Mengenal Air Nabeez, Rendaman Kurma Kegemaran Rasulullah SAW

Kurma termasuk salah satu tanaman palma yang kurang begitu populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan jumlah petani kurma di tanah air tidak terlalu banyak. Padahal kurma bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, termasuk membuat air nabeez yang konon menjadi kegemaran Rasulullah SAW.

Konsumsi kurma di Indonesia sendiri tergolong cukup tinggi. Apalagi memasuki bulan Ramadan dan musim Haji. Penasaran soal beragam manfaat kurma dan air nabeez? Simak pemaparan dari kontributor Travelingyuk, Ariyanti Dwi Kumalasari.

Air Nabeez yang Berkhasiat

Air rendaman kurma
Air rendaman kurma via Instagram bun_tty

Air rendaman kurma atau biasa dikenal dengan air nabeez mungkin masih sangat asing bagi sebagian orang. Padahal sajian ini sudah ada dan dikenal sejak jaman Rasulullah SAW. Hal tersebut bahkan sempat diriwayatkan oleh Imam Muslim :

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim)

Pembuatan Air Nabeez

Kurma punya banyak manfaat
Kurma punya banyak manfaat via Instagram phonnyfrida

Seperti yang sudah diriwayatkan sebelumnya, membuat air nabeez sangat mudah. Cukup rendam beberapa butir kurma (sudah dibuang bijinya) ke dalam air matang di wadah tertutup. Biarkan selama 12 jam. Setelah itu air nabeez bisa langsung diminum. Buah kurma yang mulai melunak dapat langsung dimakan tanpa dikunyah.

Air nabeez yang sudah jadi sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari tiga hari (sudah disimpan terlebih dahulu dalam lemari es). Lebih dari itu, air nabeez dikhawatirkan berubah menjadi khamr dan haram diminum. Kandungannya akan sama dengan minuman fermentasi yang mengandung alkohol.

Kurma infused water
Kurma infused water via Instagram veeulfia

Selain kurma, air nabeez juga bisa dibuat menggunakan kismis. Namun perlu diingat, jangan merendam kurma dengan kismis sekaligus. Kandungannya akan berbeda dan air rendaman tidak lagi memiliki khasiat khusus.

Manfaat Air Nabeez

Nabeez water
Nabeez water via Instagram nadaassegaf

Meskipun sederhana dan cara membuatnya mudah, air nabeez memiliki segudang manfaat positif untuk tubuh. Beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan daya Tahan Tubuh

Kandungan zat besi dalam kurma akan sangat membantu proses pembentukan hemoglobin dan menjaga kestabilan metabolisme protein. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh bakal meningkat.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Air nabeez memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat dipercaya dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Manfaat lainnya adalah untuk membuang kelebihan asam pada perut dan membantu memulihkan sistem pencernaan.

3. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Air rendaman kurma akan menghasilkan zat alkali. Zat ini dapat membantu menyingkirkan zat toksin (racun) dalam tubuh. Meminumnya secara rutin akan membuat badan menjadi terasa semakin segar.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Kadar kalium tinggi di dalam kurma sangat bagus untuk syaraf-syaraf otak. Mengkonsumsi air nabeez secara teratur dapat meningkatkan memori alias kemampuan mengingat.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Air rendaman kurma ini juga kaya kandungan kalium. Kalium berfungsi membantu menjaga kinerja jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Itulah tadi sederet informasi singkat mengenai cara pembuatan dan manfaat air nabeez.  Bagaimana, ada yang tertarik membuat air rendaman kurma ini dan mengonsumsinya secara teratur?

Tags
kuliner Kurma
Share