Air Mancur, Hiburan Malam Gratisan di Tengah Kota

Salah satu bukti kemajuan dari sebuah kota adalah hiburan dan tempat rekreasi yang gratis bagi warga. Karenanya, alun-alun kini sudah banyak yang dibuat cantik dan bersih, juga terawat sehingga bisa dipilih warga untuk menghabiskan akhir pekannya bersama dengan keluarga. Jajanan pun biasanya juga berderet di pinggir alun-alun. Tinggal pilih, deh. Selain itu, air mancur kota juga banyak digemari warga sebagai hiburan murah meriah. Kalau bosan dengan mall dan juga tempat wisata yang jauh dari kota, air mancur bisa dijadikan pilihan, nih. Ini dia air mancur cantik yang ada di beberapa kota besar.

Air Mancur Monas, Jakarta

Air Mancur Monas
Air Mancur Monas (image source)

Monumen Nasional, atau yang lebih dikenal sebagai Monas ini merupakan salah satu ikon penting bagi wisata Jakarta. Selain hutan kota, Monas juga dilengkapi dengar air mancur yang membuat suasana malam hari di lokasi ini semakin menyenangkan. Air mancur yang dibangun sejak 1974 ini sempat mati suri. Padahal Monas merupakan lokasi wisata yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Di tahun 2016, sempat terdengar kabar bahwa air mancur Monas akan kembali diaktifkan. Namun, kabarnya kendala terletak pada biaya yang super mahal. Wah, rindu yang melihat tarian air mancur di Monumen Nasional ini.

Air Mancur Monumen Nasional
Air Mancur Monumen Nasional (image source)

Lokasi : Gambir, Jakarta Pusat

Air Mancur Purwakarta

Air Mancur Terbesar di Asia ada di Purwakarta
Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara ada di Purwakarta (image source)

Air Mancur Sri Baduga  disebut-sebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Nama air mancur diambil dari Raja Pasundan, yaitu Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Atraksi air uga akan dijadikan lokasi event-event besar dunia yang akan diadakan di Indonesia. kamu akan menemukan keunikan bila berkunjung ke sini. Tak hanya warna-warni, di jam-jam tertentu ikon wisata Purwakarta tersebut nampak sedang menari mengikuti irama lagu yang diputar. Sri Baduga yang merupakan karya dari anak bangsa sendiri, tepatnya putra Purwakarta, sangat mencerminkan Indonesia dengan Situ Buleud (bulat) yang berada di tengahnya.

Air Mancur Sri Baduga, Palembang
Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta (image source)

Lokasi : Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta

Air Mancur Mahratu, Riau

Air Mancur Siak, Riau
Air Mancur Siak, Riau (image source)

Yang tak kalah cantik dari Sri Baduga adalah Air Mancur Mahratu yang ada di Riau. Air mancur itu berada tepat di tepian sungai Siak, tepatnya di jalan Ismail, Riau. Air mancur baru diresmikan tahun lalu dan berada di kolam yang cukup luas, yaitu 30×5 meter. Lampunya pun menambah keindahan air mancur saat mulai beraksi. Sayangnya, tak bisa menikmati keindahan air mancur Mahratu setiap harinya. Pertunjukan air mancur, lengkap dengan permainan cahayanya hanya saat akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, mulai pukul 8 malam, selama 30 menit.

Air Mancur Mahratu, Siak, Riau
Air Mancur Mahratu, Siak, Riau (image source)

Lokasi : Kampung Dalam, Siak, Riau

Air Mancur Taman Vanda, Bandung

Air mancur Taman Vanda, Bandung
Air mancur Taman Vanda, Bandung (image source)

Bandung memang kota yang punya banyak taman. Ridwan Kamil, sang walikota sengaja menyediakan banyak taman-taman yang diperuntukkan warga Bandung yang ingin rileksasi murah meriah. Selain taman jomblo, ada juga Taman Vanda yang juga disertai air mancur. Taman ini berlokasi di jalan Merdeka, Bandung. Taman ini sengaja dibangun saat Bandung menjadi lokasi penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di ke 60 tahun 2015 lalu. Ridwan Kamil memang akan menyediakan banyak tempat wisata gratis bagi warganya. Hayoo, harus jaga kebersihan, ya!

Menikmati air mancur Taman Vanda
Menikmati air mancur Taman Vanda (image source)

Lokasi : Jalan Merdeka No. 9, Babakan Ciamis, Sumur Bandung

Air Mancur Kenjeran, Surabaya

Air Mancur Kenjeran
Air Mancur Kenjeran (image source)

Banyak yang melirik Pantai Kenjeran, objek wisata Surabaya dengan sebelah mata. Kawasan ini bahkan tak lagi diingat sebagai pantai. Namun sekarang Kenjeran semakin kece dengan adanya air mancur yang super cantik. Saat malam, air mancur juga akan dihiasi berbagai warna dan cahaya. Serupa dengan air mancur Sri Baduga yang ada di Purwakarta, di sini pun pancaran airnya sesekali akan menari mengikuti irama musik. Spot ini pun akhirnya mampu menarik lagi lokasi Kenjeran sebagai tempat untuk rekreasi murah meriah.

Air Terjun menari Kenjeran
Air Terjun menari Kenjeran (image source)

Lokasi :  Jl. KH Mas Mansyur No.154, Ampel, Semampir, Kota Surabaya 

Wah, air mancur Indonesia ternyata banyak yang cantik dan nggak kalah nih dengan yang ada di Singapura. Bisa nih nongkrong di sini dengan keluarga tercinta. Murah meriah! Bagaimana, setuju kan?

Tags
Air Mancur Bandung Indonesia Jakarta Jawa Barat Jawa Timur kepulauan riau Purwakarta Riau Surabaya
Share