Ngabuburit di Agrowisata Karangsari, Sensasi Cicipi Blimbing Kualitas Unggul

Jika Teman Traveler sedang keliling wisata Blitar, tak ada salahnya mengunjungi Agrowisata Blimbing Karangsari yang merupakan produk lokal yang sekaligus jadi ikon Blitar lho. Disebut demikian karena Karangsari merupakan tempat pembibitan buah blimbing kualitas unggulan tersebut. Terkenal dengan bentuk buahnya yang besar, berwarna kuning, dan bercita rasa manis. 

Nah, bila Teman Traveler ingin merasakan sensasi mencicipi Blimbing Karangsari langsung dari kebunnya alias petik sendiri, langsung saja mampir ke Agrowisata Blimbing Karangsari. Seperti apa serunya jalan-jalan di sini, yuk simak ulasan lengkapnya.

Berada di Sekitar Pusat Kota

Agrowisata Karangsari (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Agrowisata Karangsari masih berada di sekitar pusat kota, hanya terpisah jarak kira-kira empat kilometer. Aksesnya sangat mudah. Ada banyak alternatif kendaraan umum atau bisa juga menumpang kendaraan pribadi.

Lokasi tepat Agrowisata Karangsari berada di sebuah gang dengan kebunnya lumayan luas. Begitu sudah sampai di SPBU Karangsari, Teman Traveler bisa menemukan gang tersebut di sisi utara, masuk ke arah timur.

Patung blimbing berukuran besar (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Menjelang sampai di lokasi, Teman Traveler akan menemukan banyak penjual blimbing. Setelah masuk kawasan wisata, kalian juga bakal disambut patung blimbing berukuran cukup besar.

Tiket Terjangkau

Tiket masuk kawasan agrowisata (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Cukup membayar tiket seharga Rp10.000, pengunjung sudah bisa masuk kawasan wisata dan mencicipi blimbing langsung dari pohonnya lho. Bagaimana, sangat terjangkau bukan? Nikmati sensasi mencicipi Blimbing Karangsari yang sudah begitu tersohor kualitasnya.

Agrowisata ini juga terkenal juga dengan wahana edukasinya. Selain merasakan pengalaman memetik buah sendiri, pengunjung juga bisa lho, bertanya-tanya seputar pengembangan blimbing di Karangsari, yang sudah berjalan sejak puluhan tahun lalu. 

Menjelajah Area Kebun Blimbing

Area depan agrowisata (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Begitu masuk kawasan agrowisata, yang pertama terlihat adalah lahan parkir luas. Selain itu ada tulisan Agrowisata Blimbing Karangsari berukuran besar, yang kerap jadi objek foto. Tepat di sebelahnya, Teman Traveler akan menemukan pusat informasi pengunjung.

Agrowisata dengan suasana asri (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa dengan mudah bertanya seputar proses penanaman hingga pengolahan blimbing. Sembari berjalan-jalan, kalian akan ditemani seorang perwakilan pengelola agrowisata yang bertindak sebagai guide. Mereka akan memberikan beragam informasi menarik seputar wisata seluas lima hektar ini.

Lorong dengan tanaman blimbing di kedua sisi (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Seperti yang disinggung di awal, kawasan Karangsari memang sudah lama ditumbuhi ribuan pohon blimbing. Bukan hanya di kawasan agrowisata, namun juga lahan di rumah-rumah penduduk. Tak salah jika Karangsari lantas disebut sebagai pusatnya blimbing.

Pohon Blimbing rimbun (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Agrowisata Karangsari sendiri diawali oleh seorang warga yang menanam Blimbing untuk mengawali upaya penghijauan. Usaha tersebut lantas berhasil, hingga akhirnya kini sudah ada ribuan pohon yang ditanam warga setempat. Dengan kata lain, keberadaan agrowisata ikut membantu perputaran roda perekonomian penduduk sekitar.

Blimbing Kualitas Unggul

Blimbing unggulan (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Agrowisata Karangsari dibagi menjadi tiga zona, salah satunya Zona Percontohan Penanaman Blimbing. Di sini Teman Traveler bisa melihat bahwa Blimbing Karangsari termasuk golongan F3 atau berkualitas tinggi dan sudah memiliki dipatenkan sebagai komoditas unggulan Blitar.

Blimbing Karangsari juga telah mendapat beragam penghargaan terkait kualitas buah dan cita rasanya. Bagaimana Teman Traveler, sudah tak sabar mencicipi buah unggulan ini?

Buah blimbing menunggu dipetik (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Nah, bagi Teman Traveler yang ingin membawa pulang hasil petikan, cukup bayar Rp10.000 per kilo. Setelahnya, kalian bisa langsung duduk santai sembari beristirahat di deretan gazebo maupun tempat duduk yang tersedia di bawah rimbunan pohon blimbing.

Nikmati udara sejuk kawasan sekitar sembari membuktikan lezatnya Blimbing Karangsari. Pastinya bakal sangat berkesan, apalagi sejauh mata memandang terlihat hamparan lebat pohon blimbing dengan buah ranum bergelantungan.

Aneka Olahan Blimbing

Sirup Blimbing (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Tak hanya buahnya, Teman Traveler juga bisa membeli beragam olah blimbing karya warga sekitar untuk dibawah pulang. Pilihannya cukup beragam, mulai dari opak gambir, kerupuk blimbing, es krim blimbing, sari buah blimbing, selai blimbing, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, makin penasaran kan ingin jalan-jalan di Agrowisata Karangsari? Jangan lupa juga untuk sekalian mencicipi berbagai kuliner Blitar yang enak dan ngangenin, ya.

Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur kontributor Travelingyuk wisata blitar
Share