai kelambu putih. Terdapat dua bagian yang terpisah dan sama-sama memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Alamat : Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

3. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi [image source]
Telaga Sunyi [image source]

Kegiatan paling seru di tempat ini ya sesuai namanya, menyendiri dan tenggelam dalam sepi. Merenungi hidup pagar bisa lebih bijaksana. Telaga sunyi memang mendukung digunakan sebagai tempat untuk santai karena dikelilingi oleh hutan dan udara sejuk melimpah ruah. Suara gemericik air memecah kesunyian, tapi tidak menjadi sumber kebisingan namun tampil bak nyanyian alam yang merdu. Sempatkan juga untuk berenang karena airnya jernih dan segar.

Alamat : Banyumas, Jawa Tengah

4. Air Terjun Tanggedu

AirTerjun Tanggedu [image source]
AirTerjun Tanggedu [image source]

Kabupaten Sumba Timur memiliki destinasi wisata yang masih tergolong baru, namun langsung menyita perhatian karena keindahan dan keunikannya. Sebut saja tempat tersebut Air Terjun Tanggedu, berada di bagian utara Kota Waingapu, Tepatnya di wilayah Desa Mondu. Kamu harus melakukan perjalanan dari desa tersebut sejauh 10 km menggunakan kendaraan dan 2 km berjalan kaki. Memang tidak terlalu tinggi, namun keunikan terlihat pada dinding-dinding tebing yang terukir secara alami.

Alamat : Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

5. Curug Cikondang

Curug Cikondang [image source]
Curug Cikondang [image source]

Curug Cikondang adalah air terjun yang dikelilingi oleh persawahan. Kamu bisa melihat aktivitas penduduk setempat dalam mengelola lahan mereka. Selain itu, lokasi Curug Cikondang berada tak jauh dari area perkebunan teh milk PTP VIII Panyairan. Karena menerima aliran air dari sungai, maka debitnya cukup deras bahkan saat musim kemarau sekalipun. Konon nama Cikondang diambil dari pohon kandang yang bisa tumbuh besar hingga 40 meter.

Alamat : Cianjur, Jawa Barat

6. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung [image source]
Curug Cibaliung [image source]

Jika datang ke kawasan wisata Curug Leuwi Hejo, sempatkan mampir ke Curug Cibaliung karena keindahannya nggak kalah dari destinasi lain di tempat itu seperti Curug Leuwi Hejo, Curug Barong, Curug Leuwi Cipet, hingga Curug Leuwi Lieuk. Untuk sampai di tempat ini kamu harus menempuh medan yang sulit, namun setelah sampai kamu akan kagum dengan kecantikannya. Gemericik air tumpah dari tebing yang tidak terlalu tinggi. Justru pesona utama terletak pada kolam berair jernih yang memperlihatkan gradasi warna hijau dan biru.

Alamat : Bogor, Jawa Barat

7. Air Terjun Jumong

Air Terjun Jumong [image source]
Air Terjun Jumong [image source]

Air Terjun Jumomg memiliki ketinggian sampai 30 meter. Jika beruntung, kamu akan melihat pelangi membentang di sisi tebing ke tebing yang lainnya. Meski terletak jauh di pedalaman, namun fasilitas untuk wisatawan di tempat ini tergolong lengkap. Ada area bermain, kolam renang hingga gazebo untuk tempat beristirahat. Penduduk setempat menjuluki Air terjun Jumong ini sebagai surga yang hilang

Alamat : Karanganyar, Jawa Tengah

8. Air Terjun Wana Ayu

Air Terjun Wana Ayu [image source]
Air Terjun Wana Ayu [image source]

Kita mengarah ke Pulau Dewata, tepatnya di wilayah Buleleng. Masyarakat setempat menamainya dengan sebutan Air Terjun Wana Ayu. Sesuai dengan namanya, terdapat kecantikan alami di mana-mana. Lokasinya dekat dengan pemukiman warga, bahkan suara aliran air yang menghantam batu-batu terdengar jelas dari area parkir. Ketinggiannya sekitar 35 meter dengan kedalaman kolam setinggi pinggang orang dewasa, aman untuk mandi

Alamat : Buleleng, Bali

9. Curug Omas

Curug Omas [image source]
Curug Omas [image source]

Curug Omas mengalirkan sungai Cikawari dan memiliki ketinggian 30 meter, sedangkan kolam di bawahannya dalamnya sampai 10 meter. Karena sangat deras, maka berenang di tempat ini sangatlah berbahaya. Di bagian atas, terdapat jembatan kecil. Dari sinilah para pengunjung bisa melihat sisi lain air terjun, bahkan juga bisa merasakan terpaan angin yang membawa bulir-bulir air.

Alamat : Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

10. Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak [image source]
Air Terjun Bah Biak [image source]

Namanya memang kurang pupuler dan mungkin baru pertama kali kamu dengar. Letaknya bersebelahan dengan Kebun The Sidamanik dan hanya berjarak satu kilometer dari jalan raya. Parkirkan kendaraanmu di area kebun teh, setelah itu berjalan melewati jalur berbatu yang licin dan terjal.

Alamat : Sidamanik – Sumatera Utara

Itulah beberapa air terjun yang direkomendasikan oleh Indonesia Paradise. Mengenai tempat-tempat lain yang nggak kalah keren, kamu bisa mengintip langsung ke akun Instagramnya.

Tags
Air Terjun Alam
Share