Aia Aka, Mengenal Minuman Berkhasiat Khas Sumbar

Aia Aka adalah salah satu minuman tradisional khas Sumatra Barat (Sumbar) yang cukup populer. Teman Traveler bisa menjumpainya di mana saja, terutama pusat-pusat keramaian. Rasanya cukup menyegarkan, sangat cocok sebagai penawar dahaga di tengah cuaca terik.

Dibuat dari perasan cincau hijau, Aia Aka juga punya banyak manfaat bagus untuk tubuh. Penasaran? Mari Teman Traveler, simak ulasan saya berikut ini.

Berkhasiat untuk Kesehatan

whatsapp_image_2019_09_04_at_18_KR7.jpeg
Daun cincau sebagai bahan utama via Instagram.com/feby_prama_putra

Minuman Aia Aka juga dikenal dengan sebutan ubek tawa. Masyarakat Minang percaya sari pati perasan daun cincau yang mengental punya khasiat positif terhadap kesehatan. Beberapa di antaranya adalah menurunkan panas dalam, menghilangkan perut kembung, bahkan mencegah kanker.

Kandungan kurin-1 dimetoida dalam cincau juga diyakini bisa membuat otot lebih kendur. Sementara senyawa isokandrodendrin dipercaya ampuh mencegah tumor.

Selain cincau sebagai bahan utama, Aia Aka ini juga diracik bersama beberapa bahan seperti telur, gula merah, santan, air daun kacang dan asam. Bagaimana, cukup kaya manfaat bukan? Selain pas disajikan sebagai hidangan penutup, minuman tradisional satu ini juga enak disantap sebagai takjil.

Mudah Dijumpai 

aia aka
Gerobak penjual (c) Nella Mr/Travelingyuk

Berkunjung ke Sumbar, Teman Traveler akan sangat mudah menemukan penjual Aia Aka. Ada yang dijajakan menggunakan gerobak, ada pula yang ditawarkan dengan ember dari satu rumah ke rumah lain.

Cara minumnya pun bervariasi, ada yang diaduk sampai cincaunya hancur kemudian diseduh. Namun ada pula yang memilih menyendok secara perlahan untuk menikmati tiap potongan cincau.

Berbagai Pilihan Rasa

whatsapp_image_2019_09_04_at_19_gbF.jpeg
Bisa juga dipadukan dengan santan dan gula merah via Instagram.com/pujihamzah

Aia Aka biasanya disajikan bersama santan dan cairan gula merah, sebelum diaduk merata hingga cairannya berwarna kecoklatan. Tapi tak sedikit pula yang memilih memadukannya dengan air daun kacang dan asam. Teman Traveler lebih suka yang mana? Tinggal pilih sesuai selera, ya.

Super Murah

aia aka
Berpose di samping gerobak via Instagram.com/rinnasuri

Segelas Aia Aka ini dibanderol dengan harga cukup murah. Teman Traveler cukup bermodal sekitar Rp3.000-4.000-an untuk menikmatinya. Jika ingin dicampur telur ayam kampung atau itik, harganya akan naik jadi sekitar Rp7.000 hingga Rp8.000-an.

Itulah sedikit ulasan mengenai Aia Aka, sebuah minuman tradisional berkhasiat dengan rasa unik. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Sumatra Barat, jangan lupa sempatkan untuk mencicipi sajian satu ini ya.

Tags
aia aka Indonesia kontributor kuliner kuliner sumatra barat Sumatra Barat Travelingyuk
Share