Keindahan Tak Tertandingi di Air Terjun Benang Stokel, Lombok

Advertisement

Lombok Tengah tak hanya terkenal dengan kawasan wisata Mandalika yang penuh dengan deretan pantai indah, tapi juga terdapat wisata air terjun yang patut dijelajahi. Air terjun biasanya merupakan objek wisata yang sangat disukai. Selain udaranya biasanya sejuk karena berada di area pegunungan, air terjun juga menjadi sarana travel yang back to nature dan menyenangkan. Namun mungkin hanya air terjun Benang Stokel yang paling istimewa di Indonesia ini.

Apa alasannya? Rupanya, objek wisata Lombok yang berlokasi di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah ini memiliki guyuran air yang bertingkat-tingkat. Jadi tidak hanya ada satu air terjun tapi cukup banyak dan airnya tersebar di beberapa tempat, sungguh indah!

Air Terjun Benang Skotel (c) www.nusapedia.com
Air Terjun Benang Skotel (c) www.nusapedia.com

Air mengalir dari sela-sela dedaunan yang tumbuh di tebing tinggi. Tidak hanya jernih, tapi bersih dan juga banyak yang ramai-ramai bermain air dan mandi di sana. Ada legenda bahwa dulu air terjun Benang Stokel adalah tempat mandi Dewi Cantik bernama Dewi Anjani.

Berbeda dengan air terjun lain yang airnya mengalir deras dan seperti tumpah, air terjun Benang Stokel yang dalam bahasa Sasak berarti segumpal benang ini mengalir lembut dari bebatuan dan tebing di sana. Ketinggiannya yaitu 552 di atas permukaan laut, jadi udaranya cukup dingin.

Air Terjun Benang Skotel Berada di ketinggian 552 di atas permukaan laut (c) panoramio
Air Terjun Benang Skotel Berada di ketinggian 552 di atas permukaan laut (c) panoramio

Air terjun Benang Stokel berada di kawasan Taman Nasional Guung Rinjani. Bagi Anda yang ingin travel ke sana, lebih baik berangkat pagi hari dengan menggunakan jasa tour and travel agent agar tidak bingung dan lebih mudah. Jarak tempuhnya juga tidak terlalu jauh hanya sekitar 45 menit saja dari kota Praya.

Jika sudah mulai sore, lebih baik segera pulang sebelum kabut tebal dan nanti semakin dingin. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau tidak sampai 5 ribu rupiah. Jangan lupa mampir ke objek wisata Lombok ini ya!

Advertisement
Tags
Air Terjun Lombok traveling
Share