Menyambangi Air Terjun Agal, Megah di Tengah Belantara

Pernahkah Teman Traveler mendengar soal Air Terjun Agal? Wajar jika nama terdengar asing di telinga sebagian besar kalian. Namun jangan salah, destinasi di Dusun Beru, Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa ini layak masuk daftar air terjun tertinggi di Indonesia.

Aliran air di Agal menjulang begitu tinggi, tak kalah dari wisata Sumbawa yang lain. Keindahannya juga seindah air terjun populer, seperti Air Terjun Sigura-gura, Madakaripura, maupun Nokan Nayan. Penasaran seperti apa pesona kawasan ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Menembus Kedalaman Hutan

Papan di gerbang masuk air terjun via Instagram.com/rosyidsinatra

Minimnya referensi terkait Air Terjun Agal membuat kabar soal destinasi ini masih simpang siur. Berada di kawasan hutan tropis Gunung Agal, medan menuju tempat ini cukup menantang. Teman Traveler wajib melakukan trekking hampir dua jam, menembus kedalaman hutan.

Dari Sumbawa Besar, Air Terjun Agal bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih dua jam 45 menit. Durasi tersebut termasuk penyebrangan dari Pelabuhan Poto Tano menuju eks Terminal Alas, dilanjutkan ke arah timur menuju Desa Marente – kurang lebih lima kilometer dari pusat kecamatan.

Harmonisasi Keseimbangan Alam

Sungai yang harus dilalui sebelum menuju air terjun via Instagram.com/rosyidsinatra

Sepanjang perjalanan Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan hutan tropis khas Indonesia. Deretan pohon berukuran raksasa tampak menjulang tinggi hingga ratusan meter. Suasana purba begitu terasa ketika kalian menjelajah kawasan sekitar sini.

Menembus hutan tropis via Instagram.com/sayidhasbiallah

Semakin dalam menembus hutan, rasa ingin tahu Teman Traveler akan makin besar. Kalian bakal harus menyebrangi sungai, menginjak bebatuan kecil, melewati gugusan batu besar, dimanja suara deras aliran sungai, serta kicauan burung. Musikalisasi alam yang benar-benar memberikan ketenangan selama perjalanan menuju Agal. Sebuah harmonisasi yang menakjubkan.

Destinasi Perawan

Menyusuri arus sungai via instagram.com/thelangkahtravel

Air Terjun Agal masuk dalam kawasan hutan lindung dan jadi sumber air utama bagi masyarakat Desa Marente. Oleh karena itu, sebaiknya Teman Traveler ikut menjaga kelestarian dan keelokan kawasan sekitar. Sebab air terjun ini merupakan sumber kehidupan penduduk setempat.

Pesona megah air terjun via instagram.com/thelangkahtravel

Bagi Teman Traveler yang penasaran dan ingin berkunjung ke sini, kalian bisa mandi di sini. Namun ingat, pantang membasuh diri menggunakan produk berbahan kimia. Selain itu jangan mencoret pohon dan batuan, maupun meninggalkan sampah sembarangan.

Itulah sedikit ulasan mengenai indahnya Air Terjun Agal di Sumbawa Besar. Bagaimana, adalah di antara Teman Traveler yang tertarik menjelajah air terjun ini?

Tags
kontributor Sumbawa Barat Travelingyuk wisata sumbawa barat
Share