Empat Abon Legendaris di Nusantara, Cocok untuk Oleh-oleh

Isti

Isti

On Indonesia
Abon Legendaris Abon Legendaris

Liburan keluar kota terasa kurang jika belum membawa oleh-oleh. Kini, buah tangan yang mudah dibawa pun semakin banyak. Apalagi bentuk kue kekinian yang hampir setiap kota ada. Namun, jika kamu mau yang lebih praktis lagi, coba cari abon legendaris di Nusantara. Di mana saja tempatnya? Berikut Travelingyuk rangkumkan untuk kamu.

1. Abon Ma’nio, Garut

Ilustrasi Abon
Ilustrasi Abon via okezone.com

Salah satu kota yang menjadi tempat produksi abon terkenal adalah Garut. Merek yang terkenal di sini bernama Ma’ Nio yang dirintis oleh Ma’ Nio sejak tahun 1960. Tak hanya abon, merek dagang ini juga menjual dendeng yang praktis untuk dijadikan oleh-oleh. Kemasannya juga rapi dan tak perlu khawatir akan tumpah saat di perjalanan. Nah, Abon Ma’ Nio tidak hanya berasal dari daging sapi, tapi juga ayam. Ada juga olahan paru yang rasanya menggoyang lidah.

2. Abon Rojo Koyo, Boyolali

Abon Rojo Koyo Boyolali
Abon Rojo Koyo Boyolali via instagram/@maulananisa

Selain Garut, Boyolali juga menjadi sentra produksi abon. Merek abon yang cukup terkenal di sini bernama Rojo Koyo. Berdiri sejak tahun 1960, makanan ini diproduksi oleh Ibu Ngatmi dan kini telah menjadi bisnis keluarga. Selain bisa membeli kemasan abon dalam berbagai ukuran, ternyata kamu bisa melihat langsung proses pembuatan olahanan makanan ini. Bahkan, bisa juga mencicipi gratis dengan berkunjung ke Dukuh Plosokerep, Winong, Boyolali. Wah, pasti seru kan?

3. Abon Mesran, Solo

Abon Mesran Solo
Abon Mesran Solo via instagram/@cakecake.madee

Solo memang surganya kuliner enak dan mengenyangkan. Harganya juga terjangkau dan tak bikin kantong kering. Namun, tak puas rasanya jika tidak sekalian berburu oleh-oleh. Selain Serabi Notosuman, jangan lupa bawa pulang Abon Mesran yang dapat kamu temukan di Toko Mesran. Buah tangan ini cukup laris karena praktis dibawa. Rasanya juga tak kalah mengecewakan dan bikin ketagihan.

4. Abon Cap Koki, Purbalingga

Abon Cak Koki
Abon Cak Koki via instagram/@abonkokipurbalingga

Pernah dengan abon dengan merek Cap Koki? Makanan yang teruat dari daging sapi ini asli dari Purbalingga yang sudah ada sejak tahun 1940. Di usianya yang tak mudah lagi, bisnis ini tetap bertahan dan difavoritkan banyak orang. Tak hanya untuk orang dewasa, ternyata Abon Cap Koki juga cocok untuk balita. Cap Koki sebenarnya tidak hanya memiliki produk abon. Namun, kamu juga bisa menemukan olahan lain seperti serundeng kacang, kering kentang, hingga bumbu pecel.

Nah, itulah empat abon legendaris khas Nusantara yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang rumah. Kemasannya praktis dan tak bikin ribet. Setuju kan?