Air Mineral Mulai Dijual dalam Kaleng, Dunia Makin Peduli Sampah!

Air mineral kemasan plastik memang sangat praktis. Travel friendly dan mudah ditemukan dimana saja. Namun dampak negatifnya, air kemasan menyumbang sampah yang cukup besar. Dan ini tentu saja menambah polemik sampah yang selama ini dihadapi. Nah, peka dengan isu-isu sampah yang makin menggunung, perusahaan minuman raksasa dari Amerika, PepsiCo memiliki jalan keluar ramah lingkungan. Penasaran seperti apa?

Usaha untuk Mengurangi Sampah Plastik

Air mineral dalam kaleng, via Instagram/hidrotec_eng
Air mineral dalam kaleng, via Instagram/hidrotec_eng

PepsiCo saat ini tengah melakukan uji coba penjualan air mineral di dalam kaleng aluminium yang diberi nama Aquafina di toko-toko ritel. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Ke depannya, akan dijangkau pasar yang lebih luas. Misalnya saja awal 2020 akan menjangkau tempat-tempat menjual makanan cepat saji dan restoran di Amerika Serikat.

Tidak hanya air mineral biasa saja yang kemasannya diganti dengan aluminium. PepsiCo juga menyebutkan produk air mineral premiumnya yakni LIFEWTR juga akan dikemas memanfaatkan botol yang lebih ramah lingkungan.

Aluminium Lebih Ramah dengan Bumi

Contoh kemasan sebelumnya, via Instagram/amanullah617
Contoh kemasan sebelumnya, via Instagram/amanullah617

Dibandingkan dengan kemasan plastik, aluminum jauh lebih ramah dengan alam. Bahan ini bisa didaur ulang dan memiliki jejak lingkungan yang cukup baik dibandingkan dengan plastik. Maka dari itulah, ke depannya kemasan botol plastik di Amerika perlahan-lahan akan diubah memanfaatkan bahan yang lebih ramah dengan alam.

Bukan Ide yang 100 Persen Baru

Polemik sampah, via Shutterstock
Polemik sampah, via Shutterstock

Mengubah kemasan air mineral ini memang bisa dibilang cukup baru. Meskipun begitu, PepsiCo bukanlah yang pertama menggalakannya. Awal bulan Juni 2019 lalu, brand Ever & Ever juga meluncurkan ide serupa. Mengganti kemasan plastik dengan yang mudah didaur ulang. Tentunya ini merupakan contoh-contoh yang bagus untuk perusahaan lainnya supaya menjadi panutan ramah bumi.

Usaha Melestarikan Bumi dari Perusahaan Lain

Usaha mengurangi sampah, via Instagram/usingstroh.co
Usaha mengurangi sampah, via Instagram/usingstroh.co

Tidak hanya PepsiCo yang sekarang ini mulai fokus terhadap lingkungan, perusahaan lainnya juga. Misalnya saja perusahaan kopi populer di dunia, Starbuck juga menghapuskan penggunaan sedotan plastik di tahun 2020 nanti. Tentunya pantas sekali jika kita dukung ya, Teman Traveler.

Kita sebagai traveler yang kerap bepergian, bisa ikut menyumbang untuk menyelamatkan bumi, lho. Misalnya saja yang mudah-mudah seperti halnya membawa botol air minum, sendok, ataupun juga sedotan sendiri. Sepele namun memberikan dampak yang besar.

Tags
air kemasan kaleng air kemasan ramah lingkungan air mineral kaleng
Share