Viral Ikan Terperangkap Sampah Plastik, Hewan-hewan Ini Juga Jadi Korbannya

Akhir-akhir ini, twitter sedang diramaikan oleh pemberitaan menyedihkan dari salah satu laut di Thailand. Yaitu ada seekor ikan cantik yang terperangkap sampah plastik, sehingga tidak bisa berenang dengan leluasa. Nah, kejadian ini sebenarnya bukan peristiwa yang baru, karena sebelumnya ada banyak hewan menjadi korban dari keganasan sampah plastik. Ini daftarnya.

Ikan Terperangkap di Dalam Plastik 

ikan terperangkap sampah plastik
Ikan terperangkap sampah plastik via twitter/@hotradero

Melanjutkan berita di atas, video ikan yang terperangkap di dalam plastik tadi diunggah oleh akun twitter @hotradero. Menurut keterangan, peristiwa ini terjadi di Laut Andaman, Thailand pada Bulan Februari 2019 lalu.

Video yang berdurasi 45 detik tersebut akhirnya mengundang banyak netizen untuk berkomentar. Hampir semuanya mengatakan, apabila laut yang ada di dunia kini sudah terlalu banyak mengandung plastik. Apa yang menimapa ikan cantik berwarna biru ini hanyalah salah satunya.

Paus Mati yang Telah Memakan 5,9 kg Sampah Plastik 

ikan terperangkap sampah plastik
Paus mati menelan 5,9 kg sampah plastik via instagram/medantrending

Hewan lain yang juga menjadi korban sampah plastik adalah paus berjenis Sperm Wale. Pada Bulan November 2018 lalu, paus sepanjang 9,6 meter ini ditemukan mati di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Parahnya, di perut binatang tersebut ditemukan 5,9 kg sampah plastik. Dari sanalah, aktivis Yayasan Lestari Alam Wakatobi memperkirakan penyebab paus mati adalah karena menelan sampah-sampah plastik yang tidak bisa terurai pada sistem pencernaan hewan raksasa ini. 

Penyu Mati karena Sistem Pencernaan Tersumbat Sampah Plastik 

Penyu mati via instagram/irwanjasmoro

Di Bulan Desember 2018 silam, sampah plastik juga membuat penyu kehilangan nyawanya. Fenomena mengenaskan ini terjadi di Pantai Congot, Kulonprogo, Yogyakarta. Ketika ditemukan, penyu ini sudah dalam kondisi tak bernyawa. Terlihat juga ada banyak sampah plastik yang keluar dari pangkal kaki penyu. Kematian penyu ini pun diprediksi karena sistem pencernaan yang tersumbat oleh sampah-sampah plastik. 

Burung Albatros Mati karena Memakan Sampah 

Burung Albatros mati via instagram/wwf 

Organisasi WWF membagikan kabar duka pada Bulan Mei 2019 kemarin. Postingan tersebut berisi foto Burung Albatros yang perutnya dibedah saat kondisinya sudah mati dan ditemukan beberapa sampah. Seperti besi, kancing dan benda-benda plastik berukuran kecil lainnya.

Rupanya,  burung ini mengira sampah-sampah tersebut adalah buruannya. Akibatnya, sampah tersebut tidak bisa dicerna dan burung berwarna putih ini kehilangan nyawanya. 

Sangat miris memang melihat peristiwa ikan terperangkap dan hewan lain yang menjadi korban dari sampah plastik. Oleh karena itu, bagi Teman Traveler yang sedang berkunjung ke tempat wisata manapun, hindari membuang sampah sembarangan. Apabila tidak tersedia tempat sampah, bawalah sementara sampai kalian menemukan tempat pembuangannya. Setuju kan Teman Traveler?

Tags
Hawaii ikan terperangkap sampah plastik Kulonprogo laut andaman news Sulawesi tenggara Thailand Wakatobi Yogyakarta
Share