7 Festival Budaya Indonesia Juli 2019, Gempitanya Dilirik Dunia.

Bulan Juli 2019 akan sangat meriah sekali. Ada 15 festival budaya Indonesia sepanjang Juli ini dan sebagian besar menampilkan parade busana yang megah. Jangan mau ketinggalan menikmati festival budaya ini, Teman Traveler. Intip informasinya segera dan pilih festival favoritmu.

Toboali City on Fire Sesi 4, Kepulauan Bangka Belitung, 25-28 Juli 2019

Toboali City on Fire Sesi 4 via instagram/ricca_aff

Toboali City On Fire Sesi 4 diharapkan dapat menarik wisawatan di Kabupaten Bangka Selatan. Festival ini berupaya mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan alam dan budayanya, serta tidak hanya mengandalkan Timah sebagai basis utama perekonomian. Terdiri atas 16 rangkaian acara bertema Budaya, Olahraga, Tradisi, Kompetisi juga Carnival Busana..

Festival Cisadane, Banten, 27 Juli-3 Agustus 2019

Festival Cisadane via instagram/hai.tangerang

Festival Cisadane sudah berlangsung sejak 1993 dan menampilkan beragam kebudayaan yang ada di Tangerang, antara lain kesenian dan hiburan. Kegiatan yang dilakukan diantaranya lomba perahu naga, perahu tradisional (kole-kole), pagelaran seni tradisional lenong betawi, teatrikal dan musikalisasi puisi, serta pertunjukan wayang golek. Festival Cisadane juga menampilkan stand bazar murah dari UKM sekitar Tangerang.

Banyuwangi Ethno Carnival, Jawa Timur, 28 Juli 2019

Banyuwangi Ethno carnival via instagram/bayu_c_pamungkas

Karnaval budaya yang digelar malam hari di Taman Blambangan Banyuwangi ini dalam setiap penyelenggaraannya mengangkat tema yang berbeda, sesuai dengan potensi alam, budaya, dan kearifan lokal di Banyuwangi. Banyuwangi Ethno Carnival 2019 akan digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. BEC 2019 akan tampil dengan kemasan yang baru dan lebih fresh.

Jember Fashion Carnaval (JFC), Jawa Timur, 30 Juli-3 Agustus 2019

Jember Fashion Carnaval via instagram/jemberfashioncarnaval

Karnaval Fashion Jember adalah yang pertama yang memulai tren di Indonesia, memamerkan kostum modern yang luar biasa spektakuler yang berakar pada berbagai tradisi dan budaya di seluruh pulau Indonesia. Secara umum, Jember Fashion Carnaval menggunakan busana bertema dunia atau tema yang terinspirasi alam. Pada tahun 2019 ini, JFC akan menampilkan rancangan fashion carnival dari 8 suku bangsa ternama dunia dengan ciri khas fashion carnival mereka masing-masing,” ungkap Dynand Fariz dalam acara launching JFC 2019 di Jakarta.

Toraja International Festival, Sulawesi Selatan, 5-8 Juli 2019

Toraja International Festival via instagram/ichzan_bangalino

Seperti biasa, Festival Toraja ini juga akan disorot dengan atraksi tradisional Toraja yang unik dan sakral seperti Pompang, Manganda, Manimbong, Madandan, Pagelu, dan Tomina. Festival ini juga akan menampilkan kesenian tradisional menarik lainnya dari bagian lain Indonesia seperti Tari Api Pepe-pepe dari Gowa, Sulawesi Selatan, dan Tari Dayak Hudoq dari Kalimantan Timur. Selain berbagai pertunjukan seni, juga akan ada Kompetisi Paduan Suara dan Pameran Kerajinan Tangan di Desa Palawa.

Festival Babukung, Kalimantan Tengah, 17 Juli 2019

Festival Babukung via instagram/borneoearth

Festival Topeng Babukung telah menarik ribuan orang selama festival berlangsung. Ada delapan kabupaten di Lamandau dan setiap tahun kabupaten-kabupaten masuk untuk lotre. Setiap komunitas kabupaten diberi topeng khusus.

Mereka kemudian harus bekerja mengukir topeng, membuat kostum dan belajar menari untuk tampil di festival. Ada 15 kategori topeng yang digunakan: burung, naga, buaya, kelelawar, burung enggang, merak, anjing, setan, kupu-kupu, dan topeng putih yang disebut sadap, yang mewakili orang Belanda dengan hidung panjang

Festival Bumi Rafflesia, Bengkulu, 18-22 Juli 2019

Festival Bumi Raflesia via instagram/pesonabengkulu

Festival Bumi Raflesia, merupakan salah satu program prioritas Provinsi Bengkulu dalam bidang pariwisata untuk mengangkat nama Bengkulu. Beberapa kegiatan di dalam festival ini yaitu Festival Kopi, Festival Kuliner, Kompetisi Seni Lukis, Pergelaran Seni Budaya, serta Bengkulu Etnic Musik.

Itu dia tujuh rekomendasi festival budaya Indonesia yang akan berlangsung Juli 2019 ini. Mana yang jadi favoritmu?

Tags
festival budaya Festival di Indonesia Indonesia Wisata
Share